Cara Mengolah Jagung Untuk Diet

Posted on

Jagung bukan lagi makanan yang hanya digunakan sebagai bahan pakan ternak. Kini, jagung juga sering digunakan sebagai bahan makanan sehat dan enak yang cocok dikonsumsi sebagai menu diet. Tentu saja, Anda tidak boleh mengonsumsinya dalam bentuk jagung manis yang sudah diawetkan dengan gula. Harus diolah dulu agar bisa menjadi makanan yang lezat dan sehat. Berikut ini adalah beberapa cara mengolah jagung yang bisa memperkaya menu diet Anda.

Olahan Broto Jagung Dalam Minyak Sayur

broto jagung dalam minyak sayur

Rebus jagung sebentar, atau Anda bisa menggunakan jagung pipilan yang sudah matang juga. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang putih hingga harum. Masukkan broto jagung yang telah dipotong dalam adonan minyak goreng serta bawang putih. Tambahkan gula, garam dan lada secukupnya, dan broto jagung dalam minyak sayur pun siap disajikan.

Olahan Jagung Bakar

jagung bakar

Bagi yang suka dengan makanan panggang, jagung bakar bisa menjadi pilihan yang sehat dan lezat. Pertama-tama, ambil dulu jagung pipilan yang masih segar, pastikan jagung tersebut perlu dijemur terlebih dahulu. Setelah itu, Panggang jagung pada bara api dalam oven. Anda juga bisa melakukannya di atas tungku api. Selesai dipanggang, Anda bisa membelah jagung dan memberinya bumbu seperti mentega dan lada secukupnya.

Salad Jagung

salad jagung

Salad jagung merupakan menu yang sangat memanjakan lidah. Selain mudah dibuat, menu satu ini juga sangat sehat karena banyak mengandung serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Siapkan jagung pipilan dan rebus hingga matang. Masukkan ke dalam mangkok dan campurkan beberapa sayuran, seperti tomat dan selada. Sajikan dengan dressing sesuai selera.

Baca juga  Tanam Jagung Manis

Bubur Jagung Dan Ketan

bubur jagung dan ketan

Bubur jagung dan ketan, siapa tidak suka dengan menu satu ini. Selain enak, menu satu ini dijamin sangat sehat karena kaya akan kandungan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Siapkan jagung pipilan matang dan ketan hitam, lalu rebus kedua bahan tersebut. Setelah matang, angkat dan beri garam secukupnya. Sajikan dengan taburan sedikit wijen di atasnya.

Sop Jagung

sop jagung

Sop jagung juga bisa menjadi menu sehat yang bisa membantu program diet Anda. Siapkan jagung pipilan matang, wortel, bawang putih, dan sayuran lainnya. Tumis semua bahan tersebut hingga layu, lalu masukkan air secukupnya dan rebus hingga matang. Selanjutnya, tambahkan bumbu sop dan garam secukupnya, dan sop jagung pun siap dihidangkan. Anda juga bisa menambahkan potongan ayam atau daging sapi sebagai pemberi rasa pada sop jagung ini.

Jagung menjadi salah satu jenis makanan yang bisa membantu program diet Anda, terutama bagi Anda yang menginginkan tubuh lebih sehat dan ideal. Namun, harus dipastikan dalam mengonsumsinya harus dalam jumlah yang cukup dan disajikan dengan cara yang benar. Semoga beberapa cara mengolah jagung di atas bisa membantu inspirasi Anda dalam menyusun menu sehari-hari dengan bahan jagung yang sehat dan enak.

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *