10 Dampak positif dan negatif modernisasi bagi Indonesia

dampak negatif modernisasi
Dampak positif dan negatif modernisasi

Dampak positif dan negatif modernisasi yang perlu kita ketahui serta bagaimana cara kita menyikapinya agar tidak terkena imbas buruknya.

Modernisasi adalah suatu era yang tidak bisa dihindari oleh semua orang. Perkembangan modernisasi saat ini berjalan begitu cepat dalam kehidupan masyarakat kita. Modernisasi ditandai dengan majunya perkembangan teknologi sehingga mengubah banyak aspek kehidupan manusia termasuk kehidupan sosial mereka. 

Di era modernisasi saat ini salah satu aspek yang paling terlihat adalah gaya hidup atau lifestyle serta budaya global atau yang sering dikenal sebagai global culture. Modernisasi tentu akan berimbas banyak pada kehidupan masyarakat, termasuk juga menyisakan dampak positif serta negatif bagi bangsa indonesia khususnya.

Lantas apa saja dampak positif dan negatif modernisasi bagi kehidupan masyarakat?

Dampak negatif modernisasi

Modernisasi terkadang memang lebih banyak menyebabkan perubahan sosial yang tentunya memiliki efek kurang baik terutama bagi para remaja. Berikut beberapa dampak negatif modernisasi yang perlu kita waspadai:

1. Kerusakan alam

Salah satu bentuk modernisasi yang hendak dicapai oleh negara khususnya indonesia adalah dengan meningkatkan pembangunan. Salah satu efek atau dampak negatif dari modernisasi tersebut adalah dengan penebangan hutan dan menjadikannya sebagai pusat perbelanjaan atau hotel.

Selain merusak lingkungan modernisasi ini terkadang juga menimbulkan pencemaran lingkungan yang cukup serius. Misalnya saja dengan berdirinya pabrik-pabrik yang limbahnya terkadang belum bisa diolah dengan baik sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan.

Masalah lingkungan seperti pencemaran udara dan sungai yang diakibatkan oleh limbah industri menjadi salah satu bentuk paling nyata dari dampak negatif modernisasi yang sulit dihindari. Peran pemerintah serta kesadaran masyarakat sangat penting sekali dalam menjaga lingkungan untuk membantu mencegah efek buruk modernisasi tersebut.

2. Meningkatnya kriminalitas

Tingginya angka kriminalitas yang terjadi di beberapa kota besar menunjukkan betapa modernisasi telah menumbuhkan kriminalitas tersebut. Hal ini wajar karena dengan modernisasi mau tidak mau masyarakat telah mengalami perubahan sosial yang tentunya akan berefek pada kehidupan mereka secara umum.

Persaingan yang ketat dan kesulitan mencari lapangan pekerjaan menjadikan masyarakat lebih agresif. Mereka kebanyakan akan menghalalkan segala cara untuk tetap bisa bertahan hidup dan salah satunya terkadang dengan cara-cara yang melanggar hukum atau kriminal.

3. Menyebabkan malas

Diantara dampak negatif modernisasi yang sering dialami oleh masyarakat khususnya anak muda adalah malas. Dengan arus perkembangan zaman yang begitu cepat maka teknologi pun juga berkembang mengikutinya.

Dengan teknologi yang semakin canggih maka biasanya membuat orang menjadi lebih malas. Karena biasanya mereka lebih cenderung menikmati hasil dan kurang mempedulikan proses. Ini merupakan salah satu diantara dampak dari modernisasi yang tentu tidak diinginkan.

Jadi tidak mengherankan jika generasi milenial saat ini sering disebut sebagai generasi instan. Karena mereka lebih suka mencapai sesuatu dengan cepat tanpa melalui proses yang sulit.

4. Semakin menipisnya norma-norma agama

Terkadang orang menganggap jika modernisasi selalu dikaitkan dengan gaya hidup orang barat. Akibatnya norma-norma agama dianggap sebagai sesuatu yang kurang modern sehingga banyak ditinggalkan.

Sebagai seorang muslim tentu hal ini tidaklah tepat karena islam sendiri sebenarnya sudah sangat modern dengan al quran sebagai landasan utama nya. Jadi modernisasi harus dipahami sebagai sesuatu yang dapat membuat taraf hidup manusia menjadi semakin baik secara keseluruhan. Bukan hanya seberapa banyak kepunyaan yang bisa dipamerkan.

Dan salah satu yang membuat taraf kehidupan manusia semakin baik adalah dekat dengan agamanya. 

5. Hilangnya identitas bangsa

Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah tamah serta memiliki budi pekerti yang luhur. Akan tetapi sayangnya dengan arus modernisasi yang begitu cepat sedikit banyak identitas bangsa kita semakin terkikis.

Hal ini akibat dari munculnya anggapan jika gaya hidup orang barat lebih modern karena merekalah yang terdepan dalam menemukan teknologi. Sayangnya modernisasi bukan hanya tentang teknologi tetapi juga gaya hidup termasuk cara berpakaian, berperilaku dan bersikap.

Salah satu faktor penyebab dampak negatif modernisasi yang satu ini adalah dengan munculnya film-film barat yang dengan mudah bisa mempengaruhi remaja kita.

6. Kurangnya kepedulian terhadap lingkungan

Teknologi memang telah membawa perubahan yang sangat besar sekali bagi kehidupan masyarakat kita. Bahkan berkembang teknologi dianggap sebagai titik paling menentukan dari perjalanan era modernisasi.

Salah satu perkembangan teknologi yang saat ini dirasakan adalah munculnya berbagai jejaring sosial. Jejaring sosial saat ini ada banyak sekali bahkan satu orang bisa memiliki banyak jejaring sosial sekaligus. Baca juga Dampak positif dan negatif mobilitas sosial bagi masyarakat

Terkadang keaktifan seseorang di jejaring sosial ternyata berdampak kurang baik pada kehidupan sosial mereka. Orang-orang saat ini lebih suka bermain dengan smartphone mereka dibandingkan dengan memperhatikan lingkungan mereka. Jadi muncul lah generasi yang terkesan cuek dan kurang perhatian dengan apa yang ada di sekitarnya.

7. Rusaknya moral generasi bangsa

Jika dampak negatif modernisasi tersebut dibiarkan begitu saja maka tidak menutup kemungkinan moral generasi bangsa akan rusak. Anak muda mulai kurang memperhatikan nasionalisme serta etika dan budaya bangsanya sendiri. 

Mereka lebih bangga jika menerapkan pola hidup atau gaya orang-orang barat, yang sejatinya sangat bertentangan sekali dengan nilai-nilai agama dan budaya indonesia. Padahal generasi milenial ini merupakan penerus yang menjadi penggerak bangsa di kemudian hari. Dengan rusaknya mereka maka moral bangsa pun juga akan rusak pula.

Dampak positif moderenisasi

Selain memiliki dampak negatif modernisasi juga menguntungkan bagi masyarakat. Diantara dampak positif modernisasi adalah

8. Kemajuan di bidang industri

Salah satu sektor yang paling merasakan dampak positif dari era modernisasi adalah bidang industri. Dengan semua kemudahan yang ditawarkan dari perkembangan teknologi maka industri akan bisa berkembang dengan pesat.

Jadi dengan modernisasi maka industri akan lebih mudah bergerak dengan ditemukannya teknologi baru yang akan memudahkan pekerjaan. 

9. Kemajuan di bidang transportasi

Bukan hanya pada sektor industri kemajuan teknologi juga bisa dirasakan di bidang transportasi. Dengan segala macam kemudahan yang ditawarkan maka di era modernisasi ini kita akan lebih mudah dalam menggunakan transportasi.

Bukan hanya lebih cepat, tetapi tingkat keamanan dan kenyamanan juga ditingkatkan bersamaan dengan diciptakannya teknologi baru. Beberapa alat transportasi seperti kereta, pesawat, dan kapal laut saat ini sedang berlomba-lomba menerapkan teknologi sehingga membuat transportasi menjadi lebih efisien. Artikel terkait 7 Dampak negatif perubahan sosial dan faktor penyebabnya

10. Peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi

Diantara salah satu ciri dari modernisasi adalah masyarakat lebih terbuka dengan hal-hal yang baru. Tentu yang dimaksud disini adalah hal baru yang memiliki manfaat dan positif untuk kehidupan. Misalnya saja dengan penciptaan teknologi sehingga masyarakat lebih mudah dalam melakukan aktivitas. 

Penciptaan teknologi ini sebenarnya nya tidak terlepas dari perubahan sosial masyarakat sehingga menuntut semuanya harus bekerja dengan cepat, efektif, dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut maka penciptaan teknologi sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan.

Demikian tadi informasi mengenai dampak positif dan negatif modernisasi bagi kehidupan masyarakat kita khususnya di indonesia. Semoga informasi di atas semakin menjadikan kita lebih paham mengenai dampak negatif dan positif dari modernisasi yang saat ini sedang kita rasakan.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →