Daur Hidup Wortel

Posted on

Siapa bilang menanam wortel itu sulit? Selain enak dikonsumsi sebagai sayuran atau sebagai bahan olahan lainnya, wortel juga mudah untuk ditanam di pekarangan rumah. Oh ya, sebelum kita belajar untuk menanam wortel, yuk kita pelajari dulu cara perkembangbiakannya.

Cara Perkembangbiakan Wortel

wortel

Cara perkembangbiakan wortel ada beberapa, antara lain:

1. Biji

Caranya, ambil biji wortel yang sudah matang dari wortel yang sehat, dan keringkan. Kemudian tanam biji tersebut pada lahan yang telah disediakan dan jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari.

2. Umbi

Umbi wortel dapat ditanam secara langsung pada lahan yang telah disediakan. pastikan juga untuk memberikan pupuk yang diperlukan agar wortel lebih subur.

3. Tunas

Tunas wortel yang telah tumbuh dapat dijadikan bibit dengan cara memisahkan tunas yang tumbuh pada bagian akar dari wortel induknya. Setelah itu, bibit wortel tersebut dapat ditanam pada lahan yang telah disediakan.

Selain cara perkembangbiakan, ada hal yang perlu diperhatikan dalam menanam wortel. Untuk hasil yang lebih baik, wortel perlu ditanam pada tanah yang gembur dan subur. Pastikan juga pencahayaan cukup untuk wortel dan menyiramlah setiap hari.

Khasiat Wortel

wortel

Ternyata manfaat wortel tidak hanya sebatas sebagai sayur atau bahan olahan saja. Berikut adalah khasiat wortel yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga kesehatan mata

Wortel mengandung banyak vitamin A, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Dehidrasi pada mata dapat dihindari dengan mengonsumsi wortel secara teratur. Mata juga akan terhindar dari rabun jauh dan bahkan katarak jika mengonsumsinya rutin setiap hari.

Baca juga  Pemotong Bawang Merah

2. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Wortel memiliki kandungan karotenoid yang dapat melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan gigi dan gusi kita.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dalam wortel dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit dan bahkan meremajakan kulit. Selain itu, wortel juga dapat membantu meredakan peradangan pada kulit.

4. Mencegah kanker

Wortel memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mencegah kanker, terutama yang berkaitan dengan saluran cerna.

Itulah beberapa khasiat wortel yang perlu kamu ketahui. Mulailah menanam wortel di pekarangan rumah kamu dan nikmati manfaatnya.

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *