15 Dampak positif dan negatif media sosial yang perlu anda tahu

Dampak positif dan negatif media sosial
Dampak positif dan negatif media sosial
image pixabay.com

Dampak positif dan negatif media sosial bagi kehidupan manusia yang mungkin masih belum kita sadari.

Pastinya sekarang ini anda sudah tidak asing lagi dengan media sosial. Media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram merupakan salah satu bukti dari perkembangan teknologi.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya mengenai dampak positif dan negatif teknologi, media sosial juga menyimpan berbagai macam dampak yang tentunya bukan hanya positif tetapi juga negatif.

Media sosial pada awalnya diciptakan untuk meningkatkan proses komunikasi dan sebagai media untuk bersosialisasi di dunia maya. Akan tetapi nyatanya banyak masalah justru ditimbulkan dari proses komunikasi tersebut.

Lantas apa saja dampak positif dan negatif jejaring sosial bagi kehidupan manusia?. Berikut ulasannya untuk anda.

Dampak positif media sosial

Menggunakan jejaring sosial dengan bijak tentu akan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan. Salah satunya adalah dapat menjalin silaturahim yang baik antara teman dan kerabat jauh. Selain manfaat tersebut, apa saja dampak positif dari penggunaan media sosial?

1. Meningkatkan promosi produk

Bagi anda yang hobi berjualan online maka menggunakan media sosial dapat meningkatkan promosi produk. Ya dengan menggunakan media social anda bisa mengenalkan produk yang anda miliki kepada orang lain. 

Selain mudah, melakukan promosi di media sosial juga lebih cepat menjangkau orang sehingga efisien waktu. Belum lagi kemungkinan orang akan membeli juga lebih banyak jika ada banyak orang yang dijangkau.

2. Lebih mudah mendapatkan informasi

Bisa dikatakan saat ini media sosial menjadi salah satu sumber informasi yang terdepan. Bahkan bisa dikatakan media sosial mengalahkan televisi sebagai sumber utama berita.

Hal ini dikarenakan penyebaran informasi melalui media sosial sangat cepat dan real time. Belum lagi fakta menunjukkan bahwa seseorang lebih banyak menghabiskan waktu di smartphone mereka dibandingkan di depan televisi.

3. Penyeimbang informasi

Dengan adanya media sosial maka pusat informasi bukan hanya dipegang oleh televisi. Jadi dengan adanya media sosial monopoli informasi bisa dicegah. Dampak positif media sosial ini tentunya sangat menguntungkan bagi kita yang ingin mendapatkan informasi akurat serta aktual.

Dampak negatif media sosial

4. Membuat seseorang sulit bergaul

Terkadang karena sudah keasikan bermain media sosial dengan smartphonenya seseorang lupa bergaul di dunia nyata. Padahal bergaul ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang tentunya tidak bisa dapatkan di jejaring sosial.

Dengan bergaul di dunia nyata maka anda akan mendapatkan banyak pengalaman, hiburan, dan juga lebih interaktif. Orang yang banyak menghabiskan waktu di jejaring sosial terkadang memang memiliki kesulitan untuk bergaul di dunia nyata.

5. Menghabiskan banyak waktu

Ada banyak orang yang menghabiskan hingga berjam-jam waktunya di media sosial hanya untuk membaca komentar atau sekedar membuat postingan. Hal ini tentunya akan banyak membuang waktu sia-sia. 

Padahal jika waktu tersebut dimanfaatkan dengan baik maka akan ada banyak hal yang bisa kita ciptakan atau berbuat. Untuk itu sebaiknya anda harus mengontrol diri untuk tidak banyak menghabiskan waktu di media sosial 

6. Mudah terpengaruh oleh berita hoax

Orang yang terlalu keseringan aktif di media sosial terkadang sering termakan oleh berita hoax. Pengertian hoax adalah sesuatu yang tidak nyata atau palsu, jadi berita hoax adalah berita palsu atau bohong. Ya media sosial memang menjadi salah satu alat penyebaran berita yang begitu cepat.

Jika berita tersebut tidak disaring maka tidak menutup kemungkinan jika kita akan termakan oleh berita palsu atau hoax tersebut. Jadi agar kita tidak terkena dampak negatif media sosial yang satu ini sebaiknya kurangi aktivitas di media sosial sekaligus lebih teliti dan jeli dalam membaca berita.

7. Membuat seseorang menjadi malas

Memang sangat mengasyikkan menghabiskan waktu di depan smartphone dan bermain media sosial. Akan tetapi nyatanya tidak terasa ada banyak waktu yang terbuang sia-sia. Bukan hanya membuang waktu, duduk lama di depan smartphone juga akan membuat seseorang menjadi lebih malas.

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang malas adalah kurangnya aktivitas fisik. Padahal aktivitas fisik ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga psikis seseorang. Oleh sebab itu media sosial bisa menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi lebih malas.

8. Membuat orang menjadi cuek

Keseringan bermain media sosial terkadang membuat seseorang menjadi semakin individualis. Mereka terkesan cuek dan kurang memperhatikan lingkungan. Kalaupun mereka ingin memperhatikan lingkungan pastinya ada sesuatu yang ini dicari, misalnya hanya ingin sekedar selfie.

Meskipun demikian tentunya hal ini tidak mutlak karena masih ada banyak orang yang bermain media sosial tetapi masih peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Akan tetapi kebanyakan orang yang terlalu lama berada di media sosial akan menyebabkan masalah-masalah seperti di atas.

9. Resiko menjadi korban kejahatan

Selain penyebaran berita hoax, salah satu dampak negatif media sosial yang patut anda waspadai adalah resiko menjadi korban penipuan. Ya dengan perkembangan media sosial yang begitu cepat maka orang-orang jahat juga memanfaatkannya sebagai media penipuan

Hal ini tentu harus anda waspadai mengingat iming-iming yang diberikan sangat menggiurkan sehingga banyak orang yang menjadi korban. Biasanya para korban adalah orang yang aktif di media sosial terutama bagi mereka yang kurang begitu kritis dalam membaca informasi.

10. Menurunnya produktivitas

Banyak orang yang tugasnya lalai hanya karena keseringan bermain media sosial. Tentunya hal ini akan menjadi masalah tersendiri terutama dalam meningkatkan produktivitas.

Bahkan banyak perusahaan yang telah membuat kebijakan untuk melarang para karyawan bermain media sosial di saat kerja. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, mengingat media sosial menjadi salah satu candu sehingga membuat seseorang lupa waktu dari pekerjaan yang sedang dilakukannya.

11. Menyebabkan kecanduan

Jika anda menganggap bahwa hanya rokok yang membuat kecanduan maka anda salah besar. Karena ternyata beberapa hal yang mengasyikkan juga bisa menyebabkan candu. Misalnya saja seperti bermain game online atau media sosial. 

Keduanya memang mengasyikkan sehingga membuat kita selalu ingin bermain. Belum lagi jika kita tergolong orang yang narsis dan suka berkomentar di status orang lain. Maka efek kecanduan dari media sosial pun akan terasa semakin kuat.

12. Melupakan kewajiban

Salah satu dampak negatif media sosial yang paling mengkhawatirkan adalah lupanya seseorang dengan tanggung jawab. Ya hal ini memang sangat mungkin sekali karena saat sedang asyik bermain media sosial seseorang akan enggan untuk melakukan aktivitas lain.

Sehingga hal ini akan membuat kewajiban yang seharusnya dilakukan menjadi terbengkalai. Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk membatasi penggunaan media sosial agar tidak terkena dampak negatif tersebut.

13. Memicu perselingkuhan

Ada banyak kasus perselingkuhan yang awal mulanya dimulai dari media sosial. Karena dengan media sosial maka akan membuat orang menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi.

Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja bahkan dengan jarak yang sangat jauh sekalipun. Hal ini akan memungkinkan perselingkuhan menjadi lebih mudah dan sulit dideteksi. 

14. Membuat emosi menjadi labil

Terkadang kita sering sekali membaca komentar yang membuat kita jengkel. Hal inilah yang disebut sebagai emosi yang labil akibat menggunakan media sosial. Padahal seharusnya kita tidak terlibat dengan perseteruan tersebut tetapi justru malah kita yang ikut-ikutan komentar.

Dampak negatif media sosial yang satu ini biasanya sering dirasakan oleh mereka yang sangat aktif sekali berkomentar. Untuk menghindarinya cobalah untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Topik yang mungkin anda suka 7 Dampak negatif perubahan sosial dan faktor penyebabnya

15. Mudahnya seseorang mengumbar aib sendiri

Apakah anda pernah membaca sebuah status yang menceritakan tentang kehidupan pribadi seseorang?. Yang saya maksud kehidupan pribadi di sini adalah kehidupan yang seharusnya tidak diketahui oleh orang banyak.

Padahal menjaga privasi sangat penting sekali bukan hanya untuk meminimalisir kejahatan tetapi juga sebagai bagian dari menjaga harga diri. Jadi jika anda tidak ingin privasi anda hilang cobalah untuk tidak sering mengumbar aib di media sosial.

Demikian tadi informasi mengenai dampak positif dan negatif media sosial bagi kehidupan masyarakat. Semoga dengan informasi di atas kita bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial agar dampak negatif tersebut bisa dihindari.