Ciri Ciri Biji Jagung

Posted on

Jagung manis memang salah satu jenis olahan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang manis dan segar, jagung manis juga mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun supermarket modern. Namun, bagi sebagian orang, memilih jagung manis berkualitas bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Berikut ini adalah ciri-ciri jagung manis berkualitas yang bisa menjadi acuan bagi kalian yang ingin membelinya:

Kulit Luar yang Bersih

Jagung manis berkualitas

Ciri-ciri jagung manis berkualitas yang pertama adalah kulit luar yang bersih dan utuh. Ketika membeli jagung manis, pastikan tidak ada bagian kulit yang lepas atau berserpih. Proses pengelupasan tersebut bisa mengakibatkan jagung menjadi mudah rusak dan tidak awet. Selain itu, kulit luar yang bersih juga menandakan bahwa jagung tersebut terjaga kebersihannya.

Bentuk Bulir yang Penuh dan Menyatu

Bentuk bulir jagung manis berkualitas

Ciri-ciri jagung manis berkualitas yang kedua adalah bentuk bulir yang penuh dan menyatu. Jagung manis berkualitas memiliki bentuk bulir yang bulat dan penuh. Ketika membeli jagung manis, perhatikan apakah bulir jagung berwarna kuning cerah dan penuh. Jangan memilih jagung manis yang bulirnya kosong atau terlihat mengering.

Kadar Air yang Tepat

Kadar air pada jagung manis berkualitas

Ciri-ciri jagung manis berkualitas yang ketiga adalah kadar air yang tepat. Jagung manis berkualitas memiliki kadar air yang rendah. Kadar air yang terlalu tinggi bisa membuat jagung cepat busuk dan tidak awet. Sebaliknya, kadar air yang terlalu rendah juga bisa membuat jagung menjadi mudah kering dan tidak segar lagi. Cobalah untuk memilih jagung manis yang masih terlihat segar dan tidak terlihat mengkerut pada kulit luar maupun dalam bulir jagung.

Baca juga  Kumbang Jagung

Tidak Bermutu Buruk

Jagung manis berkualitas yang tidak bermutu buruk

Ciri-ciri jagung manis berkualitas yang keempat adalah tidak bermutu buruk. Jagung manis yang bermutu buruk adalah jagung yang keriput, kehitaman, atau terlihat coklat. Jagung yang seperti ini sudah tidak layak dikonsumsi lagi karena sudah terlalu busuk. Hindari memilih jagung seperti ini, meskipun harganya lebih murah dari jagung yang berkualitas karena akan berakibat buruk pada kesehatan Anda.

Beraroma Wangi

Aroma wangi pada jagung manis berkualitas

Ciri-ciri jagung manis berkualitas yang kelima adalah beraroma wangi. Jagung manis yang berkualitas memiliki aroma yang wangi dan segar. Hal ini menandakan bahwa jagung tersebut masih dalam kondisi yang baik. Namun, jangan bingung antara aroma jagung dengan bau jagung yang sudah terlalu basi atau busuk, ya. Cobalah mencium aroma jagung secara perlahan agar Anda bisa membedakan aroma segar dari aroma yang sudah tidak wangi.

Itulah beberapa ciri-ciri jagung manis berkualitas yang bisa menjadi acuan bagi kalian yang ingin membeli. Selain memperhatikan kualitas jagung, pastikan juga untuk mencuci jagung secara bersih sebelum dimasak dan jangan biarkan jagung terlalu lama sebelum diolah. Dengan memilih jagung manis berkualitas, Anda bisa menikmati sensasi manis segar pada olahan makanan yang Anda buat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *