Cara Menghilangkan Mata Panda dalam 5 Menit August 2022
cara menghilangkan mata panda dalam 5 menit

Cara Menghilangkan Mata Panda dalam 5 Menit

cara menghilangkan mata panda dalam 5 menit

Cara Menghilangkan Mata Panda dalam 5 Menit – Mata panda kerap dikaitkan dengan kurang tidur dan kelelahan, padahal lingkaran hitam di bawah mata juga dapat disebabkan oleh banyak hal. Mata panda sering kali mengganggu penampilan, maka tidak heran banyak orang yang mencari solusi untuk menghilangkan mata panda dengan cepat.

Ternyata, mata panda dapat dihilangkan dalam waktu yang relatif cepat dan hasil yang cukup optimal, yaitu dengan melakukan tindakan tertentu dan mengubah gaya hidup. Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan mata panda, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui penyebab mata panda ini.

Apa saja penyebab mata panda dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Penyebab Mata Panda

  • Dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan kulit di bawah mata nampak kusam dan mata terlihat cekung.
  • Kelelahan. Kelelahan ekstrem dan begadang bisa membentuk jaringan hitam di bawah mata.
  • Usia. Seiring bertambahnya usia, maka kulit menjadi lebih tipis, yang diakibatkan oleh hilangnya kolagen untuk menjaga elastisitas kulit.
  • Ketegangan Mata. Menatap televisi atau layar komputer terlalu lama dapat membuat otot mata tegang dan kulit sekitar mata menggelap.
  • Alergi. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepas senyawa histamin yang mengakibatkan pembuluh darah di bawah mata lebih terlihat.
  • Sinar Matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa memproduksi melanin, sehingga mata mengalami pigmentasi.
  • Faktor Genetik. Mata panda juga dapat diakibatkan oleh faktor genetik yang diwariskan dari keluarga.

Baca Juga: Cara Memakai Shampo Metal

Cara Menghilangkan Mata Panda

Mulai sekarang, Anda tidak perlu khawatir dan panik ketika melihat lingkaran hitam di sekitar mata. Sebab, caraprofesor.com sudah merangkum cara menghilangkan mata panda yang ampuh dan terbukti efektif.

cara menghilangkan mata panda dalam 5 menit

Sumber: https://www.facetofeet.com

1. Gunakan Mentimun

Mentimun mempunyai kandungan air yang sangat tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk melembapkan kulit di area mata. Timun juga terbukti secara ilmiah mampu menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan. Menurut Australasian College of Dermatologists, timun lebih bermanfaat jika diaplikasikan dalam keadaan dingin.

Suhu dingin dapat berguna untuk mengecilkan pembuluh darah, menyamarkan lingkaran hitam, dan mengurangi pembengkakan. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengiris mentimun dan menempelkannya pada area mata selama 20 menit.

cara menghilangkan mata panda dalam 5 menit

Sumber: https://hasna.id

2. Kompres dengan Kantong Teh Dingin

Cara menghilangkan mata panda lainnya yaitu dengan mengompres mata menggunakan kantong teh dingin. Teh memiliki kandungan tanin dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Teh juga memiliki kandungan kafein yang dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga mata panda akan berkurang. Anda dapat menyiapkan kantong teh yang telah diseduh dan didinginkan di kulkas, lalu letakkan pada kelopak mata yang tertutup selama 10 menit.

Baca Juga: Cara Menggunakan Blush On

Sumber: https://www.sehatq.com

3. Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya terbukti mempunyai sifat anti-inflamasi dan efektif melembapkan kulit. Lidah buaya juga bisa bermanfaat untuk menyegarkan kulit yang lelah, sehingga dapat mencerahkan area di bawah mata.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dapat memperbaiki kondisi kulit di sekitar mata. Pemakaiannya juga mudah, Anda dapat menyiapkan gel lidah buaya secukupnya, kemudian oleskan di bawah mata dan biarkan selama 10 menit.

Sumber: https://food.detik.com

4. Oleskan Minyak Kelapa

Mengoleskan minyak kelapa juga bisa bermanfaat untuk mengurangi lingkaran hitam penyebab mata panda, lho. Di antara semua jenis minyak, minyak kelapa yang paling mampu untuk melembapkan lapisan kulit tipis dan sensitif di bawah mata.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada area sekitar mata. Cara mengaplikasikannya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan minyak kelapa murni kemudian oleskan pada mata panda dan pijat sekitar 5 menit.

Baca Juga: Cara Menggunakan Makarizo Hair Energy Easy Straight

Sumber: https://www.halodoc.com

5. Atur Pola Tidur

Mata panda yang disebabkan karena terlalu banyak begadang dan kekurangan tidur, dapat diatasi dengan tidur. Atur kembali kualitas waktu tidur Anda, dan pastikan Anda tidur dengan durasi 7-8 jam.

Ketika tidur, pastikan Anda menggunakan bantal dengan posisi yang lebih tinggi dari kepala. Fungsi tindakan ini yaitu supaya cairan tubuh tidak menumpuk pada mata yang membuatnya bengkak.

Sumber: https://minimalist.co.id

6. Pakai Produk Retinol

Apabila mata panda yang Anda alami disebabkan karena kulit yang menipis, menggunakan produk retinol dapat menjadi solusi yang pas. Retinol ini dapat bermanfaat untuk membantu pembentukan kolagen dan mengembalikan kekencangan kulit di sekitar mata.

Tidak hanya itu, retinol juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan warna mata panda yang menggelap. Anda dapat membeli produk retinol yang dijual bebas dan oleskan pada area bawah mata.

Baca Juga: Cara Memakai Milk Cleanser

Sumber: https://journal.sociolla.com

7. Pakai Sunscreen

Mata panda yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari harus segera diatasi dengan mengaplikasikan sunscreen. Sunscreen atau tabir surya dapat berguna untuk memberikan perlindungan optimal terhadap efek buruk sinar matahari.

Sinar UVA bisa menembus jauh ke dalam kulit dan mengakibatkan kerusakan elastin dan kolagen. Anda dapat memilih sunscreen dengan SPF 30 yang melindungi dari UVA dan UVB. Kenakan setiap hari, ya!

cara menghilangkan mata panda dalam 5 menit

Sumber: https://health.kompas.com

8. Minum Air Putih

Walaupun terkesan sepele, namun kekurangan cairan pada tubuh ternyata bisa menyebabkan lingkaran hitam pada mata, lho. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa membuat mata panda semakin terlihat jelas.

Mengonsumsi air putih yang cukup juga dapat membuang racun dan mengurangi jumlah konsentrasi garam di dalam tubuh dan sekitar mata. Pastikan Anda minum air putih 8 gelas setiap hari supaya terhindar dari dehidrasi.

Itulah berbagai cara menghilangkan mata panda dalam 5 menit yang dapat Anda coba. Semoga ulasan tips diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Cara Pakai Masker Bioaqua