Cara Merawat Ayam Tipe Pukul

Posted on

Menjaga ayam petelur khususnya DOC (Day Old Chick) akan sangat membantu produktivitas peternakan dalam jangka panjang. Karena itu, perawatan yang baik atas DOC ayam petelur sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang baik di masa depan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat DOC ayam petelur dengan benar.

1. Memberikan Nutrisi yang Cukup

Memberikan nutrisi yang cukup dan tepat merupakan langkah awal bagi ayam petelur sejak usia dini. Ayam petelur akan membutuhkan asupan protein sebanyak 18-20% dan juga energi yang cukup. Perlu diingat, jangan gunakan pakan untuk ayam biasa untuk DOC, karena kadar protein yang terlalu rendah pada pakan tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan DOC. Pilih pakan khusus DOC yang diberi keterangan kadar proteinnya di atas 20%.

DOC Ayam Petelur

Untuk dua atau tiga hari pertama, semprotkan air ke dalam sarang supaya DOC dapat langsung melahap pakan yang diberikan. Selain itu, perlu diketahui bahwa DOC ayam petelur harus selalu dalam keadaan kenyang sehingga diperlukan pemberian pakan dua atau tiga kali setiap hari. Hal ini untuk memastikan asupan energi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan selanjutnya.

2. Lingkungan Tempat Tumbuh yang Bersih

Lingkungan tempat tumbuh yang bersih dan sehat menjadi faktor penting untuk memastikan kesehatan DOC ayam petelur. Pastikan ayam petelur berada di dalam ruangan yang bersih dari kotoran dan debu. Bersihkan kandang secara teratur dan jangan lupa memberi litter atau serbuk gergaji di dasar kandang.

Baca juga  Alat Deteksi Telur Jantan Dan Betina

Selain itu, perhatikan juga suhu dalam kandang. Bagi DOC yang masih baru dibawa masuk ke dalam ruangan dengan suhu antara 30 hingga 35 derajat Celsius, kemudian penurunan suhu harus dilakukan pada hari ketiga atau keempat sebesar 2,7 derajat setiap harinya, sehingga pada akhirnya suhu dalam kandang mencapai angka suhu 22-25 derajat Celsius. Hal ini untuk membantu DOC ayam petelur bertumbuh dengan ideal.

3. Perhatikan Kondisi Kesehatan Ayam Petelur

Mendeteksi kelainan pada ayam petelur merupakan hal yang krusial. Karena itu penting memperhatikan kondisi fisik ayam petelur. Gejala-gejala yang perlu diperhatikan antara lain kurang nafsu makan, diare, dan lemah. Jangan lupa pula untuk rutin memberikan vaksin dan obat-obatan untuk mencegah infeksi penyakit.

4. Pertumbuhan yang Ideal

Seperti manusia, ayam petelur juga membutuhkan pertumbuhan yang ideal. Perawatan yang baik, pangan yang cukup, dan lingkungan memadai merupakan kunci untuk pertumbuhan yang ideal bagi DOC ayam petelur. Pertumbuhan yang ideal memberikan keuntungan lebih nantinya bagi peternak, sehingga setiap fase pertumbuhan ayam petelur harus dipantau dengan baik.

5. Kebersihan Kandang

Kandang yang bersih dan terawat juga penting untuk menjaga DOC ayam petelur tetap sehat dan terhindar dari bakteri. Kotoran ayam petelur harus dibersihkan setiap hari dan diganti litter atau serbuk gergaji. Kelunakan sebagai bahan alas kandang lebih baik untuk menghindari lembab dan terhindar dari serangan penyakit.

DOC Ayam Petelur

6. Kebersihan Air Minum

Pemberian air minum yang bersih tentu wajib di perhatikan setiap hari. Pastikan wadah air minum selalu dalam keadaan bersih dan terisi penuh setiap hari agar DOC ayam petelur terhindar dari dehidrasi. Air tersebut bisadiberikan dalam jumlah yang seimbang dengan pakan mereka. Jangan lupa mengganti air minum pada wadah setiap hari supaya terhindar dari kuman dan bakteri di dalam air minum.

Baca juga  Penjualan Ayam Tertinggi Terjadi Pada Bulan

7. Pemberian Supplement Tambahan

Perlu diketahui, pemberian supplement yang tepat juga dapat mempercepat pertumbuhan DOC ayam petelur. Berbagai supplement, seperti vitamin, mineral dan probiotik dapat membantu perubahan pola makan DOC ayam petelur menjadi lebih baik. Selain itu, probiotik juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh ayam petelur melawan serangan bakteri.

Itulah beberapa tips untuk merawat DOC ayam petelur yang benar. Melakukan perawatan yang baik akan sangat membantu produktivitas peternakan anda lebih baik dan optimal.

Simak postingan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *