10 Cara menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami dan efektif

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat
Cara menumbuhkan rambut dengan cepat
image by www.stylecraze.com

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami menggunakan bahan-bahan rumahan yang bekerja cukup efektif, dan insyaa Allah aman diterapkan secara rutin. Berapa orang mengeluhkan masalah rambut yang rapuh dan mudah rontok. Jika hal ini dibiarkan, maka dapat memicu kebotakan. Jika sudah demikian, maka akan sulit bagi anda untuk menumbuhkannya secara alami. Akan tetapi ternyata ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok sekaligus menumbuhkannya dengan cepat dan insya Allah aman.

 

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut

 

1. Faktor hormon

Hormon berperan sangat penting sekali dalam mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda. Jadi jika anda ingin menumbuhkan rambut secara alami maka hal ini harus betul-betul anda perhatikan. Perlu Anda ketahui jika secara umum hormon rambut wanita lebih cepat tumbuh dibandingkan pria. Maka tidak heran jika kemampuan pertumbuhan rambut wanita lebih cepat dibandingkan pria.

 

2. Faktor nutrisi

Tentu saja, memenuhi kebutuhan nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk menumbuhkan rambut secara alami. Nutrisi bisa dikatakan merupakan bahan bakar dari kendaraan. Tanpa bahan bakar, kendaraan tidak akan dapat berjalan. Sama dengan kendaraan, tanpa adanya kecukupan nutrisi maka langkah anda untuk memanjangkan rambut secara alami tidak akan bekerja maksimal.

Ada beberapa nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Diantaranya adalah asam folat, vitamin B12, zat besi, prtein dan beberapa karbohidrat dengan porsi yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut Anda bisa mendapatkannya dari makanan atau suplemen.

 

3. Kehamilan

Pada masa kehamilan biasanya seseorang akan sedikit lebih sulit untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dibandingkan biasanya. Hal ini biasanya terjadi pada periode akhir kehamilan, di mana pertumbuhan rambut akan mengalami penurunan hingga 10%.

 

4. Faktor usia

Tentu saja jika usia anda sudah memasuki kepala kepala 5 maka pertumbuhan rambut akan menjadi lebih lambat. Hal ini dikarenakan saat usia anda bertambah maka kemampuan tubuh dalam regenerasi sel juga menurun. Hal ini berakibat pada melambatnya pertumbuhan rambut.

 

5. Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan tertentu ternyata dapat menghambat pertumbuhan rambut. Untuk itu sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat jenis apapun.

 

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat

 

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah ramuan alami yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Lidah buaya berguna melembabkan kulit kepala dan mencegah rasa gatal akibat kulit kepala yang kering. Lidah buaya juga berguna menyeimbangkan tingkat PH kulit. Keseimbangan tingkat PH pada kulit dapat mengurangi risiko munculnya jamur di kulit kepala yang menjadi penyebab ketombe dan rambut rontok. Cara menggunakan lidah buaya:

  • Pertama oleskan di lidah buaya pada kulit kepala dan pijat selama 10 menit.
  • Tunggu hingga 2 jam kemudian bilas rambut anda dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk menumbuhkan rambut secara alami.

 

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan obat rumahan yang sangat efektif untuk menumbuhkan rambut dengan cepat dan insya Allah aman. Memijatkan minyak zaitun yang telah dihangatkan berguna meningkatkan aliran darah ke kulit kepala sekaligus meremajakan folikel rambut. Pijatan ini juga membantu mengontrol ketombe dan mencegah kerontokan pada rambut Anda. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat memanfaatkan minyak zaitun:

  • Pertama hangatkan minyak zaitun dengan cara memasukkannya ke dalam microwave.
  • Setelah minyak zaitun mulai hangat, terapkan ke kulit kepala dan rambut Anda hingga merata.
  • Biarkan setidaknya 30 menit lalu bersihkan rambut Anda dengan air bersih.

 

3. Jus bawang merah

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami yang selanjutnya menggunakan jus bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan sulfur yang berguna memproduksi protein kolagen. Protein kolagen ini berguna meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Metode menumbuhkan rambut dengan jus bawang:

  • Pertama ambil bawang merah kemudian potong kecil-kecil
  • Ambil airnya setelah itu oleskan di kulit kepala dan rambut Anda.
  • Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan sampo ringan.
  • Lakukan 3 hari sekali untuk membantu proses pertumbuhan rambut Anda dengan cepat.

 

4. Cuka Sari apel

Cuka sari apel bermanfaat menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat sekaligus mencegah infeksi dan ketombe. Kemampuannya ini membantu mempercepat pertumbuhan rambut Anda. Cuka sari apel juga bermanfaat mempertahankan keseimbangan PH kulit kepala. Dengan manfaatnya tersebut menjadikan cuka sari apel sebagai bahan alami yang cukup potensial untuk menumbuhkan rambut secara alami. Cara menggunakan cuka apel:

  • Tambahkan cuka apel dengan air kemudian gunakan untuk membilas rambut Anda.
  • Biarkan selama beberapa menit lalu bersihkan rambut dan kulit kepala anda seperti biasa.

 

5. Telur

Bahan alami yang sangat murah untuk menumbuhkan rambut dengan cepat adalah telur. Menerapkan masker telur pada rambut dan kulit kepala dapat memberikan suplai protein yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Hal ini sangat penting dalam mencegah kerontokan sekaligus meningkatkan pertumbuhannya. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami memanfaatkan telur sangatlah mudah. Berikan tipsnya untuk anda:

  • Ambil 1 atau 2 butir telur berukuran sedang, usahakan Anda menggunakan telur ayam kampung.
  • Pisahkan antara kuning dan putihnya setelah kocok hingga berbusa.
  • Terapkan puti thelur pada rambut Anda dan biarkan selama 20 menit.
  • Langkah terakhir bilas dengan air dan shampo untuk menghilangkan bau telur.
  • Menerapkannya dengan rutin dan konsisten berguna menumbuhkan rambut dengan cepat.

Artikel menarik terkait: 13 Cara memanjangkan rambut pria dengan cepat secara alami

 

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung tinggi antioksidan yang berguna mencegah kerusakan pada rambut Anda. Teh hijau bisa digunakan secara eksternal maupun internal sebagai obat rumahan untuk menumbuhkan rambut. Menggunakannya secara internal sangat mudah karena anda tinggal mengkonsumsi teh hijau 2 kali sehari secara rutin. Untuk menggunakannya secara eksternal berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama terapkan teh hijau pada kulit kepala dan biarkan di rambut Anda selama 1 jam.
  • Bilas dengan air dingin sehingga tidak ada sisa teh hijau di rambut Anda.

 

7. Minyak vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk menumbuhkan rambut Anda. Vitamin E dapat digunakan secara eksternal maupun internal yang memiliki manfaat tidak kalah baik. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang berguna menghilangkan efek buruk radikal bebas dari tubuh dan rambut. Selain itu, vitamin E juga mampu meningkatkan suplai oksigen ke kulit kepala yang berguna memanjangkan rambut dengan efektif.

  • Caranya minum vitamin E secara rutin.
  • Atau Anda bisa menerapkannya ke kulit kepala dan rambut, kemudian biarkan minyak vitamin E selama semalaman.
  • Setelah selesai, bilas di pagi harinya.

 

Catatan: Jika anda ingin mengkonsumsi vitamin E untuk menumbuhkan rambut pastikan anda tahu dosis yang sesuai. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

8. Santan kelapa

Santan kelapa kaya akan kandungan protein dan zat besi, sekaligus minyak esensial yang sangat baik untuk menumbuhkan rambut. Penerapan minyak kelapa secara rutin berguna mengurangi kerontokan pada rambut sekaligus membuatnya lebih kuat. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan santan kelapa:

  • Pertama parut kelapa setelah itu ambil santannya.
  • Terapkan pada kulit kepala dan rambut secara merata dan biarkan selama 1 sampai 2 jam.
  • Bilas rambut anda dengan air dingin hingga benar-benar bersih
  • Lakukan dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

9. Kentang

Kentang membantu pertumbuhan rambut terutama bagi mereka yang mengalami kebotakan. Menumbuhkan rambut menggunakan kentang juga relatif murah sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan kentang secara alami tidaklah sulit, berikut tipsnya untuk anda:

  • Caranya parut kentang terlebih dahulu hingga halus
  • Tambahkan sedikit minyak zaitun agar teksturnya lebih encer.
  • Gunakan sebagai masker rambut dan kulit kepala selama 15 menit.
  • Jika sudah selesai cuci rambut Anda hingga bersih menggunakan air hangat.

Baca juga: Cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami

 

10. Fenugreek

Fenugreek adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah menumbuhkan rambut dan melindunginya dari kebotakan. Selain itu, biji fenugreek juga realatif aman sehingga bisa digunakan secara rutin. Caranya:

  • Ambil 1 sendok teh biji fenugreek kemudian rendam dalam air semalaman.
  • Pada pagi harinya giling hingga menjadi pasta yang halus.
  • Terapkan pada rambut dan kulit kepala selama 30 menit lalu bersihkan dengan sampo.

Demikian tadi informasi mengenai 10 Cara menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Semoga informasi di atas berguna bagi anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →