Definisi atau pengertian Algoritma beserta contohnya

Pengertian, Pengetahuan
pengertian algoritma
image from medium.com

Definisi atau pengertian Algoritma beserta contohnya. Kita sering menjumpai istilah algoritma di dunia IT makanya banyak orang menganggap bahwa pengertian algoritma berkaitan dengan matematika dan teknologi. Tapi faktanya algoritma tidak eksklusif untuk dunia IT saja. Penerapan algoritma ada di sekitar kita, di kehidupan kita sehari-hari. Seperti apa? Berikut ini penjelasannya.

 

Pengertian algoritma

Algoritma adalah langkah-langkah instruksi atau rumus atau formula yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Dalam pemecahan satu masalah bisa saja ada banyak algoritma yang disusun. Misalnya untuk mendapatkan angka 40, kita bisa menggunakan beragam formula matematika misalnya penjumlahan (35 + 5), pengurangan (50 – 10), perkalian (8 x 5), dan pembagian (80 / 2).

Algoritma tidak melulu di bidang sains saja tapi algoritma juga bisa terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Contohnya ada teman yang mau main ke rumah Anda. Anda lalu memberikan pilihan cara menuju rumah Anda yaitu naik taksi, naik KRL, naik angkot, atau naik ojek online. Setiap cara ini terdiri dari langkah-langkah instruksi. Naik angkot, misalnya, teman Anda harus naik angkot nomor sekian. Turun di lokasi X, ganti angkot dengan nomor sekian. Baru teman Anda bisa mencapai komplek rumah Anda. Pilihan cara dengan berbagai instruksi ini juga bisa disebut algoritma.

Dua contoh di atas menunjukkan bahwa meski algoritmanya berbeda-beda tapi tetap tujuannya sama yaitu bisa memecahkan masalah. Yang perlu kita lakukan adalah memilih algoritma sesuai dengan situasi dan kondisi.

 

Asal kata algoritma

Algoritma berasal dari kata Algoritmi. Algoritmi adalah pelafalan dalam bahasa Latin untuk nama seorang matematikawan termahsyur pada abad ke-8 yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Beliau merupakan matematikawan, pakar astronomi, pakar geografi dan juga bangsawan di kerajaan Persia yang hidup antara tahun 780 hingga 850 M. Konsep aljabar yang ada di dunia modern diduga juga berasal dari hasil karya Al Khawarizmi di bidang matematika.

 

Algoritma dalam sistem komputer

Kalau kita ingin membuat komputer bisa bekerja, kita harus membuat suatu program. Dalam penyusunan program, kita harus menuliskan setiap detail langkah yang harus dilakukan komputer jika menemukan suatu problem atau masalah. Komputer kemudian akan mematuhi instruksi yang dibuat tersebut, sesuai runutan langkah yang ditulis, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan yaitu masalah yang ditemukan teratasi dengan baik. Instruksi yang ditulis inilah yang disebut sebagai algoritma komputer.

Di computer programming, algoritma yang dibuat tidak terdiri dari satu jenis saja tapi banyak bahkan bisa saja hingga ribuan algoritma disusun hanya untuk menyelesaikan satu tugas saja. Setiap algoritma yang dibuat ini tentu saja ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Makanya tugas programer sangat berat karena tidak hanya membuat algoritma komputer saja tapi juga mengatur cara agar komputer bisa secara otomatis memilih algoritma yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

 

Contoh Algoritma

Contoh algoritma komputer adalah algoritma mesin pencari (search engine). Search engine akan menggunakan kata kunci yang diketik user internet sebagai input, selanjutnya search engine mencari dan menyortir setiap informasi di database untuk mendapatkan rujukan website yang sesuai dengan kata kunci. Website-website ini lalu ditampilkan di halaman hasil.

Contoh algoritma komputer lainnya adalah algoritma enkripsi. Algoritma ini berfungsi untuk melindungi data-data penting dan sensitif dari pihak lain yang tidak berkepentingan. Algoritma enkripsi akan mengubah data-data penting tersebut ke dalam bentuk yang sulit terbaca. Diperlukan kunci rahasia untuk bisa membuka dan membaca data tersebut. Algoritma enkripsi sangat diperlukan saat melakukan transmisi data. Itulah pengertian algoritma secara sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat.

Demikian tadi ulasan mengenai Definisi atau pengertian Algoritma beserta contohnya. Semoga dapat menambah wawasan anda.