Cara meningkatkan kecepatan lari dengan mudah di rumah

Cara meningkatkan kecepatan lari
Cara meningkatkan kecepatan lari
image pixabay.com

Cara meningkatkan kecepatan lari dengan mudah yang bisa Anda coba di rumah. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja karena sangat simple. Berlari merupakan salah satu olahraga yang bisa anda lakukan kapanpun dan dimanapun. Ya hal ini dikarenakan olahraga lari tidak memerlukan banyak modal atau tempat. 

Jika anda ingin meningkatkan kecepatan lari ada beberapa tips dan cara yang harus anda lakukan. Dengan menerapkan tips berikut ini mungkin tidak akan langsung secara cepat dapat membuat anda lebih cepat dalam berlari. Karena tentunya sebuah teknik perlu membutuhkan latihan yang serius dan berkelanjutan. 

Berikut beberapa tips dan cara meningkatkan kecepatan lari yang bisa Anda coba di rumah:

Melakukan lompat tali

Diakui atau tidak salah satu olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki ini ternyata dapat membantu meningkatkan kecepatan lari anda. Ya olahraga ini memang melatih otot kaki sehingga dapat membantu membuatnya menjadi lebih mudah saat digunakan untuk berlari. 

Anda sangat disarankan untuk melakukan latihan lompat lari dengan melakukannya secara bergantian. Ada arus melatih kaki anda sesering mungkin dengan lompat tali ini jika ingin meningkatkan kecepatan lari dengan cepat.

Mencoba Body Weight Squat

Melakukan Body Weight Squat diketahui dapat meningkatkan kekuatan kaki dan juga keseimbangan tubuh. Sehingga olahraga ini merupakan salah satu alternatif yang sangat baik untuk meningkatkan kecepatan lari anda. 

Anda harus melakukan Body Weight Squat dengan cara yang benar agar hasil yang didapat juga lebih maksimal. Cara pertama yang harus anda perhatikan adalah pertama Anda harus memastikan bahwa tetap dijaga agar tidak terdorong terlalu jauh pada arah depan Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa posisinya tidak melewati dari ujung kaki.

Anda harus melakukannya dengan sering dan juga cermat dengan bergerak terus ke belakang sampai otot mulai terasa tegang. Lakukan latihan ini sampai otot Anda terasa sedikit lelah. cara ini jika dilakukan secara rutin ternyata cukup efektif untuk meningkatkan kecepatan lari anda.

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu hobi yang sangat menarik terutama bagi mereka yang menyukai olahraga yang satu ini. Anda tidak perlu memerlukan banyak biaya karena anda cukup membeli sepeda seadanya saja.

Melakukan latihan bersepeda akan membantu menguatkan otot pada kaki sehingga pada akhirnya akan membantu meningkatkan kecepatan lari. sesekali Anda harus melakukannya di tempat yang menanjak agar kekuatan kaki Anda bertambah kuat. 

Agar hobi anda bersepeda tetap konsisten sebaiknya ikut komunitas bersepeda. Karena salah satu masalah yang paling sering dialami oleh mereka yang mencoba hobi baru adalah hilangnya konsistensi. 

Melakukan latihan stride

Stride atau langkah cepat merupakan salah satu latihan yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan lari. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan langkah kaki Anda sekaligus meningkatkan kecepatan pergantian antara langkah kaki kanan dan kiri. 

Cara yang pertama adalah melakukan akselerasi pendek untuk postur lari. Sebaiknya mulai dengan lambat atau langkah lari yang lebih mudah setelah itu Anda bisa meningkatkan kecepatan secara bertahap selama 15 detik. Setelah anda meningkatkan kecepatan maka lakukan seperti di awal yaitu dengan menurunkan kecepatan untuk mengatur nafas. 

Berlatih yoga

Latihan yoga bukan hanya untuk meningkatkan relaksasi tubuh akan tetapi ternyata juga dapat meningkatkan perlemasan bagian tubuh tertentu. Hal ini tentunya sangat baik sekali terutama bagi mereka yang ingin mencoba meningkatkan kecepatan lari. 

Ada berapa jenis yoga atau pose yang bisa anda praktekkan salah satunya adalah pose cow face fold. Cara yang bisa untuk melakukannya adalah pertama dengan meletakkan masing-masing tumit sampai menyentuh pada kedua sisi pinggul secara berlawanan.

Menambahkan sprint saat lari jarak jauh

Ini merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membantu meningkatkan kecepatan lari. Anda bisa memasukkan atau mengkombinasikan sprint saat melakukan lari jauh atau long run. Tidak usah terlalu lama saat melakukan sprint cukup 2-3 menit saja. Peningkatan kecepatan secara mendadak ini ternyata dapat membantu meningkatkan stamina dalam melakukan lari terutama saat sprint.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan lari Anda semoga bisa membantu dan menambah wawasan bagi anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →