15 Dampak positif dan negatif teknologi di segala sektor

Dampak positif dan negatif teknologi

Dampak positif dan negatif teknologi bagi kehidupan manusia di berbagai sektor yang perlu anda ketahui.

Kemajuan teknologi saat ini memang tidak bisa kita hindari. Munculnya teknologi baru yang berkembang begitu pesat tidak lepas dari arus globalisasi yang saat ini dirasakan manusia. Kebutuhan manusia yang semakin meningkat menuntut diciptakannya teknologi baru untuk memudahkan manusia dalam mencapai kebutuhan hidup tersebut.

Jadi dengan diciptakannya teknologi maka akan banyak memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia. Meskipun demikian seperti pisau bermata dua selain memberikan dampak positif perkembangan teknologi nyatanya juga memberikan efek negatif tersendiri. 

Dampak negatif teknologi ini sebenarnya lebih diakibatkan oleh penyalahgunaan teknologi tersebut. Untuk memberikan informasi kepada anda berikut kami sajikan mengenai dampak positif dan negatif teknologi bagi kehidupan manusia:

Dampak positif teknologi

1. Penyebaran informasi yang cepat

Saat ini perkembangan informasi sangat cepat sekali akibat adanya teknologi baru seperti internet. Seseorang bisa memperoleh informasi melalui hp yang saat ini bisa dibawa kemana-mana. 

Hal ini sangat jauh berbeda ketika kita masih mengandalkan radio atau televisi sebagai sumber informasi. Belum lagi fakta menunjukkan bahwa orang banyak menghabiskan waktu di jejaring sosial, di mana jejaring sosial menjadi salah satu sumber informasi yang sangat kompleks.

2. Mempermudah kehidupan manusia

Memang salah satu tujuan diciptakannya teknologi adalah memudahkan kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi diharapkan pekerjaan manusia yang tadinya berat bisa menjadi ringan. Seperti ditemukannya alat berat yang membantu pekerjaan manusia dalam mengangkat material yang tidak bisa dilakukan oleh manusia.

3. Menpermudah penyebaran ilmu pengetahuan

Di era teknologi yang semakin berkembang saat ini banyaknya situs-situs baru yang bermunculan bisa menjadi media penyebaran ilmu pengetahuan yang cepat. Seorang pelajar bisa saja mencari informasi dengan mudah seputar ilmu pengetahuan hanya berbekal kan smartphone mereka.

Jadi ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang malas membaca buku. Karena di smartphone kita bisa mencari apapun yang kita inginkan tanpa harus membawa buku tebal yang tidak praktis dibawa kemana-mana.

4. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Dengan ditemukannya teknologi baru maka diharapkan sektor ekonomi pun akan mengalami perkembangan. Saat ini teknologi memang bisa mempermudah kehidupan manusia termasuk dalam memproduksi suatu barang.

Jadi proses produksi bisa berjalan dengan cepat dan juga efisien sehingga dapat meningkatkan laju perekonomian. Tentunya hal ini sangat menguntungkan sekali terutama bagi negara yang dapat memanfaatkan teknologi dengan baik.

5. Mempermudah proses komunikasi

Sebelum ditemukannya teknologi seperti handphone jika seseorang ingin berkomunikasi dengan kerabatnya yang jauh maka harus menggunakan surat. Berkomunikasi menggunakan surat tentunya sangat lambat sekali karena menunggu surat kita di kelas saja mungkin butuh waktu sekitar satu minggu sampai 1 bulan.

Tentunya hal ini sangat merepotkan sekali belum lagi jika informasi yang ingin kita kirimkan tersebut sangat penting. Jadi dengan ditemukannya teknologi seperti handphone maka proses komunikasi akan lebih mudah dan pastinya cepat.

6. Kemajuan di bidang kesehatan

Teknologi bukan hanya merambah di bidang telekomunikasi tetapi juga kesehatan. Saat ini telah banyak ditemukan beberapa alat yang dapat membantu proses pengobatan. Dengan ditemukannya teknologi tersebut sebuah penyakit bisa lebih mudah untuk dideteksi. Yang pada akhirnya penanganan bisa dilakukan dengan cepat dan juga tepat.

7. Mempermudah proses promosi

Jika selama ini kita hanya menggunakan brosur untuk promosi suatu barang maka saat ini kita bisa memanfaatkan media sosial. Tentang melakukan promosi menggunakan media sosial selain lebih mudah juga jangkauannya lebih luas dan cepat.

Hal ini tentunya menjadi salah satu kelebihan tersendiri dari penggunaan teknologi khususnya internet. 

8. Meningkatkan kenyamanan transportasi

Salah satu sektor yang terkena dampak positif dari kemajuan teknologi adalah di bidang transportasi. Dengan ditemukannya teknologi maka tingkat keamanan dan kenyamanan dalam bertransportasi menjadi lebih baik.

Selain itu teknologi ini juga membangun angkatan kinerja transportasi menjadi lebih cepat dan efisien. Misalnya saja dengan ditemukannya pesawat maka kita akan lebih mudah menjangkau suatu daerah atau negara dengan cepat yang hanya membutuhkan waktu hitungan jam. 

Hal ini sangat jauh berbeda ketika zaman dulu ketuka kita masih menggunakan kapal laut untuk menyeberangi lautan. 

Dampak negatif teknologi

Selain memberikan dampak positif perkembangan teknologi nyatanya juga memberikan efek negatif yang tidak sedikit. Berikut rangkuman beberapa dampak negatif teknologi bagi kehidupan manusia.

9. Membuat malas

Diantara dampak negatif teknologi yang pertama adalah membuat orang semakin malas. Orang-orang zaman dulu biasanya sangat rajin dikarenakan mereka terbiasa dengan proses. Sedangkan generasi milenial adalah generasi saat ini kurang begitu erat karena mereka sudah terbiasa dengan kemudahan dan kecepatan.

Mereka lebih suka menikmati hasil tanpa melalui sebuah proses. Tentunya hal ini akan membuat mereka menjadi malas dan kurang tahan banting.

10. Penyebaran berita hoax

Penyebaran berita hoax saat ini sangat memprihatinkan. Berita hoax sangat sulit sekali di bandung karena dilakukan oleh pengguna internet itu sendiri. Pengertian hoax itu sendiri adalah sesuatu yang tidak nyata atau hanya tipuan semata.

Sekarang seseorang bisa mendapatkan informasi atau menyebarkannya dengan sangat mudah dan cepat melalui media sosial. Jadi saat ini masyarakat bukan hanya menerima informasi tetapi juga memberi informasi.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka penyebaran berita hoax menjadi sangat sulit sekali untuk dihentikan. Ini menjadi salah satu dampak negatif teknologi yang paling nyata bagi kehidupan kita.

11. Malas bersosialisasi

Saat ini kita lebih suka bersosialisasi dengan jaring sosial yang kita miliki daripada langsung datang ke rumah teman. Meskipun hari ini positif karena bisa menghemat waktu akan tetapi bersosialisasi di dunia maya tentu tidak cukup.

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari saat kita bertemu dengan teman dan mengobrol secara langsung. Jadi dengan berkembangnya teknologi khususnya media sosial akan mengurangi seseorang dalam bersosialisasi di dunia nyata. Baca juga artikel seputar 10 Dampak positif dan negatif modernisasi bagi Indonesia

12. Meningkatkan angka penipuan

Dengan teknologi yang canggih para penjahat juga memanfaatkannya untuk media penipuan. Penipuan semakin marak terjadi dengan menggunakan web atau jejaring sosial sebagai medianya. 

Polisi pun akan sedikit kesulitan untuk melacak mereka karena modus penipuan di dunia maya ini jumlahnya sangat banyak dan terkadang sulit dijangkau. Jika sebelumnya untuk menipu mereka harus datang langsung ke sasaran orang yang di pipo saat ini penipuan bisa dilakukan jarak jauh.

Jadi bisa dikatakan proses penipuan akan jauh lebih sulit dideteksi. Dan orang-orang yang memang memiliki niat untuk menipu akan menjadi lebih terdorong untuk melakukannya.

13. Bermunculannya konten negatif

Berkembangnya teknologi internet saat ini telah membawa dampak yang sangat banyak bagi kehidupan kita. Salah satunya adalah dalam mencari informasi dan hiburan. Akan tetapi sayangnya banyak konten negatif yang tersebar di dunia maya sehingga membuat kita harus lebih berhati-hati terutama sebagai orang tua.

Beberapa konten negatif seperti bullying, berita hoax, serta video dewasa saat ini sangat mudah sekali ditemukan di dunia maya. Tentu hal ini menjadi salah satu dampak negatif teknologi yang saat ini kita rasakan.

14. Meningkatkan angka pengangguran

Teknologi sedikit banyak akan menggantikan manusia sehingga membuat mereka menjadi menganggur karena kurangnya lapangan pekerjaan. Misalnya saja suatu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh 5 atau 10 orang saat ini mungkin sudah bisa teratasi dengan 1 mesin.

Tentunya hal ini akan membuat banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena sudah tergantikan oleh alat. Ironisnya alat tersebut diciptakan oleh manusia itu sendiri. Baca juga artikel terkait 12 Dampak negatif internet bagi penggunanya

15. Mudah terpengaruh dengan dunia luar

Pengaruh dari dunia luar khususnya budaya barat saat ini memang tengah mendominasi remaja kita. Sayangnya kebanyakan dari budaya barat tersebut justru hanya yang negatif saja yang diambil. Tentunya hari ini akan memberikan dampak yang sangat buruk terutama bagi generasi bangsa kedepannya.

Lagi-lagi teknologi menjadi salah satu faktor utama penyebaran budaya negara lain khususnya barat. Jika hal ini tidak diwaspadai maka tidak menutup kemungkinan teknologi yang harusnya bisa membantu manusia justru akan membawa dampak yang buruk bagi mereka.

Demikian tadi informasi mengenai dampak positif dan negatif teknologi bagi kehidupan manusia. Semoga dengan membaca artikel di atas anda lebih paham bagaimana teknologi sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia.

Pencarian terkait:

  • beberapa dampak positif kemajuan teknologi