Cara Penggunaan Lidah Buaya untuk Wajah

cara penggunaan lidah buaya untuk wajah

cara penggunaan lidah buaya untuk wajah

Cara Penggunaan Lidah Buaya untuk Wajah – Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai banyak sekali manfaat, baik itu untuk kecantikan, hingga kesehatan tubuh.

Dilengkapi dengan adanya kandungan mineral, antioksidan, vitamin E, vitamin C, asam folat, dan masih banyak kandungan alami lainnya, membuat lidah buaya menjadi tanaman yang dapat diandalkan bagi banyak orang. Bahkan, tanaman ini sangat aman diterapkan pada kulit jenis apapun, sehingga tak memunculkan efek samping ataupun iritasi.

Lidah buaya atau yang biasa disebut dengan aloevera adalah tanaman yang memiliki bentuk daun menyerupai lidah hewan buaya, serta terdapat duri di bagian tepiannya. Tak hanya mampu mengatasi berbagai masalah kulit, nyatanya tanaman satu ini juga dapat menuntaskan berbagai gangguan kesehatan seperti mampu menyembuhkan luka bakar, menyembuhkan gejala demaam hinga batuk dan masih banyak lagi.

Walaupun tanaman ini memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatan serta kecantikan, nyatanya masih banyak juga yang belum tahu bagaimana cara mengaplikasikannya, terutama untuk kecantikan wajah. Nah, agar tak salah langkah dalam pengaplikasiannya, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA : Obat Sakit Telinga Berdenyut Sebelah Kanan

Cara Penggunaan Lidah Buaya untuk Kecantikan Wajah

cara penggunaan lidah buaya untuk wajah
Sumber : https://cdn.idntimes.com/
1. Potong Aloevera

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan dan memilih batang aloevera yang hendak diaplikasikan untuk wajah, pilihlah batang yang sudah tua, dan memiliki banyak daging. Setelahnya potong batangnya menjadi beberapa bagian.

2. Kupas Kulitnya Terlebih Dahulu

Setelah selesai memotong batang lidah buaya menjadi beberapa bagian,  langkah selanjutnya ialah Anda harus mengupas kulitnya, kupas seluruh kulit dan buang duri yang menempel pada bagian tepian daunnya.

Setelah selesai mengupas, pastikan Anda mencucinya terlebih dahulu pada air mengalir, hal ini bertujuan agar lidah buaya bersih dan agar gel-nya tak bercampur dengan tanah atau kotoran lainnya.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

3. Potong Menjadi Kecil-Kecil

Langkah selanjutnya untuk cara penggunaan lidah buaya untuk wajah ialah dengan memotong bagian yang sudah dikupas menjadi bagian yang lebih kecil, hal ini supaya memudahkan Anda saat akan mengambil gel dari buahnya.

4. Ambil Lendir Atau Gelnya
cara penggunaan lidah buaya untuk wajah
Sumber : https://d3hctp6gkh4e3f.cloudfront.net/

Nah langkah selanjutnya ialah langkah inti, Anda harus peras aloevera secara perlahan agar dapat mengambil lendir terbaik dalam tanaman ini. Anda dapat gunakan sendok dan mangkuk untuk menampung untuk mempermudah dalam proses ini.

5. Simpan Ke Dalam Lemari Es

Sesudah mengumpulkan gel lidah buaya cukup banyak, simpanlah gel tersebut ke dalam kulkas. Hal ini bertujuan supaya gel nya tetap segar dan agar tekstur gel menjadi lebih dingin, sehingga saat diaplikasikan Anda akan merasakan sensasi fresh pada kulit wajah.

BACA JUGA : Cara Minum Madu yang Benar

6. Aplikasikan Gel Pada Seluruh Permukaan Wajah

Pengaplikasaian Aloevera gel ke waja ini tak boleh sembarangan, pertama-tama Anda harus cuci tangan menggunakan sabun sebelum menyentuh wajah. Kemudian bersihkan wajah Anda dari kotoran yang menempel mmenggunakan micellar water. Lantas aplikasikan gel pada seluruh permukaan wajahmu sembari memijat kulit wajah secara perlahan dan lembut. Diamkan agar gel lidah buaya meresap sepenuhnya hingga kebagian kulit terdalam, selama kurang lebih 15 menit.

7. Bilas Wajah Sampai Bersih
Sumber : https://nawacitapost.com/

Terakhir, bilas bagian wajah dengan menggunakan air mengalir, setelahnya pakai pelembab seperti moisturizer agar hasil yang didapatkan makin maksimal.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau

Bagaimana sangat mudah sekali kan cara penggunaan lidah buaya untuk wajah agar dapat mendapatkan manfaat sepenuhnya. Jika seandainya malas untuk membuatnya sendiri, Anda dapat membeli gel lidah buaya yang sudah jadi dan dalam kemasan prodak, sebab sekarang inii banyak brand kecantikan yang telah memasarkannya.