Ciri Ayam Petelur

Posted on

Apakah Anda seorang peternak ayam petelur? Tentu saja, sebagai peternak, Anda ingin memilih DOC (day old chick) yang berkualitas agar menghasilkan ayam petelur yang berkualitas juga. Nah, berikut ini adalah enam ciri DOC ayam petelur yang harus Anda ketahui!

Ciri Fisik

DOC Ayam Petelur

Untuk memilih DOC ayam petelur yang berkualitas, pertama-tama ada baiknya kita mengamati ciri fisiknya. DOC berkualitas biasanya memiliki bentuk tubuh yang sehat dan proporsional, serta terlihat aktif dan bersemangat. Selain itu, perhatikan juga pada bagian kaki, mata, dan paruhnya yang harus terlihat bersih dan sehat.

Warna Kulit

Warna Kulit DOC Ayam Petelur

Ciri lainnya yang harus diperhatikan adalah warna kulit DOC. Ayam petelur yang berkualitas biasanya memiliki warna kulit yang terlihat sehat dan berwarna merah muda. Jangan memilih DOC dengan kulit yang terlihat kusam atau pucat, karena bisa jadi itu merupakan tanda bahwa DOC tersebut kurang sehat atau tidak berkualitas.

Bentuk Kaki dan Jari-jari

Bentuk Kaki dan Jari-jari DOC Ayam Petelur

Perhatikan juga bentuk kaki dan jari-jari DOC ayam petelur yang hendak Anda pilih. DOC berkualitas biasanya memiliki kaki yang sehat dan proporsional, serta tidak terlalu kurus atau terlalu besar. Pastikan juga jari-jari DOC tidak bengkok atau cacat.

Sikap dan Gerakan

Sikap dan Gerakan DOC Ayam Petelur

DOC ayam petelur yang berkualitas biasanya memiliki sikap yang aktif, lincah dan gerakannya terkoordinir. Ketika dipindahkan ke dalam peternakan, DOC berkualitas akan beradaptasi dengan baik dengan lingkungan baru dan tidak terlalu mudah stres.

Tingkat Kematian

Tingkat Kematian DOC Ayam Petelur

Ciri lain yang mungkin perlu diperhatikan adalah tingkat kematian DOC ayam petelur di peternakan. Dalam satu kandang, sebaiknya tidak lebih dari 5% dari seluruh DOC yang mati. Jika ada lebih dari 5%, bisa jadi itu merupakan tanda kualitas DOC yang tidak baik atau perawatan yang tidak optimal.

Baca juga  Nasi Telur Dadar Sambal

Kualitas Pemakanan dan Minuman

Kualitas Pemakanan dan Minuman DOC Ayam Petelur

Perlu diperhatikan juga kualitas pakan dan minuman yang diberikan kepada DOC ayam petelur. Pastikan pakan dan minuman yang diberikan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan DOC. Jangan memberikan pakan atau minuman yang sudah kadaluarsa atau tidak layak konsumsi.

Nah, itulah enam ciri DOC ayam petelur yang harus Anda ketahui. Ingatlah bahwa memilih DOC yang berkualitas sangat penting untuk menghasilkan ayam petelur yang sehat dan berkualitas. Semoga tips di atas bisa membantu Anda dalam memilih DOC ayam petelur yang berkualitas.

Baca artikel lainnya tentang Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *