Dampak penggundulan hutan

Dampak penggundulan hutan: penyebab dan pengertiannya

Dampak penggundulan hutan
image pexels.com

Penyebab serta dampak penggundulan hutan bagi kehidupan hewan serta manusia. Hutan merupakan salah satu komponen yang paling penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Dampak kerusakan hutan tentu akan berakibat pada rusaknya lingkungan bagi hewan ataupun manusia. Lantas apa saja dampak penggundulan hutan bagi kehidupan manusia dan lingkungan hidup?

Pengertian penggundulan hutan

Penggundulan hutan atau dikenal dengan istilah deforestasi merupakan sebuah tindakan penebangan pohon yang biasanya dilakukan secara masif untuk tujuan komersial. Kegiatan penggundulan hutan ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti pembukaan lahan pertanian, perkebunan, atau pemanfaatan kayu dari pohon yang ditebang.

Penggundulan hutan juga bisa terjadi akibat perluasan pemukiman warga. Terkadang penggundulan hutan dilakukan untuk dibangun mall atau pusat perkotaan. Biasanya penggundulan hutan ini terjadi di tempat yang memiliki dataran rendah yang memungkinkan untuk dijadikan pusat perkotaan.

Dampak penggundulan hutan

Mengingat fungsi hutan sangat penting sekali bagi kehidupan manusia tentu akan ada banyak dampak negatif yang terjadi saat hujan mulai digundul. Lantas apa saja dampak penggundulan hutan tersebut?.

Menyebabkan banjir

Salah satu penyebab utama banjir adalah penggundulan hutan yang terjadi secara masif di suatu wilayah tertentu. Penggundulan hutan dapat menyebabkan banjir dikarenakan salah satu fungsi dari hutan adalah menjadi area serapan air. 

Akar pohon secara alami dapat menyerap air dalam volume yang relatif banyak sehingga dapat mengurangi air yang masuk ke pemukiman warga. Jadi jika pohon yang berada di hutan semuanya dibabat habis maka air akan langsung menuju ke area pemukiman sehingga terjadilah banjir. 

Menyebabkan tanah longsor

Salah satu akibat dari penggundulan hutan adalah terjadi tanah longsor. Penebangan pohon terutama di area seperti pegunungan yang memiliki batu hitam biasanya sangat rentan mengalami longsor. Hal ini dikarenakan saat terjadi hujan deras maka pohon yang seharusnya dapat menahan air hujan tidak bisa berfungsi, sehingga air akan langsung mengalir ke bawah dengan membawa tanah. Inilah yang disebut sebagai langsol.

Menyebabkan kekeringan

Dampak penggundulan hutan yang selanjutnya adalah dapat menyebabkan kekeringan. Diantara salah satu fungsi hutan adalah melindungi air tanah agar tidak diserap habis oleh sinar matahari. Sehingga jika pohon semuanya ditebang maka air akan diserap oleh matahari yang berakibat pada kekeringan.

Oleh sebab itu, jangan heran jika di suatu tempat sudah mulai mengalami kekeringan biasanya hutan di sekitarnya telah habis dibabat oleh manusia. Untuk itu menjaga agar hutan tetap berfungsi dengan baik sangatlah penting untuk mencegah berbagai macam bencana alam termasuk kekeringan tersebut.

Menyebabkan pemanasan global

Dengan hilangnya pepohonan yang berada di hutan maka alam akan semakin panas. Hal ini pada gilirannya akan menyebabkan pemanasan global yang membuat suhu rata-rata di bumi menjadi meningkat drastis.

Dampak pemanasan global sangat banyak sekali salah satunya adalah mencairnya es di kutub. Saat es yang berada di kutub mencair maka beberapa daerah terutama yang berada di dataran rendah sangat beresiko tenggelam. Hal ini dikarenakan volume es yang berada di kutub selatan dan utara sangat banyak sekali, sehingga jika mencair maka permukaan air laut akan naik hingga menenggelamkanku beberapa pulau yang rendah.

Menyebabkan erosi tanah

Erosi tanah adalah sebuah fenomena pengikisan lapisan tanah, batuan, dan sedimen oleh angin atau pun air yang disebabkan oleh hujan. Pengikisan tanah ini terjadi jika hutan yang seharusnya dapat melindungi tanah menjadi gundul atau pohonnya ditebang. 

Pengikisan tanah bisa terjadi jika hujan terus-menerus mengguyur hutan sedangkan tidak ada pepohonan yang bisa menghentikan pengikisan tersebut. Pengikisan tanah dapat berdampak sangat buruk untuk lingkungan hidup. Hal ini dikarenakan komponen-komponen yang berada di tanah akan terseret oleh air hujan yang membawanya ke sungai atau ke pemukiman penduduk.

Kualitas udara yang rendah

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa tumbuhan berfungsi melepaskan oksigen dan menyerap karbondioksida. Jumlah pohon yang berada di hutan berkurang, maka jumlah oksigen pun akan mengalami penurunan dan karbondioksida akan mengalami peningkatan. Jika hal ini terjadi tentu kualitas udara akan menjadi semakin buruk.

Dampak pencemaran udara tentu sangat banyak sekali bagi kehidupan manusia. Salah satu yang paling umum adalah dapat mengganggu kesehatan serta menyebabkan pemanasan global. Untuk itu, menanam pohon merupakan hal yang sangat penting sekali dalam menjaga kualitas udara agar tetap baik.

Rusaknya habitat hewan

Hutan merupakan habitat alami hewan, sehingga jika terjadi penggundulan hutan maka habitat mereka pun juga akan rusak. Jika habitat hewan tersebut mulai rusak maka biasanya hewan-hewan tersebut akan mulai memasuki pemukiman warga sehingga banyak dari warga yang terganggu dengan munculnya hewan tersebut.

Selain selain mengganggu pemukiman hewan-hewan yang kehilangan habitatnya juga akan terancam punah. Sehingga ekosistem alam yang seharusnya terjaga dengan baik akan mulai rusak. Padahal ekosistem sangat penting sekali untuk menunjang lingkungan hidup manusia.

Terputusnya rantai makanan

Dampak penggundulan hutan yang tidak kalah berbahaya adalah terputusnya rantai makanan. Yang sudah kita bahas di atas bahwa salah satu akibat dari rusaknya hutan adalah habitat hewan yang rusak. Hal ini tentunya akan menyebabkan beberapa jenis hewan akan mengalami kepunahan. 

Kepunahan beberapa jenis hewan pastinya akan merusak rantai makanan sehingga ada banyak hewan yang mengganggu manusia. Padahal hewan hewan pengganggu ini seharusnya bisa dikurangi populasinya dengan keberadaan predator asli yang masih hidup. Sayangnya predator tersebut telah punah akibat dari habitatnya yang rusak oleh penggundulan hutan.

Penyebab penggundulan hutan

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya penggundulan hutan diantaranya adalah:

Perluasan area pemukiman

Diantara penyebab penggundulan hutan yang paling umum adalah perluasan area pemukiman warga. Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat terjadi tentu akan berefek pada meningkatnya kebutuhan akan tempat tinggal. Akibatnya hutan yang seharusnya menjadi tempat perlindungan hewan pun tidak luput dari kerusakan akibat dari perluasan area pemukiman tersebut. 

Keperluan komersial

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kayu yang berada di hutan memiliki nilai yang sangat mahal. Hal ini tentunya akan menggoda beberapa orang serakah untuk melakukan penebangan hutan kemudian menjual kayunya. 

Proses penggundulan hutan semacam ini tentu merupakan tindakan yang ilegal. Akan tetapi sayangnya lemahnya pengawasan dari pemerintah menjadi faktor penyebab mengapa perusakan hutan terus saja terjadi di negeri ini.

Perluasan area perkotaan

Beberapa hutan yang telah di gundul selain diambil kayunya untuk dijual, lahan nya juga dimanfaatkan untuk perluasan area perkotaan. Biasanya hutan-hutan tersebut nantinya akan dibangun mall atau pusat perbelanjaan yang lagi-lagi hanya menguntungkan segelintir orang saja. Tentu hal ini sangat disayangkan mengingat fungsi hutan sangat banyak sekali terutama bagi kehidupan hewan serta manusia.

Demikian tadi informasi mengenai penyebab serta dampak penggundulan hutan yang perlu anda ketahui. Informasi ini diharapkan akan membuat anda lebih mengerti bagaimana pentingnya menjaga lingkungan terutama membiarkan hutan agar tetap terjaga dengan baik.