9 Cara simpel menghilangkan bosan di rumah, cocok disaat lockdown

Cara menghilangkan bosan di rumah
Cara menghilangkan bosan di rumah
image desmondmoreira.co.uk

Di rumah terus saat lockdown lama kelamaan pasti akan membuat anda bosan. Sehingga anda harus mencari aktivitas yang bisa membantu anda untuk tidak bosan di rumah dan tetap menikmati lockdown.

Cara menghilangkan bosan di rumah

Sebenarnya yang paling sering membuat anda bosan adalah karena aktivitas sama yang dilakukan terus-menerus. Untuk mengatasi hal ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tidak bosan saat berada di rumah terus. Tips ini bukan hanya berguna di saat menjalani aktivitas lockdown tetapi juga bisa diterapkan oleh ibu rumah tangga yang mungkin tidak memiliki pekerjaan di rumah.

1. Membaca Al-Qur’an

Bagi seorang muslim membaca Al-Qur’an merupakan sebuah ibadah. Sehingga jangan sampai melewatkan waktu nganggur anda untuk tidak membaca alquran. Selain merupakan ibadah serta menghilangkan kebosanan, membaca Al-Qur’an itu juga bisa membantu menenangkan hati dan pikiran. Jadi dengan membaca alquran anda akan mendapatkan banyak manfaat darinya. 

2. Cobalah untuk berkarya

Bagi anda yang memiliki kemampuan dan kreativitas cobalah untuk berkarya dan membuat sesuatu yang bermanfaat. Hal ini ternyata cukup efektif untuk mengatasi kejenuhan saat berada di rumah. 

Kegiatan ini bisa dilakukan siapa saja tidak harus seorang seniman karena semua profesi bisa melakukannya. Tidak usah membuat karya yang terlalu bagus yang penting bisa berguna dan dapat menghilangkan kebosanan anda.

3. Membaca buku

Membaca buku memiliki banyak sekali manfaat, selain bisa menghilangkan bosan saat berada di rumah terus, membaca buku juga bisa menambah wawasan anda. Buku yang anda baca tidak harus yang terlalu ilmiah yang penting bisa bermanfaat.

Mungkin anda bisa mencoba membaca buku tentang kisah-kisah yang menarik seperti kisah para nabi dan sahabat. Atau membaca novel mungkin juga bisa dijadikan pilihan yang cukup menarik untuk menghilangkan kejenuhan di rumah.

4. Menghilangkan kejenuhan dengan menulis

Bagi anda yang sudah mulai bosan karena terlalu lama tinggal di rumah, cobalah untuk mengisi waktu dengan aktivitas positif seperti menulis. Menulis itu akan membantu anda dalam meningkatkan kreativitas serta mengungkapkan perasaan anda. Anda bisa mulai menulis dengan cara membuat sebuah blog. 

Jika blog anda mulai memiliki banyak pengunjung anda juga bisa memonetizenya. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan sekali karena anda bisa bekerja di rumah. Jadi bukan hanya akan menghilangkan kebosanan tetapi juga menambah penghasilan.

5. Coba kerjakan hobi anda

Saat anda mulai bosan, cobalah untuk mengerjakan hobi yang mungkin bisa dilakukan di rumah. Dengan sering mengerjakan hobi, anda bisa meningkatkan bakat serta membantu anda lebih kreatif. 

Contohnya saja jika anda suka menggambar cobalah untuk mengasah kemampuan anda. Siapa tahu anda bisa menjadi seorang pelukis hebat nantinya.

6. Perbanyak dzikir

Bagi anda yang memiliki banyak waktu nganggur di rumah cobalah memanfaatkannya dengan berdzikir. Dzikir memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah membantu anda menenangkan hati serta pikiran. 

Berdzikir sangat berguna untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Ini merupakan aktivitas yang baik untuk rohani anda agar tidak mudah putus asa dan menyerah dalam menjalani hidup.

7. Coba dekorasi ulang interior anda

Nah satu lagi aktivitas yang mungkin bisa anda kerjakan di saat sedang bosan di rumah adalah dengan mendekorasi ulang interior. Mendekorasi ulang interior terkadang menjadi hal yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang terutama yang sangat memperhatikan kerapian.

Selain mendekorasi ulang, anda juga bisa sekalian membersihkannya. Jadi jangan hanya menunggu pembantu untuk melakukannya. Anda bisa memulainya dengan menggeser bangku atau mungkin hiasan dinding yang menurut anda kurang pas. 

Saat sedang bosan anda relatif juga memiliki lebih banyak waktu untuk memperhatikan dekorasi yang sudah ada. Jadi kerapian ruang anda bisa tertata dengan baik.

8. Melakukan olahraga

Di saat anda sedang tidak memiliki pekerjaan di rumah jangan hanya menghabiskan nya dengan tidur atau bermain game. Cobalah untuk beraktivitas fisik seperti berolahraga.

Olahraga itu penting bukan hanya untuk kesehatan badan tetapi juga mental anda. Tidak usah melakukan olahraga yang berat, mulailah dengan olahraga yang ringan seperti senam. Selain senam, salah satu jenis olahraga yang ringan dan bisa dilakukan oleh berbagai kalangan adalah tenis meja.

9. Mencari informasi baru di internet

Ada banyak hal yang bisa anda temukan di dunia maya. Cobalah memanfaatkan hal ini untuk menghilangkan kebosanan di rumah. Tetapi ingat, ada banyak hal yang juga kurang positif di internet sehingga anda harus membatasi penggunaannya juga.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →