15 Cara mengusir kelelawar dari rumah dengan cepat dan efektif

Tips
Cara mengusir kelelawar
image from nps.gov

Beberapa pilihan cara mengusir kelelawar dari rumah anda dengan mudah dan cukup efektif, sekaligus tips agar kelelawar tidak kembali lagi bersarang di tempat anda. Kelelawar adalah hewan yang aktif di malam hari. Hewan ini biasanya cukup membantu jika berada dirumah kita karena akan memakan serangga termasuk nyamuk dan sejenisnya.

Akan tetapi selain membantu kelelawar juga memberikan efek negatif diantaranya adalah bau kotorannya yang sangat menyengat sehingga akan menambah kesan kotor di rumah kita. Kelelawar biasanya suka berdiam di tempat-tempat yang kosong seperti di loteng dan kamar yang tidak terpakai.

Bagi Anda yang cukup terganggu dengan keberadaan kelelawar di rumah, maka ada beberapa cara mengusir kelelawar yang mudah dan bisa anda praktekan. Berikut tipsnya untuk anda:

 

Cara mudah mengusir kelelawar

1. Kapur barus

Kapur barus merupakan salah satu obat alami untuk mengusir kelelawar dari rumah yang pastinya cukup aman. Caranya: anda hanya perlu menggantung kapur barus di tempat-tempat yang biasanya digunakan sebagai sarang kelelawar seperti di loteng atau kamar kosong. Selama kapur barus tetap tergantung di tempat tersebut maka kelelawar akan enggan untuk kembali lagi. Perlu diperhatikan, jangan menggantung kapur barus dalam jumlah yang banyak karena dapat mengganggu kesehatan.

2. Tutup lubang di sekitar rumah anda

Tutup lubang yang biasa dijadikan ruang masuk kelelawar. Anda bisa memasang lubang tersebut dengan jaring atau sejenisnya agar kelelawar tidak dapat masuk ke rumah. Hal ini cukup efektif untuk mengusir kelelawar dan membuatnya tidak kembali lagi. Tutup jalan masuk kelelawar di malam hari ketika mereka keluar untuk mencari makan. Dan di pagi harinya mereka tidak akan dapat masuk.

3. Fenol

Bau yang dihasilkan fenol sangat dibenci oleh kelelawar sehingga akan membuat kelelawar pergi dari rumah. Aroma dari fenol dapat mengiritasi indra penciuman kelelawar yang terkenal sangat sensitif terhadap bau. Anda bisa membeli fenol putih di supermarket. Setelah itu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan pada area yang biasa digunakan kelelawar untuk bertengger. Sebagai alternatif Anda bisa menempatkan kristal fenol di sekitar sarang kelelawar. Saat fenol mulai menguap maka bau yang dihasilkannya akan mengusir kelelawar.

4. Semprotan kelelawar

Ada obat yang dirancang khusus untuk mengusir kelelawar berbentuk semprot. Obat semprot aerosol ini biasanya banyak dijual di toko-toko pengendali hama. Semprotan pengusir kelelawar ini akan mengiritasi hidung kelelawar sehingga mereka akan segera pergi. Melakukannya secara rutin akan membuat kelelawar tidak betah tinggal di rumah anda. Selain menggunakan semprotan aerosol, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan merica. Merica memiliki efek yang hampir sama yaitu bau yang juga bisa mengganggu indra penciuman kelelawar.

5. Menggunakan balon

Ada cara mengusir kelelawar yang cukup kreatif yaitu menggunakan balon. Selain aman, penggunaan balon juga akan menambah hiasan di rumah. Anda bisa memilih jenis balon yang memiliki warna mencolok dan bersinar terang. Gantung balon tersebut di tempat yang menjadi sarang kelelawar setelah itu gunakan kipas angin untuk membuat balon bergerak gerak. Pergerakan balon yang terus menerus akan membuat kelelawar takut dan akhirnya tidak akan betah tinggal di rumah anda.

6. Menggantung hiasan dari aluminium foil

Menggantung hiasan aluminium foil bukan hanya menghasilkan suara yang tidak disukai oleh kelelawar, tetapi juga dapat menyilaukan mata mereka. Kelelawar dikenal merupakan hewan yang sangat sensitif terhadap bunyi dan juga cahaya. Jadi hal ini bisa anda jadikan celah untuk mengusir kelelawar dari rumah anda. Pasang hiasan tersebut di tempat-tempat yang strategis dimana kelelawar bisa dengan jelas melihat hiasan tersebut terutama saat terkena cahaya.

7. Menggunakan cermin

Satu lagi cara efektif untuk mengusir kelelawar dari rumah Anda yaitu menggunakan cermin. Pasang cermin di tempat yang menjadi sarang kelelawar setelah itu gunakan cahaya terang yang mengarah pada cermin tersebut. Saat cahaya terang yang mengarah pada cermin tersebut mengenai kelelawar, maka mereka akan merasa terganggu dan pada akhirnya pergi meninggalkan tempat tersebut.

8. Menggunakan suara pengusir kelelawar

Anda bisa memanfaatkan suara untuk mengusir kelelawar dari atas loteng. Caranya Anda tinggal mendownload music tertentu yang menghasilkan suara yang cukup mengganggu kelelawar. Selain cara tersebut Anda juga bisa memanfaatkan perangkat emitor suara ultrasonik yang dapat digunakan untuk mempengaruhi pendengaran kelelawar. Melakukannya secara terus menerus akan membuat kelelawar stres dan pada akhirnya akan pergi dengan sendirinya.

9. Menggunakan lampu disco

Cara mengusir kelelawar dengan cepat yang selanjutnya adalah memanfaatkan lampu disco. Sorotan lampu disco yang berkelap-kelip dan juga bergerak-gerak akan membuat kelelawar takut sehingga membuatnya tidak betah untuk tinggal di rumah Anda. Hal ini selain cukup praktis juga efektif dalam membuat kelelawar kapok untuk kembali lagi ke rumah anda.

10. Rumah untuk kelelawar

Jika anda cukup baik hati untuk membiarkan kelelawar berada di sekitar lingkungan Anda, maka membuatkan mereka rumah tersendiri akan mencegah kelelawar masuk ke dalam rumah anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau memesan rumah yang dirancang khusus untuk tempat tinggal kelelawar. Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah menutup lubang masuk kelelawar di rumah Anda agar mereka tidak bisa masuk. Sebagai gantinya, letakkan rumah kelelawar yang telah Anda persiapkan tersebut di tempat yang agak jauh dari rumah.

11. Kayu manis

Kayu manis ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir kelelawar dari lingkungan Anda. Caranya ambil bubuk kayu manis kemudian taburkan pada koloni kelelawar. Selain cara tersebut, Anda juga bisa membuat obat semprot dari bubuk kayu manis yang nantinya akan anda gunakan untuk mengusir kelelawar. Ini adalah cara yang cukup efektif sekaligus tidak membahayakan bagi kelelawar.

12. Minyak kayu putih

Bau minyak kayu putih yang menyengat sangat tidak disukai kelelawar. Jadi Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir kelelawar dari rumah. Caranya cukup semprotkan minyak kayu putih pada gerombolan kelelawar. Bau yang dihasilkannya akan membuat kelelawar merasa tidak nyaman dan membuatnya tidak betah untuk tetap tinggal di rumah Anda. Lakukan secara rutin sampai kelelawar benar-benar terganggu.

13. Menggunakan jel burung

Gel burung biasanya digunakan untuk mengusir burung atau mencegah mereka untuk bertengger. Selain berguna mengusir burung dari rumah, bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah kelelawar berada di rumah. Caranya oleskan gel khusus di tempat yang biasanya digunakan kelelawar untuk bertengger. Sensasi lengket dari gel akan membuat kelelawar tidak nyaman sehingga lama-kelamaan mereka akan pergi.

14. Perbaiki setiap lubang rumah Anda

Untuk mengusir kelelawar dan membuat mereka tidak kembali lagi ke rumah, pastikan anda memperbaiki setiap lubang yang bisa dijadikan jalan keluar masuk kelelawar. Periksa setiap sudut kamar atau loteng anda, segera tutup jika dirasa ada lubang yang memiliki diameter cukup untuk digunakan masuk oleh kelelawar.

15. Pasang penerangan yang cukup

Cara mengusir kelelawar yang terakhir adalah berikan penerangan yang cukup pada tempat yang menjadi sarang kelelawar. Anda bisa memasang lampu khusus yang tahan lama untuk bisa dinyalakan selama 24 jam. Pastikan anda menggunakan lampu yang memiliki cahaya terang. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kelelawar sangat membenci cahaya sehingga dengan memberikan penerangan pada tempat bersarangnya akan membuat mereka segera pergi.

Baca juga 19 Cara mengusir nyamuk secara alami diantarannya cukup menggunakan HP

Demikian tadi informasi yang bisa saya bagi seputar cara mengusir kelelawar dari rumah Anda. Kesemua metode di atas secara umum dapat membuat kelelawar pergi meninggalkan rumah Anda tanpa menyakiti mereka apalagi membunuhnya.