12 Daftar hiu terbesar di dunia yang terberat bisa mencapai 100 ton

Fauna
hiu terbesar di dunia
hiu terbesar di dunia

Daftar hiu terbesar di dunia dengan berat hingga bisa mencapai 100 ton dan menjadi predator terkuat di lautan. Salah satu predator terkuat dan juga paling buas di lautan adalah hiu. Hiu memang menjadi salah satu daftar teratas rantai makanan kerana ukurannya yang sangat besar. Dilengkapi dengan gigi-gigi yang tajam dan kemampuan berenang yang sangat cepat menjadikan ikan hiu sangat berbahaya dan menjadi monster laut yang paling ditakuti.

Hiu terbesar di dunia yang masih Ada hingga sekarang

Jika anda penasaran mengenai hiu terbesar di dunia, berikut beberapa daftarnya untuk anda:

1. Hiu paus

hiu paus
image via pixabay.com

Jika anda mengira bahwa hiu putih merupakan jenis hiu terbesar di dunia maka anda salah. Karena ada yang lebih besar darinya yang masih hidup sampai saat ini yaitu hiu paus. Sesuai namanya hiu paus memiliki ukuran yang sangat besar bahkan beratnya bisa mencapai 12 ton, jauh lebih besar dibandingkan hiu putih. Meskipun ukurannya sangat besar, hiu paus bukanlah seekor predator jadi hiu jenis ini tidak agresif layaknya jenis hiu terbesar lainnya.

Hiu paus memiliki kepala yang sedikit melebar dan datar sehingga membuatnya terlihat seperti ikan lele. Karena bukan seekor predator hiu paus tidak memiliki gigi gigi yang tajam layaknya hiu putih atau jenis hiu lainnya. Hiu paus memiliki warna yang mencolok sehingga sangat mudah dibedakan dengan jenis hiu lainnya.

2. Hiu Basking

hiu basking
image via wikimedia.org

Atau basking shark merupakan salah satu ikan terbesar kedua di dunia setelah hiu paus. Hiu ini memiliki ukuran yang sangat jumbo dengan berat mencapai hingga 6 ton. Lebih besar dari pada air putih. Sama halnya dengan hiu paus, hiu basking bukanlah seekor predator. Karena hiu basking hanya mengkonsumsi makanan kecil seperti plankton sehingga hiu jenis ini tidak memiliki gigi yang mematikan. Meskipun demikian, dengan ukuran yang sangat besar terkadang hiu basking membuat takut para nelayan karena sekilas hiu ini terlihat sangat menyeramkan.

3. Hiu putih

Hiu putih
Hiu putih

Hiu putih merupakan jenis hiu terbesar di dunia yang masih hidup sampai saat ini. Hiu putih memiliki nama Latin carcharodon carcharias sering dianggap sebagai salah satu monster laut yang sering memangsa manusia. Padahal kenyataannya hiu putih hanya menyerang manusia karena dikirannya sebagai anjing laut, jadi bukan berarti hiu putih suka memangsa manusia. Hiu putih memiliki kerangka tulang rawan yang sangat efisien untuk bergerak di air.

Meskipun disebut sebagai hiu putih sebenarnya warna hiu jenis ini tidak semuanya putih, melainkan ada warna keabu-abuan pada punggung bagian atas. Sedangkan warna putih hanya terdapat pada bagian bawah. Hiu putih memiliki indra penciuman yang sangat tajam dan dapat merasakan bau darah hingga jarak yang sangat jauh.

Hiu putih dewasa dapat tumbuh hingga panjang mencapai 6,5 meter dengan berat sekitar 3 ton. Dengan demikian, bersama dengan paus pembunuh hiu putih disebut-sebut sebagai predator terkuat di lautan. Hiu putih sangat terampil dalam berburu dan biasanya senang memakan anjing laut, lumba-lumba, mollusca bahkan terkadang kura-kura. Hiu putih dapat mengenali mangsanya dengan cara menggunakan indra penciuman dan ekolokasi.

Hiu putih dapat mengenali mangsanya yang lemah dengan jarak yang sangat jauh. Kemampuannya yang sangat cepat dalam berenang menjadi salah satu andalan hiu putih dalam berburu mangsa. Hiu putih pada dasarnya bisa ditemukan di seluruh lautan di dunia, dimana sebagian besar mereka menyukai perairan hangat. Meskipun demikian terkadang beberapa jenis hiu putih berada di lingkungan yang memiliki air dingin.

4. Hiu macan

hiu macan
image by wikimedia.org

Dinamakan hiu macan karena hiu jenis ini memiliki garis-garis hitam seperti halnya harimau di sepanjang tubuhnya. Corak inilah yang menjadi ciri khas dari hiu macan sehingga membuatnya sangat mudah dikenali. Hiu macan secara umum memiliki warna kebiruan hingga abu-abu gelap pada bagian atas dan putih kekuningan pada bagian bawah. Hiu jenis ini merupakan salah satu yang paling berbahaya kedua setelah hiu putih. Hiu macan juga dikabarkan sering menyerang manusia dan sangat mematikan karena memiliki gigi yang besar dan tajam. Ukuran panjang hiu macan sekitar 7,5 meter.

5. Hiu Pacific sleeper

hiu pacific sleeper
image via www.sciencenews.org

Hiu terbesar di dunia yang selanjutnya adalah hiu pacific sleeper. Hiu jenis ini memiliki panjang total sekitar 23 kaki dan cukup berbahaya bagi manusia. Hiu Pacific sleeper biasanya suka memakan cumi-cumi besar.

6. Hiu Greenland

hiu greenland
image via www.radionz.co.nz

Hiu Greenland adalah salah satu dari jenis hiu terbesar di dunia. Hiu jenis ini juga dikenal sebagai hiu tidur besar karena gerakannya yang sangat lambat. Hiu jenis ini memiliki panjang hingga 7 meter. Meskipun hiu ini terkenal lambat akan tetapi hiu Greenland merupakan predator yang sangat pandai dalam mencari mangsa. Beberapa ikan besar dan juga mamalia laut seperti anjing laut menjadi salah satu makanan favoritnya.

7. Hiu martil

hiu martil
image via commons.wikimedia.org

Hiu martil memiliki palu yang membuatnya sangat khas dan mudah dibedakan dengan jenis hiu terbesar di dunia lainnya. Ukuran hiu ini cukup besar dan memiliki gigi segitiga yang bergerigi kuat. Makanan utama dari hiu martil adalah ikan pari dan beberapa jenis hewan laut lainnya termasuk ikan kerapu, kepiting, dan cumi-cumi.

 

Hiu terbesar yang sudah punah

1. Hiu Megalodon

hiu megalodon
hiu megalodon

Hiu Megalodon adalah salah satu jenis hiu terbesar di dunia yang sangat terkenal. Megalodon memiliki arti yaitu gigi besar dimana gigi hiu jenis ini dapat mencapai ukuran 7 inci atau 18 cm. Hiu megalodon bisa tumbuh dengan panjang hingga 23 meter dengan berat sekitar 100 ton. Hiu megalodon mendominasi lautan selama periode kenozoikum yaitu sekitar 26 sampai 2 juta tahun yang lalu. Salah satu makanan favorit hiu megalodon adalah ikan paus termasuk beberapa jenis paus balin.

2. Hiu Cretoxyrhina

hiu Cretoxyrhina
image via www.thoughtco.com

Hiu Cretoxyrhina atau yang dikenal sebagai “Ginsu Shark,”adalah salah satu hiu prasejarah yang berada di lautan pada periode antara 100 sampai 80 juta tahun yang lalu. Hiu Cretoxyrhina dapat mencapai panjang hingga 25 kaki atau 7,6 meter dengan berat sekitar 900 kg. Dengan giginya yang sangat tajam seperti pisau hiu jenis ini termasuk salah satu hewan laut yang sangat mematikan.

2. Hiu otodos

hiu otodus
image via finefossils.com

Hiu terbesar di dunia yang selanjutnya adalah otodos. Otodos yang merupakan bahasa Yunani yang memiliki arti gigi miring merupakan salah satu jenis hiu terbesar di dunia. Hiu jenis ini hidup pada 60 sampai 45 juta tahun yang lalu. Hiu ini dapat tumbuh hingga 30 kaki panjangnya dengan berat rata-rata berat 4000 pon atau setara dengan 1 ton. Hiu otodos merupakan leluhur langsung dari megalodon yang merupakan hiu terbesar di dunia. Gigi Hiu otodos bisa tumbuh hingga 3 sampai 4 inci yang membuatnya dapat merobek seekor ikan paus.

3. Hiu ptychodus

hiu ptychodus
image via oceansofkansas.com

Hiu ptychodus merupakan bahasa Yunani yang memiliki arti gigi berlipat di mana hijau jenis ini hidup pada 90-60 juta tahun yang lalu. Hiu besar ini bisa mencapai panjang hingga 30 kaki atau 9,1 meter dengan berat rata-rata 900 kg. Berbeda dengan jenis hiu terbesar di dunia lainnya, Ptychodus memiliki gigi besar dan rata yang dapat dengan mudah merobek mangsanya.

4. Hiu helicoprion

Hiu helicoprion
image via flickr.com

Hiu terbesar yang selanjutnya adalah helicoprion. Helicoprion memiliki panjang 30 kaki dengan berat sekitar 453 kg. Hiu ini hidup antara 290 sampai 250 juta tahun yang lalu. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, salah satu yangg membuat hiu ini cukup terkenal adalah terdapat gulungan gigi yang sangat mematikan.