Desain Kandang Bebek Petelur

Posted on

Kandang ayam petelur yang ideal sangat penting untuk menjamin kesehatan dan produktivitas dari ayam-ayam tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang ini adalah ukuran, ventilasi, dan perlengkapan di dalamnya.

Ukuran Kandang

Kandang ayam petelur

Ukuran kandang ayam petelur yang benar adalah 50 cm x 50 cm per ekor dalam kandang rata. Namun, untuk kandang Petra, ukuran yang direkomendasikan adalah 35 cm x 40 cm per ekor dalam kandang rata. Namun perlu diingat bahwa ayam petelur membutuhkan ruang gerak yang cukup, sehingga ukuran kandang petelur ini sebaiknya tidak terlalu berdekatan dengan kandang lainnya.

Ventilasi

Ventilasi pada kandang ayam petelur

Ventilasi pada kandang ayam petelur sangat penting untuk menjaga kualitas udara dan suhu di dalamnya. Sirkulasi udara yang baik bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit atau kekurangan oksigen pada ayam petelur. Karena itu, pastikan kandang ayam petelur memiliki ventilasi yang cukup, seperti jendela atau lubang ventilasi.

Perlengkapan dalam Kandang

Perlengkapan dalam kandang ayam petelur

Pada kandang ayam petelur, diperlukan perlengkapan seperti tempat air minum, tempat pakan, dan tempat bertelur. Pastikan tempat air minum dan pakan cukup untuk seluruh ayam petelur dalam kandang. Sedangkan untuk tempat bertelur, dapat diletakkan di sudut-sudut kandang yang cukup terpisah dari tempat pakan dan minum.

Dalam membuat kandang ayam petelur yang ideal, tentu diperlukan perhitungan yang tepat dan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, jika Anda pemula dalam bisnis peternakan ayam, sebaiknya konsultasikan dengan peternak veteran atau ahli peternakan terlebih dahulu. Dengan begitu, kandang ayam petelur yang Anda bangun dapat berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi peternakan Anda.

Baca juga  Kandang Ayam Kub

Baca artikel lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *