10 Cara mengobati mata merah secara alami dan cukup efektif

Kesehatan, Tips
cara mengobati mata merah
image from mccrystalopticians.com

Cara mengobati mata merah secara alami dan cukup efektif menggunakan bahan-bahan rumahan. Mata merah memiliki beberapa jenis yang perlu Anda ketahui, mengetahui beberapa penyebab mata merah akan membantu anda mengobatinya. Karena beda penyebab beda juga cara untuk menangani mata merah tersebut.

Mata merah pada umumnya disebabkan oleh infeksi sehingga membuat mata menjadi tidak nyaman. Infeksi ini terkadang bisa hilang dengan sendirinya tanpa penanganan apapun. Selain bakteri, virus tertentu juga dapat menyebabkan mata merah. Mata merah yang disebabkan oleh virus ini biasanya perjalanan kurang dari 10 hari.

 

Penyebab mata merah

Seblum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara mengatasi mata merah secara alami sebelumnya mari kita mengetahui terlebih dahulu penyebab mata merah berikut ini:

1. Mata merah akibat alergi

Hampir dari 2 per 5 orang yang mengalami mata merah disebabkan oleh alergi. Jika mata merah disebabkan oleh alergi hal ini bisa mempengaruhi satu mata atau juga keduanya. Saat alergen masuk ke mata akan menyebabkan iritasi dan infeksi. Saat anda memiliki alergi terhadap iritasi, tubuh biasanya akan menghasilkan histamin sebagai respons terhadap alergen tersebut. Jika mata Anda tidak mentoleransi histamin, maka tubuh akan menghasilkan imunoglobulin yang merupakan sejenis antibodi. Hal ini akan memicu sekresi selaput lendir pada mata sehingga menyebabkan mata merah.

2. Mata merah karena bakteri

Mata merah yang disebabkan oleh bakteri biasanya akan bertahan selama sekitar 10 hari jika tidak diobati. Akan tetapi anda bisa mempercepat proses penyembuhannya jika melakukan penanganan yang tepat. Mata merah yang disebabkan oleh bakteri biasanya ditandai dengan gejala seperti mata menjadi berair, nyeri ringan pada mata, dan mata terasa sedikit terbakar.

3. Mata merah akibat virus

Beberapa virus dapat menyebabkan infeksi pada mata termasuk adenovirus yang merupakan penyebab utama mata merah. Virus lain yang juga dapat menyebabkan mata merah seperti varicella zoster, poxvirus, HIV, picornavirus, dan herpes simplex. Mata merah yang disebabkan oleh virus biasanya juga akan hilang dengan sendirinya selama kurang dari 10 hari.

4. Iritasi mata

Iritasi pada mata dapat menyebabkan mata merah. Hal ini bisa terjadi akibat masuknya kotoran atau debu di mata Anda, sehingga membuat mata menjadi teriritasi. Pada umumnya, mata merah yang disebabkan oleh iritasi akan hilang dengan sendirinya selama beberapa hari.

5. Penyakit menular tertentu

Ada beberapa penyakit tertentu yang ternyata dapat menyebabkan mata merah. Bakteri seperti gonore dapat menyebar dari alat kelamin ke mata melalui tangan. Jenis infeksi bakteri ini bisa sangat serius dan menyebabkan kebutaan jika tidak segera diobati.

 

Cara alami mengobati mata merah

1. Daun teh hijau

Daun teh hijau memiliki kandungan bioflavanoid yang dapat mengobati mata merah yang disebabkan oleh peradangan atau iritasi akibat infeksi. Caranya: celupkan kantong teh hijau ke dalam air yang mendidih. Setelah dingin, letakkan mata anda di dalamnya. Anda juga bisa merendam kain lap yang bersih ke dalam larutan teh hijau kemudian gunakan lap tersebut untuk mengompres mata merah anda.

2. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik sehingga dapat digunakan untuk mengobati mata merah secara alami. Saat diaplikasikan secara langsung pada mata Anda, kunyit mampu meredakan gejala mata merah dengan cepat. Cara penggunaannya: rebus 1 cangkir air kemudian masukkan 2 sendok makan bubuk kunyit. Buat kompres hangat dengan cara merendam kain lap atau kapas ke dalam larutan kunyit tersebut.

3. Lidah buaya

Cara mengobati mata merah secara alami yang selanjutnya menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung aloin dan emodin yang merupakan senyawa dengan sifat antivirus dan antibakteri. Lidah buaya ini dapat mengurangi peradangan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat mempercepat proses pengobatan mata merah. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengoleskan lidah buaya pada area sekitar mata. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak lidah buaya dapat digunakan untuk obat tetes yang berguna mengobati mata merah secara alami.

4. Minyak neem

Minyak neem sangat populer sebagai zat penenang. Minyak ini telah lama digunakan dalam berbagai macam pengobatan tradisional di India selama berabad abad yang lalu. Sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dimilikinya membuat minyak neem sering dimanfaatkan untuk mengobati mata merah. Anda bisa menggunakan minyak tersebut pada sekitar mata merah Anda sebelum tidur untuk memberikan kenyamanan pada mata.

5. Kemangi suci

Kemangi suci atau tulsi telah lama digunakan sebagai obat alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Disebut sebagai kemangi suci karena sifat penyembuhannya yang sangat luar biasa termasuk mengobati mata merah. Tulsi juga memiliki sifat antibakteri, antiviral, dan antijamur. Cara mengobati mata merah secara alami dengan kemangi suci: Rebus kemangi suci tersebut ke dalam air hingga mendidih. Masukkan lap ke dalam air rebusan tersebut kemudian digunakan sebagai kompres mata.

6. Madu

Siapa yang tidak kenal dengan sifat penyembuhan yang dimiliki oleh madu. Selama berabad abad yang lalu madu telah lama digunakan sebagai antibiotik alami. Sifat antimikroba yang dimiliki madu dapat digunakan untuk melawan berbagai macam jenis jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan mata merah. Cara menghilangkan mata merah menggunakan madu adalah: campur seperempat sendok teh madu dengan seperempat cangkir air hangat. Aduk hingga benar-benar larut setelah itu terapkan pada area sekitar mata anda.

7. Koloid perak

Koloid perak telah lama digunakan untuk mengobati infeksi mata selama beberapa dekade. Perawatan menggunakan koloid perak cukup efektif untuk mengobati mata merah yang diakibatkan oleh virus dan bakteri. Koloid perak mengandung partikel perak yang tersuspensi di dalam air. Koloid perak bekerja dengan cara menarik sel yang terinfeksi melalui kekuatan elektromagnetik sehingga akan menghilangkan sel yang menjadi penyebab infeksi di mata.

8. Menggunakan camomile

Beberapa ramuan herbal bisa anda gunakan untuk mengobati mata merah secara alami. Salah satu ramuan herbal tersebut adalah camomile. Cara menggunakannya: tambahkan kantung teh camomile ke dalam air panas kemudian biarkan hingga hangat. Langkah terakhir ambil kain lap yang bersih kemudian masukkan ke dalam larutan tersebut. Gunakan kain lap tersebut untuk mengompres mata merah anda.

Catatan: Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap camomile sehingga disarankan agar menggunakan air suling di mata, karena setiap kotoran dalam air akan dihilangkan.

9. Air mawar

Air mawar sering dimanfaatkan sebagai bahan aroma terapi sekaligus membantu mengobati mata merah secara alami. Untuk menggunakan air mawar Anda bisa mencampur air mawar dengan air secukupnya. Oleskan pada daerah sekitar mata Anda untuk mengatasi rasa gatal dan juga infeksi pada mata. Lakukan metode ini dengan rutin sampai mata merah anda sembuh.

10. Daun sirih

Daun sirih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengobati mata merah. Daun sirih memiliki efek menenangkan dan juga menghilangkan berbagai macam kotoran di mata. Caranya rebus daun sirih sampai mendidih. Biarkan dingin setelah itu celupkan mata Anda ke dalam piring yang berisi air daun sirih tersebut. Lakukan secara rutin untuk membantu Anda Mengatasi mata merah.

Catatan: Cara di atas mungkin tidak dapat membantu mengobati mata merah yang diakibatkan oleh masalah serius seperti penyakit tertentu. Untuk itu, jika masalah mata merah anda tidak kunjung sembuh selama 10 hari pengobatan, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti mata merah yang anda alami.

Demikian tadi beberapa tips dan cara mengobati mata merah secara alami dan efektif menggunakan bahan alami. Semoga dapat membantu mengatasi masalah mata merah anda.