19 Cara mengusir nyamuk secara alami diantaranya cukup dengan HP

Tips
Cara mengusir nyamuk secara alami
image from pixabay.com

Cara mengusir nyamuk secara alami dari rumah dan lingkungan Anda salah satunya menggunakan HP atau smartphone. Meskipun nyamuk adalah hewan yang sangat kecil akan tetapi gangguan yang diberikan-nya cukup nyata bagi kehidupan kita. Nyamuk bukan hanya mengganggu tetapi juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya yang cukup mematikan seperti demam berdarah, malaria, dan demam kuning.

Untuk mengusir nyamuk, beberapa perusahaan telah menciptakan berbagai macam produk yang yang bisa bekerja dengan cepat untuk mengusir nyamuk di sekitar rumah atau lingkungan Anda. Akan tetapi, kebanyakan dari produk tersebut menimbulkan efek samping yang sangat mengganggu, bahkan dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Oleh sebab itu, Anda membutuhkan cara alami untuk mengusir nyamuk dari rumah atau lingkungan Anda dengan cepat dan pastinya aman. Berikut bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengusir nyamuk secara alami dan cepat:

 

Cara cepat mengusir nyamuk dari lingkungan anda

1. Lilin aroma terapi

Lilin aromaterapi bisa juga digunakan untuk mengusir nyamuk di rumah Anda. Tentunya penggunaan lilin aroma terapi tersebut dapat menggantikan obat nyamuk yang dapat mengganggu kesehatan. Mungkin anda tidak bisa menerapkannya secara kontinyu, akan tetapi saya rasa penggunaan lilin aromaterapi bisa menjadi pilihan yang cukup baik untuk mengusir nyamuk dengan cepat.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat larvisidal nyamuk yang bisa dengan cepat mengusir nyamuk dari kamar atau rumah Anda. Caranya haluskan beberapa siung bawang putih kemudian rebus dalam air. Masukkan air tersebut ke dalam botol semprot setelah itu semprotkan pada ruangan yang menjadi sarang nyamuk di rumah Anda. Ramuan ini cukup efektif untuk mengusir nyamuk dengan cepat dan pastinya cukup praktis.

3. Memanfaatkan kulit jeruk

Ada banyak alasan kenapa berbagai macam obat pengusir nyamuk berbahan dasar kulit jeruk. Hal ini dikarenakan nyamuk sangat tidak menyukai aroma seperti kulit jeruk, sehingga bahan ini cukup efektif dalam mengusir nyamuk dan pastinya aman.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk adalah: pertama jamur kulit jeruk di bawah terik sinar matahari hingga kering. Jika sudah kering, haluskan menggunakan blender. Masukkan kulit jeruk ke dalam satu wadah kemudian menggantungkannya di rumah yang banyak terdapat nyamuk.

4. Kemangi suci

Kemangi suci atau bisa disebut tulsi merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya mengusir nyamuk secara alami. Kemangi suci ini dapat membunuh jentik nyamuk dan menekan perkembangbiakannya.

Selain membunuh jentik nyamuk anda juga bisa menggunakannya untuk mengusir nyamuk dari rumah atau lingkungan Anda. Caranya cukup mudah pertama anda hanya perlu menanam tanaman ini di kebun atau pekarangan rumah Anda. Metode yang kedua yaitu menyemprotkan minyak dari kemangi suci ini pada area yang banyak terdapat nyamuk.

5. Daun mint

Aroma khas dari daun mint sangat disukai banyak orang karena memiliki efek menenangkan, akan tetapi sangat dibenci oleh nyamuk. Jadi kita bisa memanfaatkan daun mint untuk mengusir nyamuk di rumah kita. Anda bisa membeli minyak daun mint untukdigunakan sebagai obat semprot pengusir nyamuk dari lingkungan anda. Atau mengoleksan minyak daun mint secara langsung ke tubuh agar nyamuk pergi dan tidak mau mendekat.

 

Minyak Untuk mengusir nyamuk

6. Minyak lavender

Bau dari minyak lavender dapat mengusir nyamuk dengan cepat dan ampuh. Bahkan penggunaan minyak lavender ini bisa dikatakan yang terbaik dibandingkan menggunakan obat-obatan yang justru malah berbahaya untuk kesehatan.

Bau dari minyak lavender sangat kuat sehingga nyamuk sangat tidak menyukainya. Cara menggunakannya: semprotkan minyak lavender ke dalam ruangan, maka nyamuk akan pergi dan tidak kembali untuk beberapa jam. Atau Anda bisa menggunakannya sebagai obat oles agar nyamuk tidak berani mendekat apalagi menggigit.

7. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh merupakan salah satu minyak esensial yang cukup efektif untuk menyingkirkan serangga termasuk nyamuk dari lingkungan Anda. Sifat anti bakteri dan anti jamur yang dimilikinya bekerja sangat bagus dalam melawan serangan nyamuk. Bau yang kuat yang dihasilkan oleh minyak pohon teh membuat nyamuk tidak bisa bergerak dengan leluasa.

Cara mengusir nyamuk secara alami menggunakan minyak pohon teh adalah: pertama teteskan beberapa minyak pohon teh ke dalam air. Setelah itu terapkan pada bagian tubuh anda yang terbuka untuk mencegah gigitan nyamuk.

8. Minyak serai

Cara mengusir nyamuk secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan minyak serai. Caranya campur 1 ons minyak serai wangi dan 1 ons minyak lavender. Semprotkan campuran tersebut ke handuk atau meletakkannya di atas tempat tidur. Ini akan mengusir nyamuk yang berada disekitarnya. Nyamuk tidak menyuki aroma wangi yang diberikan minyak serai.

9. Minyak kelapa dan minyak lilac India

Kedua bahan ini merupakan obat pengusir nyamuk yang cukup mujarab. Cara menggunakannya: campurkan minyak lilac India dan minyak kelapa murni dengan perbandingan 1 : 1. Aplikasikan langsung ke tubuh anda. Bau yang dihasilkan dari kedua bahan ini akan membuat nyamuk pergi jauh hingga 8 jam.

10. Minyak kayu putih

Sama halnya dengan minyak pengusir nyamuk lainnya, minyak kayu putih diketahui juga cukup efektif untuk mencegah gigitan nyamuk. Minyak kayu putih juga relatif aman diterapkan pada kulit sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai efek samping yang ditimbulkannya.

Selain diterapkan pada kulit, minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai obat semprot untuk mengusir nyamuk di sekitar Anda. Dengan cara ini, dijamin nyamuk tidak akan mau masuk ke rumah.

11. Minyak eukaliptus lemon

Ekaliptus lemon atau juga dikenal dengan Corymbia Citriodora, merupakan pohon tinggi yang banyak ditanam di kawasan di Australia. Minyak dari daun pohon ini memiliki sifat pengusir nyamuk yang sangat baik. Cara mengusir nyamuk secara alami dengan minyak ini cukup mudah caranya tinggal menerapkan minyak eukaliptus lemon ke kulit Anda untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk.

 

Cara lain untuk mengusir nyamuk

12. Warna kuning

Bagi anda yang ingin mengusir nyamuk dengan cara yang lebih praktis bisa memanfaat efek warna kuning. Cara ini tergolong praktis dan gak ribet, anda bisa mengganti lampu rumah dengan lampu warna kuning untuk membuat nyamuk tidak betah di rumah. Atau mengganti cat dengan warna kuning mungkin juga bisa membantu anda mengusir nyamuk dari ruangan.

13. Es kering

Karbondioksida yang kita hirup sebenarnya akan menarik nyamuk untuk masuk ke dalam rumah kita. Jadi solusinya Anda membutuhkan dry es untuk memancing nyamuk. Caranya: tempelkan dry es ke dalam sebuah wadah, ketika semua nyamuk tertarik ke wadah tersebut maka anda bisa menutupnya. Ini adalah cara yang cukup ampuh untuk mengusir nyamuk dengan cepat dan pastinya aman.

Catatan: jangan meletakkan dry es ini di dalam ruangan karena karbondioksida tidak baik untuk kesehatan. Jadi letakkan pada area luar rumah anda.

14. Bubuk kopi

Salah satu obat rumahan yang cukup efektif untuk mengusir nyamuk dengan cepat adalah bubuk kopi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menaburkan bubuk kopi ke tempat yang biasanya terdapat genangan air. Jentik nyamuk yang ada di air akan dipaksa untuk naik ke permukaan jika air tersebut terkena bubuk kopi.

Saat mereka naik ke permukaan jentik nyamuk tersebut akan mengalami kekurangan oksigen. Hal ini akan membunuh mereka sebelum jentik nyamuk tersebut bisa berubah menjadi nyamuk.

15. Perangkap nyamuk

Anda dapat membeli perangkap nyamuk di pasaran atau bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang anda butuhkan untuk membuat perangkap nyamuk anda sendiri adalah: pertama botol plastik, potong botol menjadi 2 bagian, kemudian tambahkan gula merah ke air panas. Saat sudah mulai dingin tuangkan larutan tersebut ke bagian bawah botol.

Selanjutnya tambahkan ragi, dan ambil setengah bagian atas botol kemudian letakkan terbalik ke bagian bawah. Jangan biarkan bagian atas botol terendam dalam larutan gula, gunakan isolator untuk menahan potongan-potongan tersebut sehingga bagian atasnya tidak tertutup.

Tempatkan pada area yang banyak terdapat nyamuk. Nyamuk akan terbang melalui bagian atas botol ke dalam larutan gula kemudian tenggelam. Ganti larutan tersebut setelah 2 minggu pemakaian. Metode perangkap nyamuk ini dikenal sebagai fermentasi gula dan ragi. Cara ini cukup efektif untuk mengusir nyamuk dengan cara menjebaknya terlebih dahulu.

16. Rosemary

Rosemary merupakan tanaman pengusir nyamuk yang cukup efektif. Efek yang diberikannya hampir sama dengan minyak lavender dan minyak daun mint. Cara menggunakannya: Bakar beberapa batang rosemary. Aroma yang muncul darinya akan mengusir nyamuk dengan cepat. Anda bisa melakukan cara tersebut jika ingin mengusir nyamuk di luar ruangan seperti saat berkemah atau yang lainnya. Tentunya metode ini sangat tidak cocok digunakan di dalam ruangan.

17. Menggunakan vitamin C dan B2

Anda bisa dengan mudah membuat lotion pengusir nyamuk sendiri, yaitu memanfaatkan vitamin C dan B2. Lotio ini nantinya bisa anda terapkan ke bagian tubuh tertentu yang biasa terbuka dan rentan digigit oleh nyamuk. Caranya cukup mudah, pertama Anda bisa membeli vitamin C dan B2 setelah itu haluskan dan oleskan pada bagian tubuh anda. Cara ini terbilang relatif aman dibandingkan menggunakan lotion berbahan kimia yang terkadang dapat mengiritasi kulit.

18. Menggunakan HP

Siapa yang menyangka jika ternyata HP bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda. Ya, sairing dengan berkembangnya teknologi ternyata pengusir nyamuk bukan hanya terbatas pada obat nyamuk bakar atau lotion saja tetapi HP bisa dimanfaatkan juga untuk menggantikan obat pengusir nyamuk. Lantas bagaimana caranya: Mudah kok, baca artikel berikut ini Cara mengusir nyamuk dengan HP

19. Laptop

Bukan hanya HP, ternyata laptop kamu juga bisa lho digunakan untuk mengusir nyamuk. Caranya sama dengan smartphone yaitu menggunakan teknologi gelombang suara yang dirancang khusus untuk membuat nyamuk tidak menyukainya. Anda tinggal menginstal aplikasi tertentu di laptop.

 

Tips untuk Anda

  • Anda bisa menggunakan kelambu untuk mencegah nyamuk masuk dan menggigit anda atau atau si kecil. Cara ini cukup efektif sebagai langkah yang bisa anda tempuh selain menggunakan metode di atas.
  • Tutup semua pintu dan jendela rumah anda untuk mencegah nyamuk masuk.
  • Karena nyamuk tertarik dengan cahaya, Anda bisa menggunakan lampu pengusir nyamuk seperti lampu natrium, lampu LED atau lampu khusus yang dirancang untuk mengusir serangga.
  • Jangan biarkan terdapat genangan di sekitar area rumah anda, karena akan dijadikan yang sebagai sarana untuk bertelur.
  • Jaga kebersihan rumah Anda, termasuk jangan menggantung terlalu banyak baju hingga menumpuk, karena akan dijadikan sebagai sarang yamuk.

Nah dari kesemua cara mengusir nyamuk secara alami di atas menurut anda mana yang paling mudah untuk diterapkan? pilih salah satu atau beberapa yang menurut anda mudah.

Demikian tadi cara mengusir nyamuk secara alami, di mana salah satunya memanfaatkan teknologi seperti HP dan juga laptop. Semoga informasi di atas bisa membantu mengusir nyamuk dari lingkungan anda.