Cara Menghilangkan Jamur Di Jok Mobil

Posted on

Ada banyak hal yang harus kita perhatikan ketika merawat mobil kesayangan kita. Mulai dari mengganti ban yang aus, merawat mesin, hingga menjaga kebersihan dan kenyamanan di dalam mobil. Nah, salah satu masalah yang seringkali muncul adalah jamur yang tumbuh di jok mobil kita. Tidak hanya membuat jok terlihat kotor, jamur juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mobil. Namun, jangan khawatir karena ada banyak cara menghilangkan jamur di jok mobil yang mudah dan efektif dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

Cara Pertama: Gunakan Cuka dan Air

mobil berjamur

Cuka dan air adalah salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur di jok mobil. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan cuka dan air dalam wadah yang cukup besar. Kemudian, celupkan sepotong kain ke dalam larutan tersebut dan peras hingga cukup kering. Gosokkan kain tersebut pada area yang terkena jamur dengan gerakan memutar. Setelah itu, biarkan cairan tersebut meresap selama beberapa menit dan keringkan jok mobil menggunakan kain yang kering.

Cara Kedua: Pakai Baking Soda

mobil berjamur

Selain cuka, baking soda juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur di jok mobil. Caranya cukup mudah, campurkan baking soda dengan air sampai membentuk pasta yang kental. Oleskan pasta tersebut pada area yang terkena jamur dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, gosokkan dengan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai. Sikat dengan gerakan memutar dan bersihkan area yang terkena jamur sampai bersih. Terakhir, keringkan jok mobil menggunakan kain yang bersih dan kering.

Baca juga  Cara Membersihkan Kulkas Berjamur

Cara Ketiga: Gunakan Minyak Tea Tree

mobil berjamur

Minyak pohon teh atau tea tree oil juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur di jok mobil. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak tea tree dengan air dalam botol semprot. Semprotkan campuran tersebut pada area yang terkena jamur dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan area tersebut dengan kain yang lembab dan keringkan menggunakan kain yang bersih. Minyak tea tree tidak hanya bisa menghilangkan jamur, tapi juga mampu membunuh bakteri dan virus yang berada di dalam mobil.

Cara Keempat: Gunakan Cuka dan Minyak Esensial

mobil berjamur

Cara ini hampir mirip dengan cara yang pertama, namun ditambahkan dengan minyak esensial sebagai penyegar aroma mobil. Campurkan cuka dan air seperti biasa, lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial sesuai dengan selera. Ada beberapa jenis minyak esensial yang bisa kamu gunakan, seperti peppermint, lavender, atau lemon. Oleskan campuran tersebut pada area yang terkena jamur dan gosok dengan kain. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit dan keringkan menggunakan kain yang bersih.

Cara Kelima: Gunakan Produk Pembersih Khusus

mobil berjamur

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan produk pembersih khusus yang bisa kamu beli di toko aksesori mobil. Produk tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan aplikator yang memudahkan kamu dalam membersihkan jamur di jok mobil. Namun, pastikan dulu produk tersebut aman untuk digunakan di pada bahan jok mobil yang kamu miliki.

Itulah beberapa cara menghilangkan jamur di jok mobil yang mudah dan efektif. Namun, sebaiknya kamu melakukan pembersihan secara teratur agar jamur tidak tumbuh kembali. Pastikan mobil kamu bersih dan sehat sehingga perjalanan kamu menjadi lebih nyaman dan aman. Selamat mencoba!

Baca juga  Cara Menghilangkan Jamur Bintik Hitam Di Baju

Temukan postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *