6 Cara mudah membersihkan dan menjaga kesehatan hati

Kesehatan, Tips
cara menjaga kesehatan hati
image from well-beingsecrets.com

Cara mudah membersihkan dan menjaga kesehatan hati agar tetap dapat bekerja dengan baik. Salah satu fungsi terpenting hati kita adalah membuang racun dan limbah yang tidak diinginkan yang berasal dari metabolisme, makanan, dan proses lainnya di dalam tubuh kita. Hampir setiap hari tubuh kita terkena racun dari makanan ataupun polusi yang kita hirup, sehingga pembersihan perlu dilakukan. Mengingat hati merupakan organ yang bertanggung jawab untuk membersihkan racun dari dalam tubuh maka menjaganya tetap sehat sangatlah penting sekali.

Sebenarnya, hati bertanggung jawab untuk hampir 500 fungsi yang berbeda, yang membuatnya menjadi organ yang bekerja keras.

 

Fungsi utama organ hati

Beberapa fungsi penting yang dilakukan oleh organ hati kita adalah:

  • Menghasilkan empedu, yang memungkinkan Anda untuk memecah lemak selama proses pencernaan.
  • Menghilangkan sel darah merah yang mati atau rusak.
  • Menciptakan bahan kimia tertentu yang untuk proses pembekuan darah.
  • Menyeimbangkan nutrisi makro dalam darah, sehingga Anda akan memiliki kadar gula, lemak, dan protein yang seimbang.
  • Meningkatkan penyerapan nutrisi dengan cara memproses nutrisi dari usus.
  • Menghilangkan racun dari dalam darah Anda, terutama amonia, bilirubin dsb.
  • Menyimpan mineral dan nutrisi penting lainnya.
  • Mensintesis protein dan kolesterol yang dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh.
  • Mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh alkohol.

 

Cara menjaga kesehatan hati

Diantara cara menjaga agar hati kita tetap sehat adalah dengan membersihkannya dari racun yang didapat saat proses pembersihan tubuh. Melakukan pembersihan hati dapat membantu meningkatkan metabolisme secara keseluruhan. Berikut cara membersihkan organ hati secara alami:

1. Ubah pola makan Anda

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula, bahan olahan, lemak Trans, minyak tidak sehat, dan makanan berpengawet akan membuat hati bekerja lebih keras daripada biasanya. Jadi, untuk meringankan kerja hati maka Anda perlu mengurangi beberapa makanan di atas. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi utama organ hati adalah memecah lemak menjadi energi yang akan digunakan oleh tubuh. Saat tubuh anda terlalu banyak mendapatkan lemak yang tidak sehat seperti lemak trans maka kerja hati akan semakin berat.

2. Membuat jus sayuran

Mengkonsumsi berbagai macam jenis sayuran secara langsung akan sedikit menyulitkan Anda. Padahal anda setiap harinya dituntut untuk mengkonsumsi sayuran segar supaya organ hati dapat bekerja dengan baik. Untuk itu, cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat beberapa jenis sayuran menjadi jus. Beberapa jenis sayuran seperti bayam, brokoli, kubis dan wortel merupakan yang paling baik dalam hal menghilangkan racun di hati.

Sayuran berfungsi sebagai agen penurun kadar asam dalam sistem pencernaan sehingga akan meningkatkan penyerapan mineral dan vitamin yang dibutuhkan. Selain itu, sayuran juga mengandung tinggi serat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan Anda sehat, maka kemampuan tubuh dalam membuang racun juga bisa maksimal.

3. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Diantara langkah yang terpenting untuk menjaga kesehatan hati dan membersihkannya dari racun adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air yang kita konsumsi dapat mendorong hati untuk menyaring dan memproses darah lebih sering. Itu artinya, kemampuan hati dalam menghilangkan racun dari makanan dan obat-obatan menjadi lebih maksimal. Anda disarankan untuk minum setidaknya 8 sampai 9 gelas air setiap harinya untuk menjaga hati tetap sehat dan terbebas dari racun.

4. Mencukupi kebutuhan kalium harian

Kalium merupakan mineral yang sangat penting sekali, diantara salah satu fungsinya adalah membantu membersihkan hati secara alami. Selain itu, kalium juga berguna menurunkan kolesterol sekaligus meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular Anda secara keseluruhan. Ada begitu banyak makanan yang menjadi sumber kalium seperti beberapa jenis buah dan sayuran termasuk pisang, bayam dan buah bit.

Jika anda kesulitan mendapatkan kalium dari makanan, maka mengambil suplemen kalium bisa menjadi pilihan. Meskipun demikian, sumber kalium dari makanan masih menjadi pilihan terbaik karena selain aman juga akan mengurangi resiko kelebihan dosis. Karena alih-alih membersihkan hati, kelebihan kalium justru akan membahayakan kesehatan.

5. Cukupi kebutuhan Zinc

Diantara mineral lain yang cukup baik untuk membersihkan organ hati adalah zinc. Zinc sangat efektif dalam menyiram alkohol. Hal ini sangat berguna terutama bagi mereka yang terkena dampak buruk dari penyalahgunaan minuman beralkohol. Dengan mengambil suplemen atau makanan yang mengandung tinggi zinc maka kerja hati akan menjadi lebih ringan yang pada gilirannya akan menjaganya tetap sehat secara alami.

6. Mengambil suplemen khusus

Beberapa jenis suplemen dapat digunakan untuk membersihkan hati dari racun dan membuatnya tetap sehat. Pastikan anda membaca semua label dari suplemen yang akan anda konsumsi untuk menghindari efek samping lebih lanjut. Jika anda dapat memaksimalkan cara alami maka mengambil suplemen untuk membersihkan hati tidak perlu untuk dilakukan. Karena setiap suplemen biasanya memiliki efek samping yang terkadang cukup mengganggu.

 

Makanan untuk membersihkan hati

1. Jeruk bali merah

Diantara makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan hati sekaligus membersihkannya dari racun adalah jeruk bali merah. Jeruk bali merah sangat baik dikonsumsi terutama di pagi hari untuk menyelesaikan sistem pencernaan anda dari limbah. Selain berguna membersihkan sistem pencernaan, jeruk bali merah juga berguna membersihkan hati dari bahan kimia berbahaya.

2. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Dari kandungan antioksidannya tersebut sudah bisa ditebak jika teh hijau memiliki banyak manfaat terutama untuk membersihkan hati. Dengan banyak mengkonsumsi teh hijau maka anda akan membantu meringankan kerja hati. Mengkonsumsi teh hijau tanpa gula di pagi hari dapat membantu anda menjaga kesehatan hati.

3. Buah apel

Apel merupakan buah yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan juga beberapa unsur kimia penting yang bermanfaat membersihkan berbagai macam organ di dalam tubuh. Karena kemampuannya tersebut, maka mengkonsumsi buah apel secara rutin akan mengurangi beban hati dalam mengeluarkan racun. Hal ini tentunya akan memberikan efek positif untuk kesehatan hati.

4. Buah lemon

Lemon dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan penting lainnya. Kandungannya tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Jika organ hati Anda sehat, maka kinerjanya dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh akan berjalan maksimal. Mengkonsumsi air yang dicampur dengan buah lemon di pagi hari akan membantu anda membersihkan organ hati dari racun.

 

Kerusakan pada organ hati

Diantara penyakit yang cukup terkenal yang diakibatkan oleh kerusakan hati adalah sirosis. Penyakit ini bisa terjadi saat sel hati yang sehat digantikan dengan jaringan parut. Penyakit sirosis akan mengurangi kemampuan hati dalam melakukan semua tugasnya. Beberapa penyebab penyakit sirosis hati diantaranya:

  • Overdosis obat tertentu, termasuk penggunaan obat penghilang rasa sakit (NSAID) secara berlebihan.
  • Penyakit seperti Hepatitis C kronis atau B.
  • Kekurangan gizi kronis.
  • Terlali banyak mengkonsumsi kerang mentah.
  • Mengkonsumsi jamur liar yang beracun.
  • Mengkonsumsi makanan yang tercemar bahan kimia berbahaya.
  • Mengkonsumsi alkohol.
  • Kondisi genetik tertentu termasuk hemochromatosis, penyakit Wilson, dan defisiensi alpha-1-antitrypsin.
  • Penyakit gagal jantung kronis yang disertai dengan tidak maksimalnya fungsi hati.

Demikian tadi informasi mengenai tips dan cara membersihkan sekaligus menjaga kesehatan hati agar dapat berfungsi dengan baik.