cara mengolah kopi

4 Cara Mengolah Kopi Setelah Panen Yang Wajib Pecinta Kopi Tahu

Posted on

Sebelum pada akhirnya bisa menjadi minuman berwarna hitam pekat, biji kopi harus melewati proses yang panjang terlebih dulu. Salah satu proses dalam pembuatan kopi ini adalah cara mengolah kopi, menjadi biji kopi yang pada akhirnya siap untuk digiling.

Cara Mengolah Biji Kopi Setelah Panen

Metode untuk mengolah biji kopi terbaik ini adalah tahapan pertama yang wajib dilakukan oleh para petani maupun produsen kopi setelah memanennya. Setidaknya akan ada empat cara mengolah kopi yang memiliki proses berbeda-beda, seperti:

  1. Honey

    Pertama adalah proses pengolahan kopi pascapanen yang sering disebut honey yang memang mempunyai tingkat keasaman yang seimbang. Biji kopi yang nantinya diproses menggunakan cara ini lebih cenderung memiliki cita rasa manis yang cukup tinggi dibandingkan dalam proses pengolahan yang lainnya.

    Dari biji kopi yang habis dipetik akan direndam terlebih dahulu baru digiling dan dijemur. Metode honey ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 15-24 hari untuk bisa mendapatkan biji kopi yang pada akhirnya akan siap di-roasting dan juga digiling.

  2. Natural

    Natural adalah sebuah metode pascapanen biji kopi espresso yang akan memakan waktu terlama di antara tiga proses pengolahan yang lainnya, setidaknya sekitar 30 hari. Metode natural ini akan dimulai dari mencuci biji buah kopi, menjemurnya sampai kering dan tidak dilakukan penggilingan terlebih dahulu.

    Pada saat sudah kering, warna yang semula merah akan berubah menjadi hitam, barulah bisa ditumbuk dan menjadi biji. Metode natural ini juga akan menghasilkan cita rasa buah-buahan dan eksotis yang luar biasa. Kopi yang pemrosesannya menggunakan metode natural ini akan memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan metode lain.

  3. Wash

    Cara mengolah kopi menggunakan metode wash akan memakan waktu selama 10-15 hari. Dimulai dengan menggiling buah kopinya terlebih dahulu, sebelum dicuci dan membilasnya. Biasanya akan dipanen pada siang hari dan digiling malam hari tetapi sebelumnya sudah dicuci, dibilas, dipisahkan dari yang keriput dan benar-benar bersih setelahnya baru dijemur sampai kering. Kopi yang pengolahannya menggunakan metode wash mempunyi body yang cenderung ringan dan mempunyai sedikit rasa buah.

  4. Wet Hull

    Metode untuk wet hull ini tidak jauh berbeda dengan pengolahan dengan metode wash. Wet hull ini lebih konvensional yang nantinya akan menjadi pembedanya yaitu memang jauh lebih bersih dari metode wash. Pada proses wet hull ini nantinya akan diawali dengan mencuci buah kopinya terlebih dahulu hingga bersih baru akan dijemur, barulah akan digiling setelah kering.

Saat ini banyak sekali petani kopi di Aceh lebih banyak menggunakan metode wet hull untuk mengolah biji kopinya. Hal ini karena memang tidak akan memakan banyak waktu dan menghasilkan kualitas baik.

Baca juga  Tips Memilih Biji Kopi Terbaik Untuk Espresso