Ciri Ciri Ayam Bangkok Pukul Saraf

Posted on

Gila betul ya, ada yang nyuruh kasih cacing tanah ke ayam aduan biar pukulannya makin keras. Soalnya katanya cacing tanah itu bagus banget buat ngasih kekuatan ke ayam-ayam kita.

Ayam-ayam Ngompol?

Gambar ayam super KO

Masih inget ga ya pas di film “Kung Fu Panda” ada adegan Mantis nyuruh Po makan cacingan buat kasih kekuatan?

Nah pas aku denger kabar kalo ada yang kasih cacing tanah ke ayam aduan, langsung kepikiran ke adegan itu. Kayaknya kalo ayam kita makan cacing, pasti bakal jadi ayam super juga ya!

Seriusan?

Gambar cacing tanah

Tapi sebenernya seriusan ga sih kalo cacing tanah beneran bisa ngasih kekuatan ke ayam aduan kita?

Kalau kita liat dari segi gizi, cacing tanah memang kaya akan asam amino esensial yang bisa ngebantu proses pembentukan otot. Tapi itu masih bisa diperoleh dari sumber protein lainnya seperti telur, ikan, atau ayam jago kita sendiri. Jadi sebenernya ga ada bukti ilmiah yang jelas kalau cacing tanah emang bisa bikin ayam kita jadi lebih kuat dari biasanya.

Kalo Gitu Buat Apa?

Tapi kan kalo ada yang kasih cacing tanah ke ayam aduan mereka, pasti mereka ngelakuin itu bukan tanpa alasan ya?

Biasanya kalo ada orang yang ngasih cacing tanah ke ayam aduannya, tujuannya lebih ke mengatasi masalah kesehatan ayam kita. Misalnya kalo ayam kita lagi ngompol, kena flu, atau kebakaran jenggot, biasanya yang dilakuin adalah membenamkan ayam kita ke dalam karung berisi cacing tanah.

Baca juga  Ayam Gila

Proses membenamkan ayam kita ke dalam karung berisi cacing ini bertujuan agar cacing bisa ngebantu mengatasi masalah kesehatan ayam kita dengan cara menyerap racun atau bakteri yang bisa ngelukain ayam kita.

Jangan Ngompol Lagi

Gambar ayam mandi

Tapi ada yang bilang kalo membenamkan ayam kita ke dalam karung cacing tanah juga bisa ngurangin kebiasaan ayam kita untuk ngompol. Karena ayam yang udah ngompol biasanya tapi enggan untuk mandi, jadi kalo ditaruh di karung cacing, pasti bakal panik dan mandi sendiri agar cacing yang nempel di bulunya bisa dibersihkan.

Tapi ya itu tadi, efek cacing tanah ke ayam kita sampe sekarang masih belum jelas. Mending kita fokus ke sumber protein lainnya aja, biar ayam kita tetep sehat dan kuat!

Kalo Ada Darah?

Gambar telur

Terus gimana kalo ayam kita kecelakaan atau cedera pas lagi di arena adu? Ada yang bilang kalau ayam kita lagi kritis dan butuh kekuatan lebih, kita bisa kasih telur ayam mentah buat dimakan.

Biasanya telur ayam mentah ini bakal dicampur minyak kayu putih atau minyak kelapa biar rasanya lebih nikmat dan lebih gampang dicerna. Pas diaduk, telur mentah ini juga bisa jadi obat untuk mengatasi cedera ringan seperti bengkak atau memar.

Sumber Protein Terbaik

Gambar ayam afkir

Tapi lagi-lagi, kita ga perlu terlalu berlebihan dalam memberikan telur atau bahan makanan lainnya pada ayam aduan kita. Sebisa mungkin kita kasih mereka makanan yang kualitasnya baik dan cukup sebagai sumber protein mereka.

Bisa jadi ayam afkir atau ayam yang sudah tua-tua itu malah lebih bagus sebagai sumber protein untuk ayam aduan kita. Selain harganya yang relatif lebih murah, ayam afkir juga lebih matang dalam hal proses metabolisme protein, sehingga bisa memperkuat otot ayam kita.

Baca juga  Afkir Ayam Adalah

Jadi, daripada kita terlalu fokus pada gimana cara kasih cacing tanah atau telur mentah ke ayam aduan kita, mending kita perhatikan kualitas makanannya aja. Sehat dan teratur makanannya, jangan kebanyakan ngemomongin, nanti bukan ayam aduan kita yang jadi kuat, malah kita sendiri yang jadi obesitas.

Baca tulisan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *