Ciri – ciri Kanker Payudara Stadium 1 Sebelum Terlambat. Wajib Baca!!!

ciri ciri kanker payudara

ciri ciri kanker payudara

Ciri ciri Kanker Payudara – Kanker payudara stadium 1 yaitu kanker payudara stadium awal, dimana timbul benjolan kanker berukuran 2 cm atau lebih kecil pada payudara. Benjolan ini masih belum menyebar ke kelenjar getah bening pada bagian ketiak atau struktur lain di sekitar payudara.

Kanker payudara yaitu salah satu jenis kanker yang membahayakan bagi wanita, setelah kanker servik. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara Anda, misalnya saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penyokong lainnya seperti jaringan lemak.

Sejauh ini belum diketahui penyebab pasti kanker payudara, satu hal yang diketahui yaitu penyakit ini timbul dikarenakan adanya kerusakan sel dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara.

Sebagai Wanita Anda Wajib Mengenali Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1 Sebelum Terlambat

Beberapa hal sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko terjadi kanker payudara pada wanita. Seorang wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara seandainya terdapat riwayat kanker payudara pada keluarganya.

Elemen risiko ini meliputi gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, usia di atas 50 tahun, obesitas, paparan radiasi, gangguan hormon, usia menstruasi pertama kali di bawah 12 tahun, menopause pada usia lebih tua, dan faktor keturunan.

Memiliki risiko atau tidak, tentu tidak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara, terlebih mengenai kanker payudara stadium 1. Hal ini bertujuan sebagai antisipasi agar Anda tidak terlambat untuk mengobatinya. Ciri – ciri kanker payudara stadium 1 di antaranya:

1. Munculnya Benjolan pada Payudara

Benjolan pada payudara yaitu salah satu tanda awal munculnya kanker payudara. Benjolan ini tidak senantiasa terasa sakit. Meski demikian, tidak semua benjolan yang timbul pada payudara bersifat kanker. Benjolan ini bisa teraba saat Anda melaksanakan pemeriksaan pribadi di rumah.

2. Warna Kulit Payudara Berubah

Perubahan warna ini seringkali disalahartikan dengan infeksi. Meskipun begitu, seandainya Anda tidak yakin dengan benjolan yang timbul di dalam payudara, perubahan warna kulit sudah cukup untuk membuat Anda lebih waspada.

Pada tahap ini, tekstur dan warna kulit seperti kulit jeruk, serta kulit payudara akan menjadi kemerahan seperti terjadi iritasi. Selain itu, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker nampak berlekuk-lekuk, serta terjadi penebalan kulit.

ciri ciri kanker payudara

Sumber: https://www.winnetnews.com

3. Puting Terasa Sakit

Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 1 lainnya yaitu dengan munculnya perubahan pada bagian puting, misalnya puting mengeras atau nyeri pada puting. Mungkin juga keluar cairan tak normal dari puting atau puting melesak ke dalam.

4. Timbul Benjolan pada Ketiak

Meskipun disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan di bawah ketiak yang Anda temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas sampai di bawah ketiak. Inilah mengapa kanker bisa menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Cobalah untuk rajin melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulan, guna mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas. Anda dapat mengetahui kejanggalan pada payudara dan bisa diperiksakan sedini mungkin dengan rajin melakukan SADARI. Hal tersebut juga dapat membantu Anda mengenali tekstur jaringan payudara sendiri.

Pemeriksaan dini pada kanker payudara meliputi pemeriksaan fisik payudara ke dokter, serta USG payudara atau mammografi. Waktu terbaik melaksanakan SADARI yaitu seminggu setelah menstruasi berakhir. Kanker payudara tidak kalah mematikannya dengan kanker servik.

Semakin cepat penyakit ini terdeteksi, maka semakin tinggi pula angka keberhasilan pengobatannya. Untuk mengurangi risiko kanker, dianjurkan agar Anda menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat, serta rutin melakukan SADARI.

Seandainya Anda merasa berpotensi terkena kanker payudara dikarenakan memiliki ibu atau saudara sedarah yang menderita kanker, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Rugi Jika Diabaikan. Check It!