Dekopinwil Jateng Gelar Temu Gerakan Koperasi di Gedung DPRD

Posted on

Semarang – Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (DEKOPINWIL) Jawa Tengah mengadakan Temu Gerakan Koperasi di Gedung DPRD Jawa Tengah, Sabtu (19/11/2022)

Dalam Temu Gerakan Koperasi kali ini Dekopinwil mengambil tema “Sikap Gerakan Koperasi dalam Mengawal RUU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK)”, dimana RUU ini sedang hangat-hangatnya jadi perbincangan publik khususnya para pelaku dan penggiat koperasi.

Temu Gerakan Koperasi
Dekopinwil Jateng Gelar Temu Gerakan Koperasi di Gedung DPRD

Hadir dalam acara tersebut Ketua Dekopinwil Jawa Tengah H. Andang Wahyu Triyanto SE, MM. Ketua Bidang Orlem Dekopinwil Jateng Setia Budi Wibowo, S. Ag, MM., Dinas Koperasi dan UKM Jawa tengah Bima Kartika, SH, MM., dan dari OJK Jawa Tengah Tias Retnani (Deputi Direktur Pengawasan LJK3 dan Perizinan) & Anjar Sumarjati (Kepala Bagian Pengawasan IKNB).

Peserta kegiatan diikuti juga oleh Dekopinda Kabupaten Kota se-Jawa Tengah, Koperasi Sekunder dan Primer tingkat Jateng.
Sebanyak 21 Dekopinda Kabupaten Kota hadir dan 17 Koperasi ikut berpartisipasi dalam acara yang berakhir lancar dan cukup menegangkan ini.

Temu Gerakan Koperasi

 

Menurut Ketua Dekopinwil Jawa Tengah, Andang Wahyu Triyanto, kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberikan pemahaman mengenai RUU PPSK. Dimana di dalam RUU PPSK ada pasal yang menyangkut gerakan koperasi yang mana nantinya gerakan koperasi ini di dalam pelaksanaan tugasnya diawasi oleh OJK.

Pengawasan koperasi juga termasuk dari sistem kerja perkoperasian, maka mestinya masuk dalam ekosistem koperasi. Tidak hanya itu koperasi juga lembaga ekonomi binaan, sehingga di dalam dinas koperasi terdapat bidang pembinaan, pelatihan dan lainnya guna mendampingi koperasi.

Ketua Dekopinwil Jateng Andang menyampaikan, “bahwa gerakan koperasi di Jawa Tengah ini harus solid dan punya persepsi yang sama, kemudian di dalam pergerakan koperasi ini harus menyatu saling bergandeng tangan, gotong royong, karena kalo gerakan koperasi nya kuat maka kehidupan berkoperasi nya juga akan mengikuti,”.

Pertemuan yang memakan cukup waktu, tenaga dan pikiran tersebut akhirnya selesai dengan lancar dan hasil yang memuaskan.

Baca Juga : 10 Rahasia Bisnis yang Gak Pernah Dibocorkan Orang-orang Sukses