Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih Dan Sehat

Posted on

Bagaimana Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih Dan Sehat – Salah satu alat indera manusia yang harus dijaga dan diperhatikan adalah telinga. Kemampuan telinga berbanding terbalik dengan usia seseorang. Semakin bertambah usia seseorang, semakin menurun pula kemampuan mendengar telinga seseorang. Maka dari itu, Menjaga Kesehatan Telinga sedini mungkin sangatlah disarankan. Beberapa tips sederhana berikut bisa Anda lakukan sebagai upaya menjaga telinga Anda.

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih Dan Sehat

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih Dan Sehat

Berikut ini Caraprofesor.com telah  menulis rangkuman  tentang Bagaimana cara merawat telingan agar tetap bersih dan sehat  dari berbagai sumber yang bisa anda baca, semoga bisa menambah wawasan anda dalam perawatan telinga. yuk langsung saja kita bahas satu per satu.

Bersihkan telinga dengan cara yang benar

Membersihkan telinga dengan cara yang benar adalah salah satu yang bisa Anda lakukan agar telinga tetap sehat. Apakah membersihkan telinga menggunakan cutton bud adalah cara yang benar? Ternyata anggapan tersebut kurang tepat, membersihkan telinga dengan menggunakan cutton bud, bukan membuat telinga Anda sehat melainkan sebaliknya. Memasukkan cutton bud ke dalam telinga dapat berisiko mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam ke rongga telinga, dan ditakutkan dapat merusak organ sensitif pada telinga seperti gendang telinga.

Telinga adalah salah satu organ tubuh yang mampu membersihkan dengan sendirinya. Di dalam telinga terdapat cairang lilin yang mampu mencegah debu dan kotoran berbahaya lainnya masuk ke dalam telinga. Cairan lilin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan telinga. Anda dapat membersihkan daerah sekitar rongga telinga dengan menggunakan handuk yang lembut atau jika memungkinkan bisa meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga Anda secara rutin.

Hindari suara keras/bising untuk melindungi telinga Anda

Fungsi telinga pada dasarnya memang untuk mendengar, tapi telinga mempunyai kapasitas tersendiri dalam mendengarkan suara. Tidak semua suara aman untuk di dengar oleh telinga. Suara yang terlalu keras dapat mengurangi kemampuan mendengar seseorang.

Pastikan telinga dalam keadaan kering

Kondisi kelembaban telinga yang berlebihan dapat memudahkan bakteri masuk ke dalam saluran telinga yang akan menyebabkan infeksi pada telinga. Tapi, jangan khawatir bagi Anda yang memiliki hobi renang, Anda bisa terus melanjutkan hobi tersebut dengan selalu mengeringkan telinga menggunakan handuk kering setiap selesai berenang dan selesai mandi.

Mengunyah makanan dengan baik

Cara ini juga dapat memengaruhi kesehatan telinga. Untuk membantu menjaga kesehatan Telinga Anda, kunyahlah makanan dengan baik karena gerakan mengunyah dapat membantu proses pengeluaran kotoran telinga.

Hindari menggaruk telinga ketika gatal

Ketika telinga terasa begitu gatal, hindari menggaruk secara berlebihan. Karena bisa saja gatal yang terjadi hanya disebabkan oleh eksim atau psoriasis. Tapi jika gatal tak kunjung reda segera periksakan ke dokter spesialis telinga.

Membersihkan telinga tidak perlu terlalu bersih

tak selamanya yang bersih itu baik. Seperti halnya serumen yang terdapat pada telinga. Serumen memang terasa lengket tapi fungsinya sanga vital yakni untuk mengikat debu bahkan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga.

Normalnya serumen tidak akan terus lengket, lama-kelamaan akan mengering secara otomatis dan dikeluarkan secara perlahan. Serumen yang telah mengering tersebutlah yang sering kita sebut kotoran telinga. Jika Anda ingin membersihkannya, bisa dilakukan seminggu sekali dengan cara membilasnya dengan air bersih.

Bijaklah dalam menggunakan earphone dan headphone

Hal ini sangat sering dsepelekan banyak orang, padahal nyatanya penggunaan earphone atau headphone  ini juga dapat berpengarauh padan kesehatan telinga. Penggunan earphone dengan kurun waktu lama dengan volume yang tinggi bisa menurunkan kemampuan telinga untuk  mendengar.

Hentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok ternyata juga dapat mengganggu kesehatan telinga. Menurut sebuah study, telinga seorang perokok aktif lebih rentan terserang penyakit telinga dibanding non perokok.

Hindari membersihkan telinga terlalu dalam

Membersihkan telinga adalah hal yang baik, tapi jangan juga membersihkannya terlalu dalam karena dapat memberikan dampak negatif untuk telinga Anda. Membersihkan lubang telinga yang dalam dikhawatirkan merusak gendang telinga yang dapat berakibat pada pecahnya gendang telinga sehingga akan mengeluarkan cairan dengan bau yang menyengat.

Periksakan secara rutin

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan telinga yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada dokter secara rutin. Memeriksakan sesuatu pada ahlinya akan lebih baik dibanding pada orang yang tidak tahu apa-apa

Itulah beberapa tips sederhana dari Caraprofesor.com dalam Menjaga Kesehatan Telinga, semoga kita bisa lebih bijak untuk menjaga kesehatan tubuh sebagai rasa syukur kita pada Sang Pemberi.