Dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya dan ekonomi (lengkap)

Dampak negatif globalisasi
Dampak negatif globalisasi

Dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya, ekonomi dan teknologi serta keuntungan dari globalisasi tersebut bagi masyarakat. 

Sekilas mengenai globalisasi

Globalisasi mungkin merupakan suatu kata yang sudah tidak asing lagi bagi anda. Hal ini dikarenakan globalisasi itu sendiri sudah sering diajarkan di sekolah-sekolah atau diucapkan di berbagai media televisi.

Banyak orang yang menganggap jika globalisasi itu merupakan sebuah ancaman dan memiliki dampak negatif bagi kehidupan kita. Memang globalisasi secara umum akan memberikan banyak dampak terhadap kehidupan makhluk hidup khususnya manusia. 

Dampak negatif atau positif dari globalisasi tergantung bagaimana manusia itu nantinya akan menyikapi globalisasi tersebut. Jika manusia atau masyarakat sekitar bisa beradaptasi dengan efek globalisasi maka dampak yang ditimbulkan justru akan menjadi positif. 

Begitu juga sebaliknya jika manusia atau suatu masyarakat tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang sudah berubah tersebut maka globalisasi akan berdampak negatif terhadap masyarakat tersebut.

Globalisasi dikatakan sebagai sebuah fenomena sosial di mana ada banyak aspek dalam bentuk globalisasi di antaranya teknologi, sosial budaya ataupun ekonomi. Kesemuanya tentu akan berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat atau manusia itu sendiri.

Salah satu jenis globalisasi yang tidak bisa kita berlindung dan pasti akan dirasakan adalah globalisasi di bidang teknologi. Hal ini dikarenakan teknologi setiap waktunya akan terus berkembang karena kehidupan kita terus bersinggungan dengan teknologi.

Selain itu berkembangnya ilmu pengetahuan juga akan berdampak pada globalisasi khususnya di bidang teknologi komunikasi ataupun ekonomi.

Di antara negara yang saat ini mulai berkembang cukup pesat dalam meningkatkan teknologi adalah china. Bahkan akhir-akhir ini kita melihat negara cina sudah mulai menguasai berbagai macam teknologi dan hampir menyamai jepang. Dimana seperti yang sudah kita tahu bahwa jepang merupakan salah satu negara di asia yang memiliki teknologi paling terdepan.

Globalisasi teknologi bukan hanya pada aspek teknologi yang sering digunakan seperti hp, komputer, dan sejenisnya tetapi juga merambah ke peralatan perang. Bahkan beberapa negara maju seperti amerika, rusia termasuk juga cina telah mengembangkan berbagai macam peralatan perang dengan mengandalkan teknologi yang canggih.

Lantas apa saja dampak negatif globalisasi tersebut?.

Dampak negatif globalisasi di bidang ekonomi

Salah satu bidang yang paling sering bersentuhan dengan globalisasi adalah perekonomian. Diantara salah satu globalisasi yang paling nyata dalam perekonomian adalah masuknya barang-barang impor ke indonesia.

Diantara dampak positif dari globalisasi di bidang ekonomi tersebut adalah meningkatnya kreativitas masyarakat dalam menciptakan sebuah produk. Hal ini dikarenakan terjadinya sebuah persaingan antara produk lokal yang dibuat oleh masyarakat setempat dengan produk impor.

Sedangkan untuk dampak negatif globalisasi di bidang ekonomi ini adalah timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat setempat. Hal ini sering dipicu karena beberapa produk yang masuk di indonesia tersebut tidak disaring sehingga produk yang seharusnya bisa dihasilkan di dalam negeri justru malah didatangkan dari luar.

Jika hal ini tidak bisa diantisipasi dengan baik oleh pemerintah maka masyarakat akan kesulitan dalam bersaing sehingga mereka semakin sulit dalam mencari pasar. Diantara beberapa contoh globalisasi di bidang ekonomi saat ini seperti munculnya beberapa e-commerce seperti ebay, bukalapak, amazon, tokopedia dan sejenisnya.

Dengan munculnya e-commerce ini masyarakat akan dimudahkan dalam bertransaksi sehingga mereka akan lebih mudah dalam memilih barang di toko online. Akan tetapi dibalik kemudahan tersebut tentu ada dampak negatif tersendiri diantaranya adalah barang yang dijual di toko-toko offline akan semakin kekurangan pembeli sehingga membuat mereka kesulitan dalam mengembangkan usahanya.

Dampak positif

  • Meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat dalam menciptakan sebuah produk yang bisa bersaing dengan kualitas bagus.
  • Memudahkan masyarakat dalam mendapatkan barang-barang impor yang memiliki kualitas bagus dengan harga terjangkau
  • Meningkatnya lapangan pekerjaan akibat dari masuknya investasi asing di sebuah negeri.
  • Kesempatan untuk bekerja di luar negeri semakin terbuka lebar.

Dampak negatif

  • Masyarakat menjadi semakin boros akibat kemudahan yang ditawarkan dalam bertransaksi di dunia maya.
  • Munculnya banyak tenaga kerja asing sehingga membuat tenaga kerja lokal menjadi tersingkirkan.
  • Matinya usaha kecil menengah lokal yang sangat mengandalkan masyarakat sekitar sebagai konsumen.
  • Barang-barang lokal akan kalah bersaing dan dikuasai oleh barang-barang dari impor atau luar negeri.

Dampak negatif dan positif globalisasi di bidang sosial dan budaya

Setelah kita membahas mengenai dampak negatif serta positif globalisasi di bidang ekonomi sekarang kita akan melihat sejauh mana globalisasi akan mempengaruhi pada bidang sosial dan budaya khususnya di negara kita.

Seperti halnya pada bidang ekonomi, globalisasi di bidang sosial maupun budaya juga memberikan dampak yang beragam. Salah satu yang paling mencolok dari globalisasi di bidang budaya adalah mengubah pola pikir masyarakat yang tadinya cara berpikirnya tradisional atau sederhana menjadi lebih kompleks atau modern.

Selain itu masyarakat juga akan lebih mengenal budaya budaya luar sehingga mereka akan menimbang mana yang bagus dan mana yang kurang cocok. Dari perkembangan budaya ini tentunya akan menyisakan dampak negatif atau positif terutama bagi para remaja kita.

Padahal ada banyak budaya lokal yang sebenarnya sangat positif seperti sopan santun serta keramahtamahan. Berikut beberapa dampak positif serta negatif dari globalisasi di bidang sosial budaya. Baca juga 8 Dampak negatif menonton televisi untuk dewasa dan anak-anak

Dampak positif

  • Membuat masyarakat lebih berpikir modern dan rasional
  • Membuat masyarakat lebih memahami keberagaman budaya sehingga mereka tidak mudah menganggap buruk sesuatu yang bukan dari budaya kita.
  • Meningkatkan sikap toleransi antar masyarakat yang diakibatkan dari timbulnya rasa ketergantungan serta kebutuhan kita kepada masyarakat lain.

Dampak negatif

  • Gagalnya masyarakat memahami budaya asing sehingga mereka menganggap sesuatu yang seharusnya buruk tetapi justru malah digunakan. Salah satu kelompok yang paling merasakan dari dampak negatif globalisasi ini adalah para remaja dan anak-anak.
  • Mudahnya budaya asing mempengaruhi perilaku dan cara berpikir kita serta cara berpakaian terutama yang negatif.
  • Budaya lokal dianggap kurang modern sehingga mulai ditinggalkan oleh masyarakat terutama kalangan muda.

Dampak globalisasi di bidang transportasi

  • Salah satu dampak negatif globalisasi di bidang transportasi adalah munculnya banyak kendaraan sehingga membuat kemacetan menjadi tidak bisa dihindari.
  • Meningkatnya polusi dan juga pencemaran udara yang tentu sangat mengganggu bagi kesehatan.
  • Meningkatnya angka kecelakaan di jalanan karena semakin banyaknya nya alat transportasi yang berkeliaran di jalan.
  • Meningkatnya perbedaan kasta antara masyarakat, hal ini ditandai dengan masyarakat yang memiliki status sosial tinggi dapat membeli kendaraan yang lebih mahal begitu juga sebaliknya.

Dampak negatif globalisasi di bidang telekomunikasi

Salah satu sektor yang juga sangat terpengaruh dari globalisasi adalah teknologi informasi. Berikut beberapa diantaranya

Dampak positif

  • Memudahkan komunikasi satu sama lainnya sehingga batas teritorial tidak menjadi sebuah halangan;
  • Mempermudah proses transaksi jual beli di dunia maya;
  • Mudahnya dalam mengakses informasi karena semakin berkembangnya situs-situs dan media sosial dalam menyajikan berita;
  • Meningkatkan area atau jangkauan komunikasi dengan adanya telepon ataupun internet.

Dampak negatif

  • Tersebarnya hoax atau informasi palsu yang dapat menyesahkan masyarakat;
  • Terjadinya kejahatan di dunia maya yang semakin merajalela;
  • Tersebarnya aib dengan mudah tanpa batas karena penyebaran informasi semakin cepat melalui media sosial dan situs berita;
  • Merusak moral anak-anak serta remaja dengan munculnya situs-situs dewasa yang semakin mudah diakses.

Nah dari penjelasan diatas tentunya kalian sudah memahami apa saja dampak positif dan negatif globalisasi bagi kehidupan masyarakat kita.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →