Cara Menggunakan Photoshop

Cara Menggunakan Photoshop
Cara Menggunakan Photoshop
caraprofesor.com

Cara Menggunakan Photoshop – Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Adobe Photoshop? sekalipun anda bukan seorang desainer. Program yang luar biasa ini sangat membantu untuk semua jenis bisnis dan penggunaan pribadi. Meskipun terlihat sulit untuk menggunakanya apalagi bagi pamula! Eitsss, anda salah besar karena belajar Adobe Photoshop CS6 itu mudah, kok.

Adobe Photoshop, merupakan perangkat lunak yang sering digunakan  untuk mengedit foto dan desain grafis yang digunakan jutaan pengguna diseluruh dunia. Selain anda bisa menggunakanya sebagai desain grafis, Photoshop juga bisa untuk mendesain situs web, mengedit video , dan membuat karya seni 3D.

Sebelum anda dapat memulai dengan Photoshop, anda perlu membeli paket dan unduh Photoshop ke perangkat anda. Setelah mengunduh perangkat lunak, anda dapat mulai mengenal antarmuka yang sangat intuitif.

BACA JUGA : Cara Mengganti Background di Photoshop

Menganal Adobe Photoshop
Cara Menggunakan Photoshop
voi.id

Sebagai pemula di Photoshop, betapa pentingnya anda untuk memahami anatomi antarmuka sebelum Anda memulai. Saat anda membuka program, anda akan melihat menu utama di bagian atas, seperti program lainnya. Di sepanjang sisi kiri, anda akan melihat bilah sisi yang menunjukkan alat utama. Di sisi kanan, anda akan melihat alat warna dan alat lapisan.

Cara Menggunakan Photoshop Bagi Pemula
Cara Membuat Dokumen di Photoshop
  • Langkah pertama klik “File” di menu kiri atas.
  • Pilih “New” untuk membuat dokumen kosong baru, atau klik “Buka” untuk membuka komputer anda dan membuka file yang ada.

  • Klik “OK“, maka lembar kerja siap digunakan.

Cara Menggunakan Photoshop

  • Pelru diingat, bahwa Photoshop akan “mengunci” dokumen baru ini, yang membuat anda tidak dapat mengedit langsung ke layer tersebut.
Mengenal Tools Photoshop

Kotak alat di bilah sisi kiri akan menjadi teman terbaik anda. Alat-alat tersebut diatur ke dalam kelompok berdasarkan apa yang mereka lakukan :

Selection crop & Slice tool, adalah tools untuk memperlihatkan alat seleksi, cropping, dan slicing. Gunakan ini untuk memilih bagian gambar yang ingin anda edit atau tingkatkan, atau potong dan potong bagian yang ingin anda kecualikan.

Retouch dan cat, berguna untuk menghilangkan noda yang tidak diinginkan pada item produk, menggambar pada gambar anda, menghapus bagian tertentu, mewarnainya, atau menyempurnakannya dengan mempertajam atau mengaburkan.

Drawing & Type tools, adalah  tools menggambar dan mengetik. Gunakan ini untuk menulis teks di atas gambar anda atau menggambar gambar ke atasnya dengan tangan menggunakan alat pena. Kami akan membahas alat pena nanti.

Annotation / Measurements, adalah tools untuk mewarnai, zoom in& out layar, seleksi dll.

Cara Menggunakan Photoshop

Cara Menggunakan Layer di Photoshop

Anda dapat membayangkan layer seperti lembaran kaca yang ditumpuk di atas satu sama lain. Saat anda menggunakan banyak layer, lebih mudah untuk mengedit satu bagian gambar anda tanpa mengacaukan sisa produk akhir.

Anda dapat dengan mudah menambah atau menghapus layer dan “menyembunyikan” mereka dengan mengklik ikon bola mata di sebelah kiri nama setiap layer.

Cara Menggunakan Pen Tool di Photoshop

Alat Pen memungkinkan anda menggambar bentuk anda sendiri, namun memiliki 4 opsi berbeda seperti dibawah ini :

  • Pena standar untuk menggambar kurva dan segmen lurus.
  • Curvature pen, berfungsi untuk menggambar garis lurus dan kurva secara intuitif.
  • Pena bentuk bebas untuk menggambar dengan bebas, seperti anda menggunakan pena dan kertas.
  • Pena magnetik untuk menggambar jalur yang mengarah ke tepi tepi tertentu, untuk lebih presisi.

Mengenal Tools Lain di Photoshop

Type Tool di Photoshop

Tool Type, adalah bagaimana anda akan menulis kata-kata ke gambar anda. Saat anda menahan ikon Type tool di kotak peralatan kiri, anda akan melihat opsi untuk mengetik secara horizontal atau vertikal.

Tool Gradien di Photoshop

Gradien, merupakan transisi warna yang mulus antara dua warna atau lebih. Gradien membuat latar belakang yang bagus untuk fotografi produk atau iklan. Mereka bisa menjadi cara sederhana untuk menambahkan beberapa warna dan tampilan profesional.

Tool Lasso di Photoshop

Alat Lasso, membantu anda memilih bagian tertentu dari suatu gambar sehingga anda dapat mengisolasinya, memotongnya, atau mengedit/meningkatkannya secara terpisah dari gambar lainnya.

Demikian, cara menggunkan Photoshop bagi pemula dengan praktis dan simpel! Mudah bukan caranya? Semoga tutorial ini membantu, ya!