dampak penipisan lapisan ozon

5 Dampak penipisan lapisan ozon yang perlu kamu tahu

Dampak penipisan lapisan ozon
image by eea.europa.eu

Dampak penipisan lapisan ozon yang perlu Anda ketahui serta tips untuk mencegahnya agar tidak menimbulkan pemanasan global.

Lapisan ozon adalah sebuah lapisan gas alam yang terletak di atmosfer. Diantara fungsi lapisan ozon yang paling penting adalah melindungi manusia dan makhluk hidup di bumi dari radiasi Ultra Violet berbahaya yang dihasilkan oleh matahari.

Secara umum lapisan ozon banyak terdapat di stratosfer pada 10 hingga 50 km di atas permukaan bumi kita. Lapisan ozon adalah menyaring sebagian besar dari cahaya matahari yang menuju ke bumi terutama yang dapat merugikan makhluk hidup.

Penipisan lapisan ozon

Para ilmuwan telah menemukan bahwa lapisan ozon mulai mengalami penlurunan secara drastis pada tahun 1970-an. Keberadaan lapisan ozon di atmosfer bervariasi bergantung pada cuaca suhu garis lintang serta ketinggian. Beberapa pencemaran lingkungan secara global seperti letusan gunung berapi diketahui dapat mempengaruhi lapisan ozon.

Selain itu ada banyak lagi faktor yang dapat membuat penipisan lapisan ozon semakin memprihatinkan. Beberapa peralatan manusia termasuk penggunaan pendingin ruangan atau AC, kulkas, minyak wangi, serta asap kendaraan diketahui menyumbang besar proses penipisan lapisan ozon. 

Dampak penipisan lapisan ozon

Mengingat fungsi lapisan ozon sangat banyak sekali bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup yang tinggal di bumi untuk penipisan lapisan ozon akan memberikan dampak yang sangat luar biasa pula. Lantas Apa saja dampak penipisan lapisan ozon tersebut?. Mari simak ulasannya dalam artikel berikut:

Menyebabkan global warming

Global warming atau pemanasan global merupakan salah satu ancaman terbesar bagi makhluk hidup di bumi. Salah satu penyebab pemanasan global adalah menipisnya lapisan ozon, hal ini dikarenakan lapisan ozon berfungsi menahan panas dari sinar matahari untuk langsung mencapai bumi.

Dampak pemanasan global sangat banyak sekali bagi kehidupan. Selain dapat menyebabkan perubahan iklim global, pemanasan global juga bisa membuat permukaan air laut menjadi naik. Ini tentu sangat membahayakan kehidupan makhluk yang berada di darat.

Meningkatkan resiko kanker

Diantara dampak penipisan lapisan ozon bagi manusia adalah menyebabkan kanker kulit. Lapisan ozon berguna menyaring Radiasi matahari yang menuju ke bumi. Tingkat radiasi seperti sinar UV A dan UV B bisa dikurangi dengan hadirnya lapisan ozon.

Sinar UV tersebut sangat merusak terutama bagi makhluk hidup seperti manusia. Diantara akibat dari paparan sinar UV yang tidak tersaring oleh lapisan ozon adalah menyebabkan kerusakan pada kulit yang mengarah pada penyakit kanker. Mengingat lapisan ozon di atmosfer semakin menipis ada baiknya untuk menggunakan tabir surya saat keluar rumah dalam waktu yang lama seperti di pantai.

Membahayakan makhluk di bumi

Keberadaan makhluk di bumi sangat tergantung pada sinar matahari. Akan tetapi nyatanya hanya 10% saja sinar matahari yang dibutuhkan oleh makhluk di bumi. Sedangkan sisanya atau yang 90% disaring oleh lapisan ozon yang berada di atmosfer. Lantas Bagaimana jadinya Jika jumlah sinar matahari yang menuju ke bumi tersebut melonjak naik?. Tentu kehidupan di bumi akan terganggu khususnya manusia dan hewan.

Jadi menjaga agar lapisan ozon tetap berfungsi dengan baik merupakan salah satu cara untuk menghindari dampak kerusakan yang diakibatkan oleh menipisnya lapisan ozon tersebut. Kita bisa memulainya dengan mengurangi penggunaan alat pendingin ruangan dan peralatan lainnya yang dapat merusak lapisan ozon.

Akan ada banyak benda asing yang jatuh ke bumi

Tahukah Anda jika lapisan ozon yang berada di atmosfer ternyata berguna melindungi bumi dari jatuhnya benda asing?. Ya tanpa adanya lapisan ozon di atmosfer bumi kita akan sering mengalami benturan terhadap benda luar angkasa. 

Sebenarnya ada banyak sekali benda luar angkasa yang menuju ke bumi, akan tetapi sebagian besar benda asing tersebut telah terbakar di atmosfer salah satunya karena adanya lapisan ozon. Sehingga kalaupun ada benda asing yang masih menuju ke bumi biasanya ukurannya sudah kecil sehingga tidak terlalu menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Jadi jika lapisan ozon semakin menipis maka tidak menutup kemungkinan bumi kita akan sering kejatuhan benda asing dari luar angkasa. Oleh sebab itu menjaga kelestarian lapisan ozon sangat penting sekali.

Menyebabkan kerusakan pada mata

Sinar UV yang berasal dari matahari diketahui dapat merusak mata. Hal ini akan semakin diperburuk jika lapisan ozon semakin menipis, karena jumlah radiasi yang menuju bumi akan semakin banyak lantaran tidak disaring oleh lapisan ozon tersebut. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan kacamata hitam jika anda berada di luar ruangan dalam waktu yang lama khususnya di bawah terik matahari yang menyengat. Salah satu penyakit mata yang sering dialami oleh efek buruk Radiasi matahari adalah katarak.

Lubang ozon

Penipisan lapisan ozon yang terbesar berada di Kutub Selatan. Hari ini terjadi terutama pada akhir musim dingin dan awal musim semi antara bulan Agustus sampai November. Kondisi ini biasanya akan mengalami penurunan pada awal Oktober ketika lapisan ozon sering mengalami kerusakan terutama di daerah yang lebih luas.

Penipisan lapisan ozon yang parah biasanya akan menciptakan lubang Ozon yang dapat dilihat pada gambar Ozon Antartika. Untuk melihat lubang Ozon ini bisa menggunakan satelit. Secara umum sebagian besar kerusakan lapisan ozon terjadi di benua Antartika. Meskipun demikian, beberapa tempat seperti belahan bumi bagian utara serta benua Eropa, lapisan ozon juga mulai menipis dengan cukup signifikan.

Sebagian besar zat kimia yang dapat merusak lapisan ozon masih bertahan di stratosfer selama puluhan tahun. Sehingga proses pemulihan menipisnya lapisan ozon akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Mengingat penipisan lapisan ozon sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk di bumi saat ini beberapa negara mulai melakukan penanggulangan untuk mengatasi lubang Ozon yang semakin membesar. 

Demikian tadi ulasan mengenai dampak penipisan lapisan ozon serta faktor yang menyebabkan nya. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda memahami pentingnya lapisan ozon bagi kehidupan manusia.