contoh media pembelajaran

Macam dan contoh media pembelajaran beserta fungsinya lengkap

contoh media pembelajaran
image theconversation.com

Macam dan contoh media pembelajaran serta fungsinya lengkap dengan penjelasannya yang kami rangkum dalam artikel berikut ini.

Untuk menunjang proses belajar mengajar diperlukan sebuah media agar peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik. Adanya media pembelajaran ini diharapkan untuk lebih memudahkan peserta didik dalam memahami serta meresapi apa yang telah disampaikan oleh guru.

Ada banyak media pembelajaran yang bisa digunakan, dimana beberapa media tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Media pembelajaran yang baik tentu harus dapat memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar mulai dari mempersingkat waktu sampai membuat proses penyaluran pengetahuan menjadi maksimal.

Seperti beberapa alat peraga yang akan mempermudah anak-anak dalam memahami beberapa materi misalnya yang berhubungan dengan mata pelajaran fisika dan sebagainya. 

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai macam dan contoh media pembelajaran ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang disebut dengan media pembelajaran tersebut.

Pengertian media pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran
Pengertian Media Pembelajaran

Berbicara mengenai pengertian media pembelajaran ini sebenarnya sudah sangat sering sekali dibahas oleh para ahli. Misalnya saja Miarso (2004) mengatakan bahwa media pembelajaran adalah sesuatu yang digunakan dalam merangsang kemauan, pikiran, serta perhatian peserta didik dalam rangka untuk mendorong proses kegiatan belajar.

Lebih singkatnya media pembelajaran bisa diartikan sebagai sebuah alat atau sarana yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Selain itu media pembelajaran juga bisa diartikan sebagai sebuah alat atau sarana fisik yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik mengenai materi yang sedang diajarkan.

Bukan hanya terbatas pada alat, guru juga bisa dikatakan sebagai media pembelajaran lantaran perannya sebagai penyalur atau perantara ilmu pengetahuan.

Tanpa adanya media pembelajaran tentu seorang guru akan sangat kesulitan dalam membuat peserta didik memahami sesuatu. Contohnya saja saat anda ingin menjelaskan mengenai anatomi tubuh manusia tanpa adanya patung anatomi maka pasti anda akan kesulitan jika hanya mengandalkan tulisan saja.

Pemilihan media pembelajaran tentu juga harus mempertimbangkan kemampuan siswa dalam memahami sesuatu. Sehingga seorang guru tidak boleh asal-asalan dalam memilih sebuah media pembelajaran. Karena media pembelajaran yang baik untuk siswa SMA belum tentu cocok digunakan kepada siswa yang masih duduk di bangku SD.

Media pembelajaran yang baik tentunya harus memiliki beberapa syarat diantaranya adalah bisa merangsang kemampuan siswa dalam berpikir serta mempermudah mereka dalam memahami sesuatu. Selain itu, media pembelajaran juga harus mudah dipahami serta mendukung isi dari materi yang sedang diajarkan.

Untuk membuat anda lebih memahami mengenai pengertian media pembelajaran tersebut kami berikan beberapa contoh media pembelajaran berikut ini:

Contoh media pembelajaran

Beberapa contoh media pembelajaran yang sering digunakan diantaranya seperti:

Media pembelajaran berupa gambar

Gambar merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang paling mudah digunakan. Penggunaan gambar bisa sangat mendeskripsikan banyak hal seperti gambar hewan, tumbuhan, atau tempat tertentu. 

Media pembelajaran menggunakan globe

Globe atau replika dunia merupakan salah satu media pembelajaran yang salah satu fungsinya adalah untuk memberikan gambaran mengenai lokasi negara-negara di dunia. Penggunaan global sangat penting sekali terutama dalam mata pelajaran geografi. 

Penggunaan patung anatomi

Contoh media pembelajaran yang selanjutnya adalah patung anatomi. Penggunaan patung anatomi ini akan lebih mudah menjelaskan mengenai anatomi tubuh manusia di mana penggunaan media pembelajaran yang satu ini sangat sering digunakan dalam mata pelajaran biologi.

Penggunaan anatomi tentu akan bisa memudahkan para siswa untuk mengenal tubuh manusia lebih jauh beserta organ yang ada di dalamnya. Penggunaan patung anatomi ini juga merupakan langkah awal bagi siswa untuk mempelajari tubuh manusia secara lengkap sebelum mereka mempraktekkannya secara langsung saat duduk di bangku kuliah. Misalnya saja saat siswa mengambil jurusan kedokteran yang mengharuskan mereka melakukan prosedur operasi.

Media pembelajara berupa Animasi bergerak

Penggunaan animasi bergerak sebagai media pembelajaran baru-baru ini menjadi sangat populer karena penggunaannya dianggap bisa dengan mudah menjelaskan mengenai sesuatu yang rumit. Memang untuk membuat animasi bergerak tidaklah mudah karena si pembuat harus benar-benar memahami materi yang nantinya akan divisualisasi menjadi sebuah animasi tersebut.

Selain itu proses penggunaan animasi tentu juga membutuhkan seorang animator yang dapat membuat animasi. Jika sulit untuk membuatnya sendiri mungkin guru bisa mencarinya di internet.

Penggunaan papan tulis

Berbicara mengenai media pembelajaran tentu anda jangan melupakan papan tulis. Meskipun tergolong sebagai media pembelajaran yang sudah sangat mainstream penggunaan papan tulis tetap sangat dibutuhkan terutama sebagai media pembelajaran awal. 

Media pembelajaran berupa bagan

Bagan merupakan sebuah media pembelajaran yang bisa menjelaskan mengenai hubungan sesuatu. Salah satu contoh penggunaan bagan yang paling mudah adalah saat menjelaskan silsilah keluarga misalnya dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam.

Penggunaan media visual seperti bagan biasanya relatif lebih mudah diingat oleh anak-anak dibandingkan hanya mengandalkan sebuah tulisan di papan tulis saja.

Macam-macam media pembelajaran

Media pembelajaran memiliki beberapa macam di mana masing-masingnya tentu memiliki peran yang berbeda-beda. Beberapa macam media pembelajaran tersebut diantaranya seperti:

Media pembelajaran visual

Media pembelajaran visual merupakan sebuah media pembelajaran yang dapat berinteraksi dengan mudah dengan indra penglihatan. Ada banyak sekali contoh media pembelajaran visual di antaranya adalah penggunaan grafik, bagan, peta, atau foto.

Media pembelajaran visual ini tentu akan sangat mempermudah proses penjelasan sesuatu yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. 

Media pembelajaran audio

Media pembelajaran audio merupakan sebuah media yang merangsang penggunaan indra pendengaran siswa untuk bisa memahami sesuatu sesuai materi yang diajarkan. Salah satu contoh media pembelajaran audio adalah penggunaan tape recorder dalam pelajaran bahasa inggris atau arab.

Selain itu penggunaan laboratorium bahasa juga merupakan bentuk pemanfaatan media pembelajaran audio untuk menunjang pemahaman siswa terutama dalam pelajaran bahasa. 

Media pembelajaran audio visual

Media pembelajaran audio visual merupakan salah satu media pembelajaran yang lebih interaktif dibandingkan dengan penggunaan media audio dan visual secara terpisah. Salah satu contoh penggunaan media pembelajaran audio visual adalah video atau film.

Keduanya tentu bisa menjelaskan dengan lebih mudah dibandingkan apa yang bisa dilakukan oleh media visual atau audio. Penggunaan film atau video dalam proses pembelajaran akan lebih mudah menjelaskan sesuatu misalnya saja penggunaan video tentang penjelasan tata surya dan lain sebagainya. Baca juga Artikel seputar Pengertian multimedia pembelajaran

Tujuan penggunaan media pembelajaran

Penggunaan media pembelajaran tentu memiliki beberapa tujuan. Diantara tujuan dari penggunaan media pembelajaran di atas adalah:

  • Mempermudah proses pemahaman siswa mengenai materi yang sedang diajarkan.
  • Membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
  • Proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif.
  • Memberikan gambaran mengenai sesuatu yang tidak bisa dijelaskan hanya dengan tulisan atau kata-kata.
  • Membantu meningkatkan konsentrasi siswa
  • Meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar
  • Mempermudah kerja guru dalam mengajar

Dari ke semua model dan contoh media pembelajaran di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari kebutuhan. Jadi anda bisa memilih nya tergantung dari situasi dan kondisi serta kebutuhan dari mata pelajaran yang sedang diajarkan.

Demikian tadi ulasan mengenai macam dan contoh media pembelajaran, semoga informasi diatas bisa memberikan anda tambahan wawasan mengenai contoh serta penggunaan media pembelajaran.