Ciri Ciri Buncis

Posted on

Ini adalah artikel tentang budidaya buncis, sayuran yang populer di Asia. Buncis adalah merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah dibudidayakan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buncis

Buncis kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C. Baik untuk pencernaan, mengurangi risiko kanker, membantu menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buncis juga rendah kalori sehingga cocok untuk mereka yang sedang dalam program diet.

gambar buncis

Cara Menanam Buncis

Buncis dapat ditanam di lahan yang subur dan kaya akan humus. Agar tanaman buncis tumbuh baik, pastikan pemberian air dan pupuk teratur.

Langkah pertama dalam menanam buncis adalah menyiapkan biji buncis. Biasakan menggunakan biji yang benar-benar segar dan hasil yang dikumpulkan sendiri.

Setelah itu, siapkan lahan yang akan ditanami buncis. Bersihkan lahan dari gulma dan sampah lain. Setelah itu, lubangi lahan sekitar 2-3 cm dan letakkan biji buncis di setiap lubang. Tutup lubang dengan tanah yang sudah dipadatkan, kemudian siram dengan air secukupnya.

Lakukan penyiraman pada tanaman buncis sehari sekali pada pagi atau sore hari. Jangan terlalu banyak memberikan air agar tidak mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Masa Panen Buncis

Buncis biasanya siap untuk dipanen setelah 40-60 hari. Ciri-ciri buncis yang siap panen adalah tampak segar, berisi, dan warnanya cerah.

Jika buncis sudah siap untuk dipanen, potong tangkai tanaman dengan pisau yang tajam. Pastikan potongan tidak terlalu besar agar tidak merusak tanaman. Setelah itu, bersihkan indeks panen dari daun dan larikkan buah.

Baca juga  Kajian Teori Kentang

Cara Menyimpan Buncis

Setelah panen, buncis dapat disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari. Agar buncis bertahan lebih lama, dapat diubah menjadi sayuran kalengan atau dipekatkan menjadi saus. Buncis yang sudah kalengan dapat tahan hingga 2 tahun dalam suhu ruangan.

Itulah sedikit informasi mengenai budidaya buncis. Jadilah petani yang pandai dan mulailah budidaya sayur di pekarangan rumah. Selamat mencoba!

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *