Cara Menghilangkan Bekas Kunyit di Tangan

cara menghilangkan bekas kunyit di tangan

cara menghilangkan bekas kunyit di tangan

Cara Menghilangkan Bekas Kunyit di Tangan – Aneka masakan khas Nusantara biasanya menggunakan berbagai jenis bumbu rempah-rempah. Salah satu bumbu rempah masakan khas Indonesia yang seringkali digunakan yaitu kunyit. Biasanya, kunyit dicampurkan dalam masakan seperti nasi kuning ataupun masakan opor.

Bahkan, salah satu minuman warisan nenek moyang juga menggunakan kunyit, yaitu jamu kunir asam. Dalam proses memasak dengan campuran bumbu kunyit, maka otomasis warna kuning kunyit akan menempel dan membekas di tangan.

Apalagi jika harus mengolah sajian yang banyak menggunakan kunyit, tentunya warna kunyit akan semakin pekat di tangan kita. Sebagian orang terutama perempuan akan mempermasalahkan noda kuning akibat kunyit di kulit ataupun kuku. Hal ini dikarenakan warna kunyit akan melekat pada tangan selama berhari-hari. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara menghilangkan bekas kunyit di tangan.

Sebenarnya cara untuk menghilangkan warna kunyit ini tidak sulit. Penasaran dengan caranya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cara menghilangkan bekas kunyit di tangan yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Cara Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Rambut

Cara Menghilangkan Bekas Kunyit di Tangan yang Mudah dan Cepat…

cara menghilangkan bekas kunyit di tangan

Sumber:https://hellosehat.com

1. Campuran Jeruk Nipis dan Air Hangat

Dengan memanfaatkan campuran air hangat dan jeruk nipis, maka Anda bisa menghilangkan noda kunyit di tangan dan kuku. Caranya cukup mudah, yaitu rendam tangan yang terkena warna kunyit selama 15-20 menit di dalam campuran jeruk nipis dan air hangat.

Setelah direndam, maka warna kunyit pada tangan akan memudar. Selain itu, kandungan astringen dalam jeruk nipis juga bisa menghilangkan warna kusam pada kuku.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Oli di Baju

cara menghilangkan bekas kunyit di tangan

Sumber: https://health.kompas.com

2. Minyak Kayu Putih

Noda warna kunyit pada tangan ternyata juga bisa dibersihkan dengan minyak kayu putih, lho. Caranya, Anda hanya perlu menggosok-gosokkan minyak kayu putih pada tangan hingga noda kunyit memudar. Berikutnya, cuci tangan Anda dengan menggunakan sabun.

cara menghilangkan bekas kunyit di tangan

Sumber: https://www.halodoc.com

3. Gula Pasir

Bahan lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda kunyit pada tangan dengan mudah yaitu gula pasir. Caranya, gosok tangan Anda dengan gula dan sedikit air, gosok hingga noda kunyit memudar.

Baca Juga: Cara Memakai Masker Endapan Air Beras

Sumber: https://www.fimela.com

4. Susu atau Santan

Selain itu, susu atau santan juga bisa menghilangkan noda kuning kunyit pada tangan, lho. Pada susu terkandung asam laktat yang bisa bermanfaat sebagai pembersih sel-sel kulit mati. Oleh sebab itu, tidak jarang orang memakai susu atau santan untuk membersihkan noda kunyit.

Sumber: https://www.alodokter.com

5. Parutan Lengkuas

Pada lengkuas terdapat kandungan minyak astiri yang bisa menghilangkan noda kuning kunyit pada tangan. Anda hanya perlu memarut atau menumbuk lengkuas untuk mengeluarkan minyak astirinya.

Setelah itu, oleskan lengkuas yang sudah ditumbuk pada tangan yang terkena noda kunyit. Gosok-gosokkan sampai warna kunyit pada tangan memudar. Selanjutnya, bilas tangan menggunakan air hangat. Jika masih terdapat noda, lakukan langkah tersebut secara berulang-ulang agar noda kunyit menghilang sempurna.

Baca Juga: Cara Memakai Serum Bulu Mata

Sumber: https://kaltim.tribunnews.com

6. Baking Soda

Anda bisa menggunakan baking soda juga untuk menghilangkan noda akibat kunyit pada tangan. Caranya itu dengan mencampurkan baking soda dengan air. Setelah itu, oleskan pada tangan yang terkena noda, kemudian gosok hingga bersih.

Sumber: https://www.grid.id

7. Lemon

Irisan lemon ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda kunyit pada tangan, lho. Caranya seperti cara sebelumnya, yaitu gosok irisan lemon pada tangan yang terkena noda. Gosok hingga noda kunyit luntur, lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Manfaat Buah Plum Merah untuk Diet

Sumber: https://www.alodokter.com

8. Minyak Zaitun

Bahan selanjutnya untuk menghilangkan noda warna kunyit pada tangan yaitu minyak zaitun. Caranya yaitu, poleskan minyak zaitun secara merata pada tangan yang terkena noda. Jika sudah merata, ambil lap bersih dan usap bagian tangan yang tadi diolesi minyak zaitun. Maka noda kuning akan langsung hilang.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com

9. Cuka Apel

Selain bahan diatas, cuka apel juga bisa menghilangkan noda warna kuning kunyit pada tangan, lho. Cuka apel mengandung asam yang bisa memudarkan warna kuning dari kuku lenyap. Selain itu, cuka apel yang digosokan pada kuku juga bisa berguna dalam pertumbuhan kuku lebih cepat, lho.

Sumber: https://kawaiibeautyjapan.com

10. Campuran Baking Soda dan Lemon

Campuran bahan lain yang bisa menghilangkan noda warna kunyit di kuku dan tangan yaitu baking soda dan lemon. Caranya yaitu, buatlah pasta dari kedua bahan tersebut. Jika sudah, gosok campuran tersebut pada noda kunyit di tangan. Setelah itu, cuci tangan dan ulangi langkah tersebut hingga bersih.

11. Campuran Lemon, Air, dan Pemutih Food-Grade

Campuran lemon, air dan pemutih food-grade ini juga sangat manjur untuk menghilangkan noda warna kunyit pada tangan, lho. Bahkan, campuran ketiga bahan ini bisa membersihkan noda kunyit di tangan dengan cepat.

Namun, perlu diperhatikan agar campuran bahan ini jangan sampai mengenai luka yang terbuka. Sebab, campuran lemon tersebut dapat memberikan sensasi perih pada luka.

Baca Juga: Manfaat Energi Matahari bagi Manusia