Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Wajib Bunda Ketahui..

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama-Kehamilan menjadi peristiwa yang ditunggu-tunggu banyak wanita. Tetapi tidak jarang sebagian dari mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang hamil. Karena itu, ciri-ciri hamil 1 bulan jarang sekali disadari dan tidak jarang dikaitkan dengan keadaan kesehatan lainnya.

Perubahan bentuk tubuh dan gejala jasmani diasosiasikan dengan gangguan kesehatan. Sebagai contoh, terlambat haid bisa berkaitan dengan stres, mual dan muntah biasanya disebabkan masuk angin atau salah makan, atau kelelahan yang dikaitkan dengan kegiatan jasmani yang padat.

Tips yang mudah, untuk mengetahuiciri-ciri hamil  muda 1 minggu pertama  umumnya, wanita akan  jeli mengamati keadaan dan perubahan tubuh yang secara terus menerus. Bukankah tidak mungkin anda menyadari ciri-ciri hamil 2 minggu. Karena, sebagian perubahan tubuh dan psikologi terkadang membuat wanita merasa tidak nyaman. Tetapi, ketika anda terlalu sibuk bisa saja lebih cuek terhadap perubahan yang dialami.

Perubahan tubuh menjadi salah satu permasalahan yang yang kerap sekali membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Tetapi, anda tidak perlu khawatir, hal ini sangat biasa terjadi karena perubahan hormon selama kehamilan.

Berikut Ini Beberapa Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama , yang Wajib Bunda Ketahui..

1. Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu  Terasa Kram dan Muncul Bercak

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Mulai umur kehamilan 1 hingga 4 minggu, kram dan muncul bercak darah dapat muncul.  Keadaan bisa ini dianggap sebagai gejala anda pada saat  haid. Seperti yang kita ketahui, kontraksi rahim ketika darah haid akan keluar akan membuat perut menjadi keram.

Ditambah, dengan adanya bercak darah tak jarang jika kita menganggap seperti tetesan darah haid di hari-hari permulaan. Itu salah satu tanda, yang tidak disadari anda sedang mengalami hamil muda. Alasan mengapa bercak darah sering kita anggap darah haid? Jadi bengini penjelasanya, sel telur yang dibuahi akan mewujudkan blastocyst yang merupakan sel-sel berisi cairan yang akan berkembang menjadi organ tubuh bayi.

Seandainya anda merasakan perut kram plus muncul bercak darah, apalagi sudah terlambat haid, alangkah baiknya cek terlebih dahulu ke dokter. Hindari penggunaan obat tertentu, minum alkohol, dan merokok karena akan menyebabkan pendarahan hebat.

2. Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Payudara Menjadi Bengkak

Salah satu pertanda paling umum pada saat awal kehamilan. Payudara terisi untuk mempersiapkan ASI ketika bunda menyusui sesudah melahirkan. Selain bengkak, payudra menjadi sangat lunak dan sensitif. Sangat disayangkan, salah satu pertanda jelang haid yaitu payudara yang bengkak pun nyeri.

Sehingga, sebagian perempuan tidak jarang menganggap dia akan haid. Walaupun, payudaranya membengkak karena sedang ada janin di rahim. “Tak semua wanita mengalami perubahan ini, terutamanya apabila memakai pil KB,” ujar spesialis laktasi, Teresa Pitman.

BACA JUGA : Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil, Agar Tetap Sehat dan Cantik

3. Aerola menghitam

Bagi sebagian wanita, perubahan hormon ketika hamil bisa menyebabkan daerah puting susu atau aerola menghitam lebih lebar.

Hal ini dikarenakan tanggapan tubuh untuk mempersiapkan produksi ASI ketika anda menyusui sesudah melahirkan si kecil nantinya.

Jadi, jangankhawatir apabila perlahan aerola terlihat lebih hitam dari lazimnya ya, Bunda.

4. Tak membuang air kecil dan konstipasi

Ketika hamil, rahim akan menekan kandung kemih yang bisa membuat anda beser atau lebih tak jarang membuang air kecil. Sering beser bisa disebabkan karena banyak minum atau udara yang dingin.

Selain itu, tekanan dan perubahan pada usus juga dapat menyebabkan ambeien. Nah, ambeien ini bisa saja disangka adanya gangguan pencernaan yang membuat anda susah membuang air besar (BAB).  Hal ini merupakan ciri-ciri hamil 1 bulan.

5. Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Akan Sering  Mengalami Kelelahan

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Faktanya, kelelahan merupakan salah satu pertanda kehamilan pada minggu-minggu pertama. Karena itu, butuh banyak kekuatan untuk menjaga janin supaya tetap aman.

Namun lagi-lagi, karena tidak ngeh, perempuan dapat mengira dia kelelahan karena kegiatan jasmani yang padat.

6. Merasa mual

Mual bisa dikarenakan hormon yang meningkat pada saat hamil atau Human chorionic gonadotropin (hCG). Sekitar 80% wanita merasakan morning sickness di permulaan kehamilan.

Ketika wanita tidak sadar yang dia alami ciri-ciri hamil, masuk angin atau kelelahan pun dapat disangka penyebab mual yang kadang disertai muntah.

Maka dari itu, apabila anda merasa mual dan muntah selama berhari-hari, ada baiknya segera periksa ke dokter dengan tujuan  memutuskan penyebabnya. Apakah gangguan pencernaan atau pertanda hamil.

7. Tak penciuman sensitif

Pada saat hamil wanita akan memiliki indra penciuman yang tajam. Maka dari itu jarang kita lihat, tiba-tiba sebagian perempuan sensitif banget dengan bau parfum atau makanan tertentu. Peneliti berspekulasi apabila ibu hamil alangkah baiknya menghindari makanan yang berbau menyengat supaya rasa tidak nyaman ibu dapat berkurang.

8. Tak berfantasi

Selama hamil, intensitas mimpi wanita meningkat. Karena, mimpi yang dialami lebih dramatis, bisa menjadi ciri-ciri pertanda kehamilan.

Mimpi ketika hamil juga bisa dikarenakan perasaan si wanita. Hingga perubahan hormon, terkadang mimpi ibu hamil sangat terasa kongkrit. Makanya, sebagian ibu hamil mengaku bisa mudah mengingat mimpinya yang dialami dengan lebih terang.

9. Ada rasa logam di mulut

Rasa logam di mulut dirasakan sebagian ibu hamil. Umumnya sekarang, belum ada penjelasan ilmiah tentang gejala ini.

Cara meredakan gejala ini, sebaiknya anda mengkonsumsi air es atau makanan manis untuk meredam mulut berasa logam. Mulut rasa logam ini akan berkurang seiring bertambahnya umur kehamilan.

10. Perubahan mood

Perubahan mood atau perubahan emosional yang sering terjadi pada saat hamil. Hal ini sangat wajar terjadi ya. Karena, hormon yang berfluktuasi juga berimbas pada keadaan psikis ibu hamil. Nah, perubahan mood ini sering dikatikan dengan PMS atau biasa disebut premenstual syndrome. Sehingga, lagi-lagi ibu hamil bisa keliru menyangkanya sebagai PMS.

11. Pusing dan seperti ingin pingsan

Terjadinya perubahan hormon, ditambah denyut jantung meningkat untuk memompa darah dapat menyebabkan tekanan darah menurun.

Ketika wujud embiro pada rahim, sudah pasti lebih banyak darah dibutuhkan untuk pertumbuhan embrio yang nantinya akan menjadi janin kemudian bayi. Itulah alasan mengapa ibu hamil sering merasa ingin pingsan pada awal  kehamilan yang didahului dengan rasa pusing berlebih.

12. Sakit kepala

Frekuensi migrain akan meningkat selama kehamilan. Banyak wanita mengalami sakit kepala hormonal di permulaan kehamilan.

Tetapi, sebagian wanita yang dikenal rupanya hamil setelah melakukan pemeriksaan, melaporkan apabila migrain yang dialami ketika hamil hilang menjelang lahiran. Mirgrain disebabkan karena meningkatnya jumlah darah lebih banyak dialirkan ke tubuh, termasuk kepala hingga menimbulkan tekanan di kranial.

13. Tak merasa lapar

Tubuh ibu hamil butuh tambahan 200 kalori per hari di permulaan kehamilan. Makanya, tidak heran apabila salah satu permasalahan ibu hamil merupakan merasa mudah lapar. Lagi-lagi, meningkatnya nafsu makan dapat dikaitkan dengan PMS atau premenstrual syndrome.

Pada saat janin di rahim, kerja sama berbagi kelenjar dan organ, otak memerintahkan tubuh untuk mengaktifkan hormon lapar karena makanan yang dikonsumsi ibu turut dialirkan ke janin.

14. Telat haid

Telat haid bisa menjadi indikator kehamilan, namun tidak berarti sudah ada janin di tubuh anda. Stres dan diet bisa menjadi pemicu terlambat haid.

Demikian ciri ciri hamil muda 1 minggu pertama, pahami lebih betul yaa, Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga akhir.