13 Cara merawat kulit wajah secara alami agar lebih cantik dan sehat

Kecantikan, Tips
Cara merawat kulit wajah secara alami
image via ru.pngtree.com

Cara merawat kulit wajah secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan yang mudah didapat dan tentunya lebih murah. Sekaligus tips untuk membuat kulit tampak lebih sehat dan cantik. Merawat kulit wajah sangat penting sekali untuk membuatnya tidak kusam dan juga terbebas dari kotoran. Perawatan wajah yang sesuai akan membuat kulit tampak sehat dan juga cerah secara alami. Ada bahan-bahan yang bisa anda gunakan untuk membuat kulit tampak lebih sehat seperti yang Anda inginkan.

 

Cara merawat kulit wajah secara alami

Selain menggunakan bahan-bahan alami Anda juga bisa menerapkan pola hidup sehat seperti banyak mengkonsumsi air dan makanan sehat. Berikut beberapa tips dan cara merawat kulit wajah secara alami agar tampak lebih sehat dan tidak kusam:

1. Bersihkan kulit wajah anda dengan sabun khusus

Jika anda terbiasa menggunakan sabun untuk kulit tubuh pada wajah sebaiknya hindari hal ini. Karena kulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang sangat sensitif sehingga membutuhkan jenis sabun khusus yang lembut. Gunakan sabun yang memang dirancang untuk mengurangi kelebihan minyak dan juga meningkatkan kelembaban kulit wajah anda.

2. Melakukan eksfoliasi setidaknya 1 kali seminggu

Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati sangat penting sekali untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit wajah. Hal ini bermanfaat membuat kulit wajah anda tampak lebih cerah dan terawat. Anda bisa memanfaatkan scrub alami untuk melakukannya seperti menggunakan masker kopi atau bubuk oatmeal.

Cara merawat kulit wajah secara alami menggunakan scrub dari oatmeal atau bubuk kopi sangat sederhana. Anda tinggal mencampurnya dengan air atau madu kemudian gosokkan secara perlahan pada bagian wajah dan leher. Diamkan sesaat lalu bersihkan wajah anda. Cara ini berguna menyingkirkan sel kulit mati sehingga membuat wajah tampak lebih cerah dan terawat.

3. Gunakan pelembab pada kulit wajah

Menggunakan pelembab pada kulit wajah secara rutin akan membuatnya lebih segar dan terlihat fresh. Kulit membutuhkan kelembaban alami untuk menghindari kekeringan. Kulit yang kering biasanya akan ditandai dengan membuatnya mudah pecah dan bersisik. Hal ini akan terlihat sangat tidak sehat. Selain itu, kulit wajah yang terlampau kering juga akan meningkatkan resiko munculnya kerutan di wajah.

4. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit anda

Penggunaan tabir surya dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Selain itu, penggunaan tabir surya juga berfungsi untuk mencegah kemerahan atau gosong pada kulit akibat paparan sinar UV berlebih. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan akan membuat kulit mudah keriput sehingga sangat penting sekali. Salah satu cara melindungi kulit dari sinar matahari menggunakan tabir surya alami adalah dengan memanfaatkan bahan seperti minyak zaitun.

5. Tingkatkan konsumsi air putih

Menjaga kulit tetap terhidrasi sangat penting sekali untuk mencegah munculnya kerutan. Salah satu cara yang cukup efektif untuk menghidrasi kulit adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Manfaat air putih untuk kecantikan kulit wajah sangat banyak karena air putih adalah sumber kehidupan yang sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Seperti halnya bagian tubuh lainnya kulit juga membutuhkan asupan air yang cukup untuk membuatnya tetap kenyal dan lembab secara alami. Jadi salah satu cara merawat kulit wajah secara alami adalah dengan meningkatkan asupan air putih harian Anda.

6. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji

Mengkonsumsi makanan cepat saji setiap hari dapat memper buruk kondisi kulit anda. Untuk melakukan perawatan pada kulit sebaiknya kurangi konsumsi makanan seperti pizza, burger, donat, dan makanan yang digoreng lainnya. Selain itu, makanan cepat saji juga meningkatkan resiko munculnya jerawat di wajah sehingga Anda harus menghindarinya.

7. Tingkatkan aktivitas fisik anda

Melakukan olahraga secara rutin bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga kulit anda. Olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga membuat nutrisi lebih mudah terserap tubuh termasuk kulit. Selain itu, olahraga juga akan membuat Anda berkeringat yang itu artinya akan ada banyak racun yang dibuang melalui pori-pori.

8. Tingkatkan asupan nutrisi untuk kulit

Beberapa jenis buah-buahan seperti strawberry, anggur, kiwi, dan buah alpukat merupakan diantara daftar buah sehat untuk kulit wajah karena mengandung tinggi vitamin dan juga antioksidan penting. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam beberapa jenis buah di atas sangat baik untuk melindungi kerusakan pada kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas yang tidak terkontrol dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Beberapa tanda-tanda penuaan seperti kerutan, flek hitam, dan garis-garis halus bisa lebih mudah muncul saat kandunggan antioksidan dalam tubuh anda rendah. Selain dikonsumsi secara langsung beberapa jenis buah di atas juga bisa digunakan untuk merawat wajah agar tetap sehat dan terlindungi.

9. Gunakan masker alami untuk merawat wajah

Diantara cara merawat kulit wajah secara alami adalah menggunakan bahan-bahan alami pula. Ada banyak bahan alami yang bisa anda gunakan untuk merawat kulit wajah anda seperti minyak zaitun, madu, buah pepaya, alpukat, putih telur, dan lidah buaya. Kesemua bahan tersebut selain aman juga memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

10. Hindari penggunaan bahan kimia untuk wajah

Saat ini cukup sulit untuk merawat kulit wajah tanpa menggunakan produk berbahan kimia. Beberapa bahan perawatan kecantikan di pasaran kebanyakan mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kulit. Biasanya produk kecantikan tersebut memiliki harga yang relatif lebih murah.

Produk kecantikan seperti ini biasanya menawarkan manfaat yang instan seperti menghilangkan minyak berlebih, melembabkan wajah, sampai menghilangkan kotoran. Akan tetapi dalam jangka panjang justru membuat anda ketergantungan pada produk perawatan tersebut. Untuk itu, sebaiknya gunakan bahan alami atau produk kecantikan yang minim bahan kimia.

 

Cara merawat kulit wajah dengan bahan alami

Penggunaan bahan alami sangat penting sekali untuk merawat wajah. Karena selain aman juga memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan menggunakan bahan kimia. Beberapa bahan di bawah ini berpotensi besar untuk merawat kulit wajah anda secara alami, berikut beberapa diantaranya:

1. Masker madu

Salah satu bahan alami yang sangat baik untuk merawat kulit wajah adalah madu. Madu mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa vitamin seperti vitamin C dan senyawa penting lainnya berguna mencegah kerusakan seperti penuaan dini. Selain itu, salah satu manfaat masker madu untuk wajah adalah berasal dari kandungan antibakteri di dalamnya yang terbukti ampuh untuk mencegah munculnya jerawat.

2. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk wajah sudah tidak diragukan lagi. Selain dapat melembabkan kulit, menghilangkan flek hitam, sampai mencegah jerawat di wajah. lidah buaya ternyata juga dapat mengencangkan kulit secara alami. Dari kesemua manfaatnya tersebut tidak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

3. Minyak zaitun

Cara merawat kulit wajah secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat menghaluskan kulit wajah secara alami. Selain itu, masih banyak lagi manfaat minyak zaitun untuk wajah di antaranya adalah melembabkan kulit dan juga mencegah munculnya kerutan di wajah. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembab alami atau masker wajah dengan manfaat yang sangat mengagumkan. Cobalah rutin menggunakan minyak zaitun setidaknya 1 minggu sekali agar kulit anda lebih sehat dan juga halus secara alami.

4. Menggunakan masker alpukat

Masker alpukat sering digunakan sebagai perawatan kecantikan karena selain murah juga relatif lebih aman digunakan secara rutin. Sama seperti minyak zaitun, alpukat juga merupakan sumber vitamin E, di mana vitamin ini sangat baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Cara menggunakan alpukat untuk merawat wajah sangat mudah, cukup dengan menghaluskan 1 buah alpukat berukuran sedang lalu terapan pada area wajah. Tambahkan minyak zaitun atau madu agar manfaatnya jauh lebih maksimal. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian cuci wajah anda untuk membersihkan sisa alpukat yang masih menempel.

5. Menggunakan masker bengkoang

Cara membuat masker bengkoang untuk kecantikan kulit wajah tidaklah sulit. Pertama parut 1 buah bengkoang berukuran sedang lalu Aplikasikan ke area wajah anda hingga merata termasuk pada bagian leher. Tunggu sambil bersantai paling tidak tiga puluh menit kemudian bilas seperti biasa. Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengambil endapan dari parutan bengkoang. Setelah itu campurkan dengan minyak zaitun dan gunakan sebagai masker wajah.