Cara Menyemai Kangkung Di Rockwool

Posted on

Hai para pecinta budidaya sayuran! Kali ini saya ingin membagikan cara menanam sayur kangkung di hidroponik. Sayuran yang satu ini memang sangat populer di Indonesia karena rasanya yang segar dan khas. Mungkin banyak dari kalian yang masih belum tahu bagaimana cara menanam sayur kangkung di hidroponik, tapi jangan khawatir! Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan lengkap dari menyemai hingga panen.

Menyemai

Menyemai kangkung

Tahap pertama dalam menanam sayur kangkung di hidroponik adalah dengan menyemai. Kamu bisa menggunakan bibit kangkung yang telah disiapkan atau membuatnya sendiri dengan daun kangkung yang diperoleh dari pasar. Pertama, siapkan wadah untuk meletakkan bibit. Kemudian, isi wadah dengan air secukupnya. Aduk dan rendam bibit selama kurang lebih 30-45 menit.

Pembibitan

Pembibitan

Setelah bibit disiapkan, langkah kedua adalah pembibitan. Kamu harus membuat tempat tumbuh yang sempurna pada awal pertumbuhan tanaman. Siapkan pot dengan ukuran 5-6 cm dan letakkan 3-5 biji bibit di setiap pot. Setelah itu, tutupi bibit dengan tanah tipis. Pastikan tidak terlalu keras karena bibit akan lebih sulit tumbuh.

Pemeliharaan

Pemeliharaan

Tahap selanjutnya dalam menanam sayur kangkung di hidroponik adalah pemeliharaan. Agar kangkung berkembang dengan baik, maka lampu dan oksigenasi udara diperlukan. Sistem kerja hidroponik menggunakan lampu LED, air dan nutrisi cocok untuk pertumbuhan tanaman. Jangan lupa untuk mengganti air setiap lima hari sekali dan memberikan nutrisi untuk menjaga agar tanaman tetap sehat.

Panen

Panen

Setelah 14-21 hari, kamu sudah dapat memanen kangkung yang telah tumbuh dengan baik. Untuk memanennya, kamu cukup memotong bagian pangkal daun dengan menggunakan gunting. Namun, ingat bahwa kangkung yang dipanen tidak dapat bertahan lama. Pastikan untuk mengonsumsinya segera setelah dilakukan panen.

Baca juga  Klasifikasi Kangkung

Nah, itulah cara menanam sayur kangkung di hidroponik dari menyemai hingga panen. Tidak terlalu sulit, kan? Dengan mengikuti panduan ini, kamu akan dapat menanam kangkung yang sehat dan lezat di rumahmu sendiri. Selamat mencoba!

Temukan postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *