Ciri Ciri Cabai

Posted on

Buah cabai merupakan salah satu bahan makanan yang populer di Indonesia. Tidak hanya sebagai bahan tambahan pelengkap rasa pedas pada masakan, buah cabai juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Tak heran memang, jika ada banyak jenis buah cabai yang bermunculan di pasaran. Berikut adalah 20+ jenis cabai yang terpopuler di Indonesia.

Cabai Merah Keriting

Cabai Merah Keriting

Cabai ini memiliki bentuk yang seperti keriting. Memiliki cita rasa yang sangat pedas dan juga cukup parfum. Cocok untuk digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan khas Indonesia seperti nasi goreng atau sambal.

Cabai Rawit

Cabai Rawit

Cabai yang satu ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Dengan ukuran yang sangat kecil, cabai rawit ini memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan cabai merah biasa. Cocok untuk digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan pecel atau sambal.

Cabai Holland

Cabai Holland

Cabai holland merupakan jenis cabai yang memiliki bentuk yang sedikit menggumpal dan bentuknya seperti kantong. Memiliki rasa yang sangat pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan sate atau sambal goreng.

Cabai Hijau

Cabai Hijau

Cabai hijau atau cabai mentah merupakan jenis cabai yang sudah matang tetapi dimanfaatkan sebelum berwarna merah. Memiliki cita rasa yang pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan sayur atau tumis.

Baca juga  Stek Batang Kentang

Cabai Banyuwangi

Cabai Banyuwangi

Cabai yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan cabai rawit tetapi memiliki ukuran yang lebih besar. Memiliki rasa yang sangat pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan ayam atau sambal gulai.

Cabai Jawa

Cabai Jawa

Jenis cabai jawa ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan cabai rawit tetapi memiliki bentuk yang lebih kecil dari pada cabai holland. Cabai ini memiliki rasa yang pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan sayur.

Cabai Laos

Cabai Laos

Cabai laos juga dikenal dengan nama cabai keriting. Memiliki ukuran yang sangat kecil dan bentuknya yang keriting cocok digunakan untuk tambahan pada masakan seperti sate atau sambal.

Cabai Papua

Cabai Papua

Jenis cabai ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari pada cabai merah. Memiliki rasa yang sangat pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan ikan atau daging.

Cabai Kriting

Cabai Kriting

Cabai yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit menggumpal dan keriting. Memiliki rasa yang sangat pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan sayur atau sambal goreng.

Cabai Montok

Cabai Montok

Memiliki ukuran yang besar dengan rasa yang sangat pedas. Cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan seperti sup atau sambal goreng.

Cabai Keriting

Cabai Keriting

Cabai keriting memiliki bentuk yang seperti padat dan banyak lipatan. Memiliki cita rasa yang cukup pedas. Cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan seperti sayur atau sambal.

Cabai Domba

Cabai Domba

Cabai domba memiliki ukuran yang sangat kecil. Memiliki rasa yang pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan seperti sayur atau sambal. Selain itu, cabai ini juga sangat populer sebagai bahan tambahan pada masakan mi ayam.

Baca juga  Sawi Kartun

Cabai Kecil

Cabai Kecil

Jenis cabai ini memiliki ukuran yang paling kecil di antara jenis cabai lainnya. Memiliki rasa yang sangat pedas dan cocok digunakan sebagai tumbukan sambal dengan bahan baku kacang atau terasi.

Cabai Gendot

Cabai Gendot

Cabai gendot merupakan jenis cabai yang paling populer di kalangan pecinta cabe. Memiliki bentuk yang seperti tepat dengan ujungnya yang mirip dengan telinga babi. Cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan seperti soto atau sambal ikan.

Cabai Lada

Cabai Lada

Jenis cabai ini memiliki bentuk yang lurus dengan panjang sekitar 5-7 cm. Memiliki rasa yang cukup pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan sayur atau sambal goreng.

Cabai Siam

Cabai Siam

Cabai siam memiliki bentuk yang cukup besar dengan daging yang tebal dan memiliki rasa yang sangat pedas. Cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan seperti sayur atau sambal goreng.

Cabai Krawi

Cabai Krawi

Jenis cabai ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan cabai merah biasa. Memiliki cita rasa yang cukup pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan sayur atau sambal.

Cabai Cobra

Cabai Cobra

Cabai cobra memiliki bentuk yang seperti pedang dengan panjang sekitar 5-8 cm. Memiliki cita rasa yang sangat pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan ayam atau sambal goreng.

Cabai Idaman

Cabai Idaman

Jenis cabai ini termasuk ke dalam cabai hibrida yang dihasilkan dari gabungan beberapa jenis cabai. Memiliki rasa yang cukup pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada berbagai macam masakan.

Cabai Mandala

Cabai Mandala

Jenis cabai mandala memiliki bentuk bulat dengan ujung yang sedikit meruncing. Memiliki rasa yang cukup pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan sayur atau sambal.

Baca juga  Manfaat Sawi Pagoda

Cabai Peperoni

Cabai Peperoni

Cabai peperoni memiliki bentuk bulat dengan diameter sekitar 5-7 cm. Memiliki rasa yang pedas dan cocok digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan seperti pizza atau pasta.

Itulah beberapa jenis cabai yang populer di Indonesia. Dari sekian banyak jenis cabe, manakah yang menjadi favorit anda?

Temukan postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *