Dampak kesenjangan sosial
Dampak kesenjangan sosial

Dampak kesenjangan sosial: penyebab, pengertian, serta contohnya

Posted on
Dampak kesenjangan sosial

Dampak kesenjangan sosial serta faktor penyebabnya yang perlu Anda ketahui. Tentunya Anda pasti pernah mendengar kata kesenjangan sosial?. Lantas Tahukah Anda apa itu kesenjangan sosial serta faktor penyebabnya? Jika belum Mari kita sama-sama membaca ulasan berikut ini:

Pengertian kesenjangan sosial

Kesenjangan sosial merupakan sebuah fenomena di mana ada ketidak seimbangan antara kehidupan masyarakat baik secara kelompok (organisasi) ataupun perorangan.

Ketidakseimbangan yang dimaksud adalah adanya ketidaksamaan mulai dari distribusi ekonomi keadilan serta kesejahteraan masyarakat secara umum. Mengingat kesenjangan sosial merupakan masalah yang terjadi di masyarakat tentu akan memberikan dampak tersendiri bagi kehidupan. Lantas Apa saja dampak kesenjangan sosial bagi kehidupan masyarakat khususnya di bidang ekonomi?.

Dampak kesenjangan sosial

Tentunya kesenjangan sosial yang terjadi di sebuah daerah akan memberikan dampak tersendiri bagi masyarakat. Lantas Apa saja dampak kesenjangan sosial tersebut?Berikut alasannya:

Menyebabkan pengangguran

Salah satu ciri atau tanda kesenjangan sosial adalah terjadinya kemiskinan di sebuah masyarakat. Kemiskinan ini sangat erat kaitanya dengan kurangnya lapangan pekerjaan. Maka tidak heran jika ketersediaan lapangan pekerjaan menjadi faktor yang sangat penting sekali dalam menekan kesenjangan sosial.

Target pasar menjadi tidak jelas

Salah satu dampak kesenjangan sosial bagi pelaku usaha adalah sulitnya dalam menentukan target pasar. Hal ini terjadi akibat kesenjangan sosial dapat menyebabkan kemiskinan sehingga para pelaku usaha sedikit kesulitan dalam menerapkan pasar mereka.

Masyarakat yang memiliki kesejahteraan sosial yang lebih rendah biasanya akan cenderung kurang konsumtif sehingga tidak begitu menguntungkan bagi para pelaku usaha. Meskipun demikian bukan berarti para pelaku pasar akan mendapatkan banyak keuntungan jika mereka menargetkan orang-orang dengan status sosial tinggi.

Baca juga  Bedanya Insole dan Outsole

Kalangan elit atau masyarakat yang memiliki status sosial tinggi biasanya lebih suka menggunakan produk asing dibandingkan dengan produk lokal. Sehingga Hal inilah yang membuat target pasar menjadi sedikit kurang jelas akibat adanya kesenjangan sosial.

Dapat menumbuhkan sifat malas

Salah satu dampak kesenjangan sosial yang paling nyata terjadi di masyarakat kita adalah tumbuhnya sifat malas di kalangan masyarakat. 

Memicu kecemburuan sosial

Kecemburuan sosial bisa terjadi jika adanya kesenjangan sosial yang sangat mencolok di tengah-tengah masyarakat. Kecemburuan sosial ini tidak jarang dapat membawa pada konflik terutama antar kelompok seperti organisasi ataupun antar ras.

Tingginya angka kriminalitas

Dampak kesenjangan sosial yang tidak kalah berbahayanya dalam masyarakat adalah tingginya. Kesenjangan sosial terutama di bidang ekonomi tentunya akan membuat masyarakat menjadi sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini pada akhirnya akan memicu tindakan kriminalitas. 

Membuat masyarakat mudah putus asa

Kesenjangan sosial yang begitu nyata di tengah-tengah masyarakat dapat menimbulkan rasa putus asa khususnya pada masyarakat menengah ke bawah. Hal ini selain memicu meningkatnya angka kriminalitas juga dapat menyebabkan konflik yang meluas. 

Penyebab kesenjangan sosial

Mengingat dampak kesenjangan sosial di masyarakat sangat banyak tentu pemerintah harus berupaya menanggulangi hal tersebut. Untuk mencegah atau mengatasinya hal yang paling penting adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa faktor penyebab kesenjangan sosial yang terjadi di Masyarakat khususnya di bidang ekonomi.

Kebijakan pemerintah

Ternyata kebijakan pemerintah dapat menyebabkan kesenjangan sosial jika tidak tepat. Salah satu contoh yang paling mudah adalah kebijakan pemerintah di bidang transmigrasi. Biasanya masyarakat pendatang umumnya lebih diberikan fasilitas untuk bisa hidup di suatu daerah transmigrasi.

Hal ini pada gilirannya akan membuat masyarakat pendatang tersebut lebih mudah dalam perkembang. Akibatnya akan menyebabkan kesenjangan sosial antara pendatang dan masyarakat lokal.

Perbedaan sumber daya alam

Tingkat perekonomian suatu masyarakat salah satunya juga bergantung pada sumber daya alam yang terdapat di suatu daerah. Hal ini dikarenakan laju ekonomi bisa berjalan baik apabila adanya sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Baca juga  Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli. Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya!

Sehingga jika ada suatu tempat yang memiliki sumber daya alam yang minim tentu masyarakatnya pun juga sedikit kesulitan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka. Sehingga kesenjangan sosial ini juga bisa terjadi akibat dari faktor perbedaan sumber daya alam tersebut.

Dampak globalisasi

Salah satu dampak negatif globalisasi di masyarakat adalah terjadinya kesenjangan sosial yang sulit dihindari. Selain memiliki dampak negatif sebenarnya globalisasi juga memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah untuk meningkatkan laju ekonomi suatu negara.

Akan tetapi terkadang globalisasi dapat mempengaruhi kesenjangan sosial masyarakat. Salah satu faktor penyebabnya adalah ketika masyarakat tidak mampu beradaptasi dengan cepatnya laju globalisasi di sebuah negara.

Tidak mencukupi nya lapangan pekerjaan

Diantara penyebab kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat adalah karena tidak adanya lapangan pekerjaan yang kurang mencukupi. Hal ini pada gilirannya akan menimbulkan perekonomian masyarakat tidak bisa berkembang dengan baik. Dengan lapangan pekerjaan yang minim maka masyarakat akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya yang bisa berakibat pada menurunnya kondisi kesejahteraan mereka.

Kemiskinan

Kemiskinan merupakan faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya suatu kesenjangan sosial di masyarakat. Kemiskinan sebenarnya terjadi bukan hanya karena kurangnya sumber daya alam di sebuah daerah akan tetapi juga akibat dari budaya yang kurang baik.

Efek penjajahan suatu negara juga bisa menjadi faktor penyebab kemiskinan. Negara yang terjajah begitu lama biasanya akan tertanam budaya miskin karena mental mereka kurang begitu berkembang dengan baik akibat terlalu lama dijajah. Jadi salah satu hal yang harus dilakukan untuk mencegah kesenjangan sosial adalah memperbaiki mental masyarakat agar terjauh dari kemiskinan.

Letak geografis suatu daerah

Ternyata letak geografis suatu daerah juga berperan penting dalam menyebabkan kesenjangan sosial. Contohnya adalah masyarakat yang tinggal di daerah dengan dataran tinggi secara umum mereka sulit dalam membangun infrastruktur. Akibatnya proses pembangunan khususnya akses jalan akan terhambat yang berakibat pada lambatnya laju ekonomi masyarakat.

Baca juga  Sebutkan Manfaat Dari Olahraga Renang

Hari ini bisa terjadi lantaran Pembangunan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam meningkatkan laju ekonomi. Sehingga pada akhirnya kondisi geografis juga menyumbang buku besar dalam menciptakan sebuah kesenjangan sosial.

Revolusi industri

Faktor penyebab kesenjangan sosial yang terakhir adalah adanya revolusi industri. Diantara salah satu dampak revolusi industri 0.4 yang saat ini kita rasakan adalah terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Hal ini bisa terjadi jika masyarakat tidak mampu beradaptasi dengan perubahan Global khususnya di bidang industri. Contoh yang paling mudah adalah menjamurnya pasar online sehingga membuat beberapa pedagang menjadi kesulitan dalam menemukan pelanggan.

Contoh revolusi industri ini tidak selamanya memberikan dampak negatif terutama bagi para pelaku pasar. Akan tetapi paling tidak ketidaksiapan mereka dalam menghadapi perubahan Global ini akan menyumbang andil besar dalam menciptakan kesenjangan sosial.

Contoh kesenjangan sosial

Ada beberapa bentuk kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat beberapa contoh yang paling nyata kesenjangan sosial tersebut adalah:

Kesenjangan sosial di bidang pendidikan 

Kesenjangan sosial di bidang pendidikan biasanya terjadi akibat masyarakat kurang mendapatkan pendidikan yang mencukupi. Mereka yang hanya lulusan SD, SMP, atau SMA tentu akan sedikit kesulitan dalam memperoleh pekerjaan. Akan tetapi sebaliknya bagi orang yang memiliki pendidikan tinggi seperti S1, S2, dan S3 tentu akan lebih mudah dalam memperoleh pekerjaan yang layak sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhannya.

Kesenjangan sosial di bidang ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu faktor yang paling penting di sebuah negara. Jika terjadi kesenjangan sosial khususnya di bidang ekonomi tentu akan memberikan dampak yang luar biasa. Kesenjangan sosial di bidang ekonomi akan membuat masyarakat miskin akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Hal ini tentu akan menimbulkan gejolak di masyarakat. Jadi kesenjangan sosial di bidang ekonomi harus mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.

Kesenjangan sosial di bidang budaya

Salah satu bentuk kesenjangan sosial lainnya adalah di bidang budaya. Kesenjangan sosial di bidang budaya bisa terjadi akibat adanya kekalahan terutama di bidang finansial. Misalnya saja kehidupan sosial budaya masyarakat kita sedikit lebih kalah dibandingkan dengan masyarakat yang modern diakibatkan adanya tingkat publikasi yang lebih mudah dan modal yang jauh lebih besar dari orang yang mempraktekkan budaya modern tersebut. 

Kesenjangan sosial di bidang kesehatan

Contoh kesenjangan sosial yang selanjutnya adalah di bidang kesehatan. Kesehatan merupakan kebutuhan masyarakat yang paling penting setelah makanan dan pakaian. Jika kesehatan seseorang sudah terjamin, maka kesejahteraan masyarakat secara umum bisa dikatakan baik.

Masyarakat miskin biasanya sulit untuk memenuhi kebutuhan terutama di bidang kesehatan sehingga mereka akan kesulitan untuk berobat saat mengalami sakit. Kesenjangan sosial ini juga harus mendapatkan perhatian dari pemerintah sehingga kesejahteraan mereka bisa ditingkatkan.

Dampak kesenjangan sosial serta faktor penyebabnya yang perlu kamu ketahui bersama.