Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur

4 Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur yang mudah dan efektif

Perawatan
Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur
image from pexels.com

Ingin tahu cara menghilangkan jerawat dengan putih telur? Mempunyai wajah yang bersih dan mulus tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang khususnya kaum hawa. Namun saat ini pria pun sudah mempunyai kecenderungan untuk merawat dirinya terutama wajah. Tentunya hal itu tidaklah salah, karena kebersihan wajah menjadi salah satu tolak ukur bahwa seseorang dinilai dapat menghargai dirinya sendiri dan juga orang lain. Namun banyak sekali tantangan yang akan dihadapi untuk mempunyai wajah yang bersih, salah satunya yang paling menyebalkan adalah jerawat.

 

Bagian tubuh yang biasa ditumbuhi jerawat

Jerawat tentunya bisa membuat seseorang menjadi sangat sebal karena tiba tiba saja muncul bahkan jika kemunculannya sudah diambang batas normal. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan membuat penampilan wajah jadi tidak bersih. Jerawat hampir sama dengan sebuah penyakit, untuk menghilangkannya dengan cara yang tepat perlu tahu terlebih dahulu penyebab jerawat itu apa saja. Berikut ini adalah beberapa penyebab jerawat yang dilihat dari kemunculannya di bagian apa.

Jerawat di bagian sekitar rambut

Memang jerawat di bagian sekitar rambut tidak terlalu mengganggu penampilan, karena dapat tersamarkan dengan rambut terutama jika punya rambut panjang. Namun hal ini tetap harus diobati agar tidak bertambah parah. Biasanya jerawat pada area ini disebabkan oleh minyak rambut dan lebih sering terjadi pada pria. Sementara pada wanita biasanya karena produksi minyak pada bagian rambut terlalu berlebihan. Bisa jadi juga tidak cocok dengan jenis minyak rambut tertentu ataupun penggunaan yang terlalu berlebihan. Penggunaan yang terlalu berlebihan dapat menyumbat pori pori untuk mengeluarkan minyak sehingga muncul jerawat. Oleh karena itu penting sekali untuk mengatur pemakaian minyak rambut.

Bagian sekitar pipi

Jerawat di bagian pipi biasanya terjadi karena kurang menjaga kebersihan seperti sering saat tangan kotor menyentuh wajah, bantal yang kotor, maupun bagi wanita berhijab bisa jadi karena tumpukan keringat di balik hijab. Sehingga sangat penting sekali untuk rajin mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, dan pastikan barang apa pun yang digunakan sudah dibersihkan dengan rutin.

Bagian sekitar dagu

Jerawat pada daerah ini biasanya terjadi karena perubahan hormon khususnya pada wanita saat menstruasi. Namun bisa juga karena pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak gula, lemak, dan makanan makanan yang mengandung vetsin tinggi. Jadi penting sekali menjaga asupan bagi tubuh agar terhindar dari jerawat.

Bagian dahi dan hidung

Jika muncul jerawat di bagian ini, bisa jadi karena tingkat stress yang tinggi sehingga mengakibatkan gangguan tidur atau insomnia. Kurangnya istirahat dapat menurunkan kekebalan tubuh anda sehingga tubuh terlalu mudah untuk diserang dan dikalahkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu penting sekali untuk mengelola stress agar pikiran dan hati tenang sehingga terhindar dari jerawat ataupun masalah kesehatan yang lainnya.

 

Manfaat masker putih telur untuk jerawat

Jika sudah mengetahui penyebab jerawat, maka tinggal tentukan penangannya yang paling tepat. Namun jika beberapa cara penanganan diatas tidak mampu memberikan solusi, tentunya perlu mencari cara yang lain. Saat ini sudah banyak sekali obat untuk jerawat baik berupa salep, masker, ataupun obat yang diminum. Namun sebelum menggunakan obat obatan ada baiknya coba dulu dengan cara tradisional yang tentunya akan lebih minim dari efek samping, dan tentunya dengan biaya yang lebih murah.

Telur dengan pengelolaan yang tepat dapat menjadi alternatif yang mudah dan terjangkau. Namun yang direkomendasikan adalah putih telur ayam kampung karena didalamnya dipercaya mempunyai kandungan kandungan yang alami. Berikut ini adalah beberapa kandungan putih telur yang mampu menghilangkan jerawat:

Mampu mengecilkan pori pori

Manfaat masker putih telur untuk wajah berjerawat yang pertama adalah mengecilkan pori-pori. Dengan kemampuannya untuk mengecilkan pori pori, maka wajah dapat dengan lebih mudah dibersihkan dari debu dan kotoran. Pori pori yang lebih kecil dapat membuat kotoran atau debu tidak lagi mudah bersembunyi di dalam pori pori. Sementara pori pori yang besar akan sangat susah dibersihkan walaupun sudah mencuci muka, karena pori pori yang besar adalah sarang bagi debu dan kotoran.

Mengurangi minyak pada wajah

Karena putih telur mampu mengecilkan pori pori, maka produksi minyak pada wajah dapat lebih seimbang. Perlu dicatat bahwa minyak yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan jerawat ataupun membuat jerawat semakin parah. Minyak yang terlalu berlebihan juga membuat wajah menjadi magnet bagi debu dan kotoran karena minyak bersifat lengket.

Mengurangi minyak pada bagian rambut

Putih telur dapat mencegah sekresi minyak yang berlebihan di bagian rambut. Sehingga hal ini mampu mencegah ataupun mengobati jerawat pada bagian rambut dan sekitarnya.

Menghilangkan bekas jerawat

Walaupun sudah hilang namun bisa saja bekasnya masih membuat wajah kurang bersih. Diantaranya seperti bintik bintik hitam, flek hitam, bahkan yang paling parah wajah jadi bopeng. Putih telur dengan kandungan protein yang tinggi mampu mempercepat regenerasi kulit sehingga bekas bekas jerawat dapat hilang dan wajah kembali seperti semula.

 

Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur

Jika sudah tahu manfaatnya untuk wajah, maka saatnya digunakan secara benar. Penggunaannya yang tepat adalah dengan dijadikan masker. Namun tentunya dengan pengolahan yang tepat sehingga dapat bermanfaat dengan optimal. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat diterapkan.

1. Putih telur dengan campuran madu murni

Perlu diingat bahwa telur yang digunakan disarankan adalah telur ayam kampung dan juga madu murni. Madu murni tentunya tidak mempunyai kandungan gula ataupun bahan lainnya. Cara membuat masker putih telur untuk menghilangkan jerawat adalah: pertama kali cuci wajah dengan air hangat atau sabun muka secukupnya dan dibilas dengan air hangat. Setelah itu pisahkan putih telur dari kuningnya lalu tambahkan satu sendok makan madu. Lalu aduk hingga berbusa , setelah itu oleskan pada wajah secara merata mulai dahi, hidung, pipi, dagu dan sekitarnya dengan menggunakan kuas kecil yang bersih dan steril. Jika sudah cukup diamkan selama sekitar satu jam dan bilas dengan menggunakan air dingin.

2. Putih telur dengan campuran jeruk nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu membasmi bakteri, dan cocok dikombinasikan dengan putih telur. Kombinasi ini tidak hanya menghilangkan jerawat tapi juga mampu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan komedo. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan putih telur yang pertama adalah pisahkan putih dan kuning telur, lalu peras jeruk nipis, ambil sejumlah satu sendok makan. Aduk hingga berbusa dan diamkan hingga setengah jam, lalu bilas dengan air hangat.

3. Putih telur dengan campuran mentimun

Mentimun mempunyai kandungan air yang tinggi dan mampu menghidrasi wajah agar tidak kering. Caranya cukup blender mentimun lalu campurkan dengan putih telur. Diamkan selama sekitar setengah jam dan bilas dengan air hangat.

4. Putih telur dengan campuran alpukat

Kandungan yang ada dalam buah alpukat dapat membuat wajah tampak lebih bersih dan juga segar. Caranya blender dulu setengah buah alpukat sampai halus. Setelah itu campurkan dengan putih telur dan aduk sampai rata dan sudah tercampur. Jika sudah diamkan selama sekitar tiga puluh menit dan bilas dengan air hangat.

Berikut tadi adalah sedikit tips cara menghilangkan jerawat dengan putih telur. Walaupun putih telur adalah bahan yang alami namun ada baiknya untuk digunakan maksimal hanya tiga kali dalam seminggu. Penggunaan yang terlalu berlebihan dapat membuat wajah menjadi kering.