Cara Menghilangkan Gatal di Badan Secara Alami

cara menghilangkan gatal di badan secara alami
cara menghilangkan gatal di badan secara alami
Caraprofesor.com

Cara Menghilangkan Gatal di Badan Secara Alami – Gatal pada kulit dapat amat mengganggu dalam melakukan berbagai aktivitas, malah terkadang dapat terasa sangat menyakitkan jika digaruk secara terus-menerus hingga lecet. Ada banyak unsur yang menyebabkan kulit mengalami gatal, salah satunya ialah dari respon alergi. Ketika gatal menyerang, biasanya seseorang akan langsung menggaruk permukaan kulit untuk menimbulkan gejala gatall.

Tahukah kalian, menggaruk kulit yang tengah merasakan gatal sebenarnya tak dianjurkankan, karena dapat memicu munculnya iritasi dan masalah kulit lainnya.

Menggaruk bagian kulit yang sedang terasa gatal hanya akan memperparah situasi, untuk itu, kalian dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membantu meredakan rasa gatal tersebut. Apa saja bahan-bahan alami yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi rasa gatal? Yuk simak ulasan lengkapnya hanya di Caraprofesor.com berikut ini.

BACA JUGA : Obat Sakit Telinga Berdenyut Sebelah Kanan

Cara Menghilangkan Gatal di Badan Secara Alami dengan Bahan Sederhana

Sumber : https://res.cloudinary.com/

Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat menggunakan beberapa bahan dari alam berikut ini untuk mengatasi rasa gatal yang teramat pada kulit, berikut informasinya.

1. Lidah Buaya

Salah satu tanaman yang dikenal akan segudang khasiatnya untuk kulit adalah lidah buaya. Mengoleskan gel lidah buaya dipercaya dapat membantu meredakan iritasi pada kulit, terutama karena kulit gatal atau kulit yang kurang terhidrasi (kering).

Kandungan bahan-bahan alami yang terdapat dalam gel lidah buaya dapat membantu melembapkan dan menjaga kadar air di dalam kulit, agar selalu terhidrasi dengan cukup.

Bahan alami satu ini umumnya sangat aman digunakan, namun, ada beberapa orangyang mengalami respon alergi saat menerapkannya, sehingga Anda harus memastikan jika kulit Anda sesuai dan tidak memunculkan respon alergi.

2. Oatmeal
SUmber : https://cdn.idntimes.com/

Siapa sangka salah satu menu sarapan satu ini dapat membantu mengatasi rasa gatal pada kulit. Pada dasarnya, oatmeal mempunyai sifat humektan, yaitu dapat membantu melembapkan kulit.

Cara menggunakan oatmeal untuk obat pereda rasa gatal ialah dengan mencampurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid, ke dalam air mandi. Kemudian gunakan air tersebut untuk Anda mandi.

Oatmeal juga disebut-sebut sebagai salah satu bahan yang mempunyai kandungan zat antiinflamasi dan antioksidan tinggi yang akan berkhasiat dalam mengurangi rasa gatal, kulit kering, serta kulit kasar atau keras.

BACA JUGA : Cara Penggunaan Lidah Buaya untuk Wajah

3.Kunyit

Bahan alami selanjutnya yang dapat kamu gunakan ialah kunyit, kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang mempunyai sifat antiinflamasi dan bakterisida yang sangat baik bagi kulit. Senyawa ini yang nantinya akan membantu untuk mengobati peradangan dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

Anda dapat coba gunakan krim yang mengandung ekstrak kunyit di dalamnya untuk mengatasi masalah gatal yang terjadi pada kulitmu.

4. Es Batu
Sumber : https://image-cdn.medkomtek.com/

Mengompres bagian kulit yang tengah dilanda rasa gatal menggunakan es batu juga dapat membantu meringankan gejala gatal pada kulit, lho. Cobalah untuk meletakkan es batu yang telah dimasukkan dalam kantong es, kemudian tempelkan perlahan ke permukaan kulit yang terasa amat gatal. Dengan begitu rasa gatal tersebut dapat dikurangi sedikit demi sedikit.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Rasa gatal pada kulit juga dapat terjadi akibat kekurangan cairan dalam tubuh, atau yang biasa disebut dengan dehidrasi. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan memperbanyak konsumsi air putih setiap harinya. Dengan begitu tubuh, termasuk kulit akan terhidrasi dengan cukup dan rasa gatal mungkin akan berkurang.

BACA JUGA : Cara Menghilang kan Jerawat di Hidung

6. Minyak Kelapa
Sumber : https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, masih ada lagi bahan alami yang bisa kamu coba manfaatkan, yaituminyak kelapa.

Bahan satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit Anda. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan tikus sebagai subjeknya, dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa minyak kelapa cukup ampuh digunakna untuk mengatasi berbagai masalah gangguan pada kulit, termasuk gatal akibat peradangan dan alergi.

Minyak kelapa tak hanya memiliki sifat antiinflamasi saja, melainkan juga dapat meredakan rasa sakit akibat dari peradangan. Mengoleskan minyak kelapa juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan, yang kemudian berfungsi untuk menstabilkan radikal bebas dan mengatasi peradangan yang menjadi pemicu gatal-gatal.

BACA JUGA : Manfaat Vaselin Repairing Jelly untuk Wajah

Itulah beberapa cara menghilangkan gatal di badan secara alami menggunakan bahan-bahan alami di sekitar kita. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk mengatasi masalah kesehatanmu. Selamat mencoba.