4 Cara menghilangkan jerawat dengan garam secara alami

Kecantikan, Perawatan
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Garam
image via pixabay.com

Cara menghilangkan jerawat dengan garam yang mudah dan sangat praktis tentunya juga lebih murah dibandingkan menggunakan obat penghilang jerawat. jerawat, merupakan masalah pada wajah yang disebabkan oleh debu dan kotoran yang masuk kedalam pori-pori wajah. Jerawat bukan hanya bisa hilang dengan krim atau produk kecantikan lainnya. ada beberapa bahan alami yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat yang harganya sangat murah dan tentunya tanpa efek samping.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah garam yang bukan hanya mudah namun juga cepat. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini kami akan mengupas bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan garam. Namun, sebelum kita membahas caranya. Ada baiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab jerawat.

 

Penyebab Jerawat

Ada beberapa penyebab wajah berjerawat, yaitu:

  1. Debu dan kotoran
  2. Adaya perubahan hormon
  3. Makanan yang tidak sehat
  4. Mengkonsumsi obat-obatan
  5. Sisa make up
  6. Karena stress
  7. Adanya gesekan dan tekanan pada kulit
  8. Adanya pengumbatan pada pori-pori wajah
  9. Produksi minyak yang berlebihan
  10. Adanya bakteri

 

Cara menghilangkan jerawat dengan garam

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat dengan garam, diantaranya:

1. Menghilangkan jerawat dengan uap air garam

Garam bukan hanya sebagai penyedap makanan,namun juga bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat pada wajah, apakah itu jerawat batu, bernanah, bengkak, maupun jenis jerawat lainnya.menghilangkan jerawat dengan garam akan membantu jerawat berkurang dengan sangat mudah, karena kemampuan garam didukung oleh kalium dan belerang di dalamnya yang dapat menyeimbangkan konsentrasi air pada kulit wajah anda. selain itu, kandungan garam juga bisa membantu kotoran mudah hilang yang selama ini menghambat penyembuhan jerawat.

Adapun langkah-langkah menggunakannya yaitu:

  • Siapkan air sebanyak 150 ml air panas, 3 sendok garam, lalu di aduk hingga rata
  • Kemudian, bersihkan wajah terlebih dahulu, yang mana rambut anda sudah di bungkus dengan handuk dan satu lagi anda harus menggunakan lensa kontak.
  • Selanjutnya dekatkan wajah anda pada wajan yang berisi air panas
  • Pastikan uap air tersebut mengenai wajah anda dan langsung menempel
  • Lakukan setidaknya kurang lebih 15-20 menit
  • Jika dirasa sudah cukup, bilas dengan air hingga bersih.

 

2. Garam dengan minyak zaitun

Garam dan minyak zaitun, juga bermanfaat dalam mengatasi bopeng di wajah akibat jerawat yang benar-benar sangat mengganggu penampilan anda. ncaranya sangat mudah, anda bisa menggunakan garam yang juga dicampur dengan minyak zaitun untuk menghilangkan bopeng ini, sehingga anda tidak perlu repot untuk melakukan operasi dan sebagainya yang biayanya cukup mahal.

 

3. Garam juga bisa mengontrol wajah berminyak

Sebagian orang memiliki jenis wajah berminya, yang memang sulit untuk di atasi, namun ternyata cukup dengan bahan alami minyak di wajah bisa terkontrol, salah satunya adalah garam yang selama ini kita gunakan untuk makanan. Kandungan kalium dan belerang yang ada pada garam memudahkan dalam mengontrol minyak yang ada di wajah. Adapun cara menggunakannya yaitu:

  • Dapat dilakukan dengan uap air garam yang sudah dijelaskan di atas ketuka anda hendak mandi atau anda merasa kulit wajah anda sudah berminya.
  • Anda dapat juga melakukanya dengan mencuci wajah dengan air garam, setiap hari ketika anda hendak mandi

Adapun manfaat yang akan anda dapat adalah kulit wajah ada tidak akan berminyak lagi dengan begitu rasa percaya diri anda akan tumbuh lagi. Lakukan hingga hasilnya benar-benar maksimal.

 

4. Membasuh wajah dengan air garam 

Salah sat cara mencegah jerawat di wajah adalah menggunakan air garam untuk membasuh muka. Garam juga bisa bekerja sebagai detoks pada wajah, yaitu sebagai cara menghilangkan flek hitam dan juga bekas jerawat. Cara yang harus dilakukan juga cukup sederhana dan mudah, anda bisa membasukan wajah dengan air yang sudah dicampur dengan garam. Lakukan secara rutin agar hasilnya benar-benar maksimal.

Terapi wajah dengan menggunakan air garam harus berhati-hati, walapun garam bersifat scrub, tetap saja anda tidak boleh salah menggunakannya, pastikan kulit wajah anda tidak sensitif agar tidak terjadi iritasi yang dapat memperburuk jerawat di wajah anda.

Cara menghilangkan jerawat dengan garam di atas, bisa anda lakukan setiap hari agar wajah anda bersih dari jerawat dan masalah kulit lainnya. semoga informasi ini bermanfaat.