Cara Menghilangkan Tulisan Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Xiaomi

cara menghilangkan tulisan ruang penyimpanan hampir habis di hp xiaomi

cara menghilangkan tulisan ruang penyimpanan hampir habis di hp xiaomi

Cara Menghilangkan Tulisan Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Xiaomi – Notifikasi penyimpanan hampir habis Xiaomi akan muncul secara otomatis pada saat sudah tidak ada lagi ruang kosong di smartphone. Pastinya notifikasi ini sangat mengganggung, ya. Tidak hanya mengganggu, tentu juga akan menyebabkan banyak masalah.

Masalah yang kerap terjadi yaitu tidak dapat menambah file baru. Sehingga, HP Xiaomi menjadi lemot dan aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik. Contohnya seperti aplikasi WhatsApp tidak dapat menyimpan video, tidak dapat melihat status di WhatsApp dan lainnya.

Dengan permasalahan klasik seperti diatas ini pastinya sangat tidak nyaman. Apalagi untuk beberapa smartphone Xiaomi masih memakai memori internal 16GB. Contohnya, notifikasi penyimpanan hampir habis Redmi 4A, Redmi 4X, Xiaomi Redmi 5A, Redmi 7A dan ponsel Xiaomi lainnya yang masih memakai memori internal kecil.

Meskipun Anda sudah menambah memori eksternal besar. Namun, aplikasi dan data aplikasi itu menyimpannya di internal. Jadi, jangan heran jika memori penuh meskipun data kosong di Xiaomi. Sebenarnya tidak hanya di HP Xiaomi saja, namun juga di semua ponsel juga begitu.

Lalu bagaimana cara menghilangkan tulisan ruang penyimpanan hampir habis di HP Xiaomi? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Menghilangkan Tulisan Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Xiaomi

Sumber: https://inwepo.co

1. Hapus File Tersembunyi di HP Xiaomi

Cara pertama untuk mengatasi penyimpanan hampir habis di HP Xiaomi dapat dengan menghapus file atau data tersembunyi karena penggunaan aplikasi setiap harinya. File tersembunyi ini dapat berupa cache atau data yang sudah tidak terpakai. Caranya, yaitu:

  • Langkah pertama, buka menu Pengaturan di HP Xiaomi Anda.
  • Lalu pilih Penyimpanan.
  • Biarkan sebentar karena HP Xiaomi akan menghitung penyimpanan.
  • Jika sudah, tekan Data dan Cache.
  • Maka nantinya akan terdapat pemberitahuan untuk hapus.
  • Pilih Oke.

Dengan cara ini maka dapat menambah ruang kosong penyimpanan di HP Xiaomi Anda. Agar ruang penyimpanan semakin lega, Anda dapat melanjutkan cara selanjutnya.

Baca Juga: Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5A

Sumber: https://www.merdeka.com

2. Hapus Aplikasi Bawaan dan Aplikasi Tidak Penting

Apakah banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak Anda gunakan? Jika ada, maka disable atau nonaktifkan saja agar tidak menjadikan memori internal HP Xiaomi mudah penuh. Caranya, yaitu:

  • Langkah pertama, tekan lama bagian aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan tersebut.
  • Tekan info apl.
  • Pilih nonaktif. Namun, tidak seluruh aplikasi tersedia opsi nonaktif. Apabila tidak bisa, maka pilih di Penyimpanan dan pilih Hapus data. Lanjutkan juga ke bagian bawah tekan Copot pembaruan.

cara menghilangkan tulisan ruang penyimpanan hampir habis di hp xiaomi

Sumber: https://www.android-pedia.xyz

3. Matikan Auto Update Aplikasi

Di Android terdapat fitur auto update aplikasi yang menyebabkan penyimpanan cepat penuh. Oleh karena itu, matikan saja. Jadi, apabila ingin update, dapat diupdate manual. Caranya, yaitu:

  • Langkah pertama, buka Google Play Store.
  • Lalu tekan icon garis tiga pada pojok kiri atas.
  • Pilih Setting.
  • Pilih Update Aplikasi Otomatis.
  • Selanjutnya, pilih “jangan update melalui jaringan apapun”.

Baca Juga: Cara Membuka Kunci Aplikasi Xiaomi

cara menghilangkan tulisan ruang penyimpanan hampir habis di hp xiaomi

Sumber: https://www.popbela.com

4. Hapus File Sampah di Xiaomi

Terdapat file yang tersembunyi yang perlu Anda hapus manual. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus file sampah yang dapat Anda ikuti:

  • Langkah pertama, buka aplikasi File Saya.
  • Lalu tekan icon titik tiga pada pojok kiri atas.
  • Pilih Pengaturan.
  • Selanjutnya, aktifkan centang “tampilkan file tersembunyi”.
  • Lalu kembali dan cari folder “Mivideoglobal”.
  • Di dalamnya terdapat folder “logs”.
  • Hapus saja.

Selain itu Anda juga dapat menghapus yang lain, caranya yaitu kembali ke menu awal File Saya. Bagian atas terdapat kotak pencarian, lalu ketik “log”. Maka akan muncul semua folder log dan dapat Anda hapus semua.

Terdapat juga folder cache yang dapat Anda hapus dengan cara diatas. Ini merupakan cara untuk mengatasi ruang penyimpanan hampir habis di HP Xiaomi dan terbukti dapat menambah ruang kosong penyimpanan.

Baca Juga: Setting Opsi Pengembang Xiaomi

Tips Tambahan

Anda juga dapat menghapus file dari aplikasi yang sudah tidak digunakan. Contohnya seperti aplikasi Youtube, untuk Anda yang gemar mendownload video di Youtube, ini juga memerlukan penyimpanan yang besar.

Juga yang terdapat di WhatsApp. File foto, video, stiker, serta dokumen yang Anda kirim dan terima di WhatsApp juga  dapat menyebabkan ruang penyimpanan penuh. Anda dapat memanfaatkan aplikasi WhatsClean untuk menghapus permanen file sampah di WA.

Itulah sejumlah cara yang dapat Anda lakukan supaya memori internal di HP Xiaomi kembali tersisa banyak ruang kosong. Semoga ulasan artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat membantu mengatasi permasalahan Anda.