Cara Menggunakan Skin Care yang Benar

Cara menggunakan skin care yang benar
Cara menggunakan skin care yang benar
Sumber: https://static-bebeautiful-in.unileverservices.com/

Cara menggunakan skin care yang benar – Urutan untuk pemakaian skincare adalah salah satu rutinitas untuk perawatan wajah yang tidak boleh untuk dilewatkan. Akan tetapi, urutan tentang bagaimana memakai skincare atau produk perawatan wajah ternyata ada aturannya tersendiri. Pasalnya, urutan pemakaian skincare yang benar pada pagi dan juga malam hari berbeda. Yuk, cari tahu di sini!

Untuk menjaga agar kulit wajah tetap sehat dan tentunya awet muda, urutan untuk pemakaian skincare yang benar harus kamu perhatikan agar tidak sampai salah saat pengaplikasian skincare.

Tapi bingung ngga sih skincare yang mana yang harus dipakai lebih dahulu, pelembap atau sunscreen?
Essence atau serum wajah terlebih dahulu? Toner atau serum yang lebih dulu?
Simak penjelasan mengenai cara menggunakan skin care yang benar berikut ini!

Cara Menggunakan Skin Care yang Benar

Untuk mendapatkan manfaat dari skincare secara maksimal, kamu perlu tahu urutan bagaimana pemakaian skincare yang benar untuk kulitmu. Pada pagi hari, penggunaan produk skin care memiliki tujuan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet atau sinar UV matahari dan polusi udara.

Nah, jangan sampai salah salah menggunakan skin care, berikut cara menggunakan skin care yang benar agar kulit tetap sehat dan terawat

1. Sabun pembersih wajah

Cara menggunakan skin care yang benar
Sumber: https://cdn.idntimes.com/

Urutan menggunakan skin care ysng pertama adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Cuci muka bertujuan untuk membersihkan wajah dari minyak dan juga kotoran di wajah.

Urutan skincare yang digunakan pada pagi hari yang benar adalah dengan cuci muka terlebih dahulu menggunakan sabun pembersih khusus wajah, baik facial wash ataupun facial foam jangan lupa untuk gunakan sesuai dengan jenis kulitmu ya girls.

Membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cuci muka setelah bangun pagi bertujuan untuk menghilangkan minyak, kotoran dan juga sisa skincare malam yang masih menumpuk semalaman saat tidur.
Jika wajah Anda sudah bersih, produk-produk selanjutnya yang digunakan akan menjadi lebih mudah menempel dan tentunya meresap ke dalam kulit wajahmu.

2. Cara menggunakan skin care toner wajah yang benar

Cara menggunakan skin care yang benar
Sumber: https://www.cosmopolitan.co.id/

Baca juga: Cara Menggunakan Air Mawar Viva Untuk Wajah

Urutan pemakaian skincare pagi hari yang berikutnya adalah menggunakna toner wajah. Toner wajah memiliki fungsi untuk membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan juga minyak berlebih yang mungkin masih menempel pada wajah setelah kamu menggunakan facial wash atau facial foam.

Bagi kamu yang tipe kulitnya berjerawat, menggunakan toner dengan kandungan bahan tertentu dapat membantumu untuk meredakan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat, mengempiskan jerawat, serta dapat mencegah kemunculan jerawat baru di esok hari.

Menggunakan toner juga dapat berfungsi untuk membantu mengembalikan pH kulit wajahmu yang hilang saat mencuci muka. Selain itu, toner juga bisa membantu mempersiapkan kulit wajahmu sebelum menggunakan produk skincare yang berikutnya, seperti serum dan juga moisturizer.

3. Cara menggunakan skin care essence yang benar

Cara menggunakan skin care yang benar
Sumber: https://stylecaster.com/

Bagi Anda yang ketagihan dengan skincare, tentu sudah tidak asing lagi kan dengan produk seperti essence. Ya, banyak para perempuan yang mewajibkan essence ada di setiap step skincare yang dia gunakan untuk perawatan wajah hariannya.

Termasuk dalam urutan untuk pemakaian skincare pagi harimu. Essence adalah salah satu urutan dalam pemakaian skincare yang perlu kamu gunakan pagi dan juga malam hari. Skincare yang satu ini juga bisa digunakan sebelum kamu menggunakan serum untuk wajahmu.

Essence adalah skincare yang berbentuk cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif yang cukup tinggi. Skincare essence juga berfungsi untuk membantu melembapkan dan membantu produk skincare yang selanjutnya agar lebih meresap ke dalam lapisan kulit. Essence juga dapat membantu menenangkan dan juga dapat menutrisi kulit, dan mencegah penuaan yang terjadi pada kulitmu.

Hal ini karena kandungan gliserin, vitamin C, dan asam hialuronat yang cukup tinggi di dalam essence. Kamu juga bisa menggunakan essence dalam urutan pemakaian skincare setelah kamu menggunakan toner atau tepat sebelum menggunakan serum wajah.

Caranya adalah cukup dengan menuang beberapa tetes essence ke telapak tangan kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah hingga merata dengan cara menepuk-nepuk dan memijat wajah secara perlahan.

4. Serum wajah

Sumber: https://hips.hearstapps.com/

Baca juga: Cara Menggunakan Facial Scrub

Selanjutnya, urutan pemakaian untuk skincare pagi adalah serum wajah. Serum wajah adalah skincare yang teksturnya berbentuk cairan dan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum juga dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit jika dibandingkan dengan pelembap atau dengan krim wajah.

Cara untuk memakai serum wajah adalah dengan menuangkan serum wajah ke telapak tangan secukupnya atau seukuran lebih besar dari kacang polong. Kemudian, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga merata jangan lupa juga untuk mengaplikasikannya ke leher ya agar kulit tidak belang. Tepuk-tepuk seacara perlahan pada area wajah dan jangan lupa juga untuk pengaplikasikannya di leher agar serum wajah dapat menyerap dengan sempurna ke dalam kulit.

Untuk hasil yang lebih maksimal serum harus dioleskan ke wajah saat keadaan wajah sudah bersih.
Setelah terserap dengan sempurna, urutan pemakaian skincare juga bisa dilanjutkan dengan menggunakan pelembap ataupun moisturizer kesayanganmu.

5. Pelembap atau moisturizer

Sumber: https://www.indoindians.com/

Menggunakan pelembap adalah urutan pemakaian skincare yang berikutnya setelah penggunaan serum. Moisturizer juga dapat berfungsi untuk melembapkan kulit wajah serta memberikan efek menghaluskan kulit.
Bagi kamu yang memiliki tipe kulit wajah yang kering, pilihlah pelembap yang bertekstur krim. Tekstur krim yang lebih tebal juga direkomendasikan untuk kamu yang bertipe kulit wajah normal dan juga kulit wajah kombinasi.

Sementara itu, pelembap yang teksturnya cair atau gel akan sangat cocok digunakan oleh kamu yang bertipe kulit wajah berminyak. Cara menggunakan pelembab atau moisturizer adalah dengan mengambil seukuran sedikit lebih besar dari kacang polong ke telapak tangan. Kemudian oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu secara merata, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan sedikit memijat.

Lewati penggunaan pelembap jika toner atau serum wajah yang kamu gunakan sudah cukup untuk melembapkan kulitmu, terutama bagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak. Gunakanlah produk pelembap yang sesuai klaimnya sesuai dengan jenis kulitmu serta masalah kulit yang sedang kamu alami.

6. Tabir surya atau sunscreen

Sumber: https://1.bp.blogspot.com/

Memakai tabir surya atau sunscreen untuk wajahmu adalah urutan skincare pagi hari yang wajib untuk kamu gunakan setiap harinya. Produk perawatan wajah yang satu ini dapat berfungsi untuk membantu melindungi kulit wajahmu dari penuaan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Kamu juga disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Cara untuk menggunakan sunscreen adalah dengan mengoleskan produk ke seluruh permukaan wajahmu dan juga memijatnya secara perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam.

Pastikan juga untuk mengoleskan sunscreen 15 hingga 30 menit sebelum kamu pergi ke luar rumah agar suncreen dapat meresap hingga sempurna ke kulitmu. Setelah semua urutan skincare tersebut selesai, kamu juga bisa langsung menggunakan produk make up atau riasan sehari- harimu.

Baca juga: Cara Memakai Serum Bulu Mata