Cara Menggunakan Mesin Cuci

cara menggunakan mesin cuci

cara menggunakan mesin cuci

Cara menggunakan mesin cuci – Mesin cuci sering kali jadi andalan bagi kebanyakan orang untuk mencuci pakaian. Selain lebih menghemat waktu dan lebih efisien, kita juga dapat melakukan hal lainnya saat mencuci dengan mesin tersebut.

Perlu diketahui, cara menggunakan mesin cuci tidak bisa disamakan dalam semua jenisnya. Berbagai jenis mesin cuci kerap kali kalian jumpai, atau bahkan kerap kamu gunakan.

Mulai dari mesin cuci yang memiliki dua tabung, hingga mesin cuci otomatis yang hanya memiliki satu tabung saja, kedua mesin cuci tersebut memiliki cara penggunaan yang berbeda pastinya.

Berikut cara menggunakan mesin cuci agar mencuci lebih bersih dan mesin tidak mudah rusak. Simak hingga habis ya, agar tak salah dalam menggunakannya!

BACA JUGA : Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Cek Apasaja Manfaatnya!

 

Pisahkan jenis pakaian

cara menggunakan mesin cuci
Sumber : https://asset-a.grid.id/

Kadang, beberapa pakaian tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci, misalnya pakaian ataupun peralatan rumah tangga yang memiliki bahan dasar seperti sutra atau bahan halus tertentu.

Selalu periksa terlebih dahulu label pakaian atau barang yang hendak kamu cuci. Singkirkan pakaian yang memiliki label “hand wash only” atau “dry clean only” agar bajumu tak rusak nantinya.

Pisahkan juga pakaian berdasarkan warnanya, hal ini berujuan jika nantinya ada pakaian yang luntur tidak akan merusak warna pakaian kamu yang lain.

Cara paling umum untuk memilah pakaian ialah dengan memisahkan antara warna gelap dan terang. Pisahkan pula pakaian yang terkena noda. Beberapa noda perlu penanganan khusus sebelum dapat dicuci menggunakan mesin cuci.

Pisahkan pula pakaian pakaian yang berjenis jeans atau denim. Setelah itu anda juga dapat mengurutkan pakaianmu berdasarkan berat kainnya. Pakaian ringan seperti pakaian dalam dapat kamu cuci secara terpisah.

Pisahkan juga kain berat seperti celana katun tebal, handuk mandi, jaket, serta sweater, karna terkadang akan meninggalkan sisa serabut benang dan mengandung lebih banyak debu.

BACA JUGA : Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan, Wajib Tahu!

 

Cara menggunakan mesin cuci dua tabung

Sumber : https://static.tokopedia.net/

Mesin cuci dua tabung atau dapat disebbut sebagai mesin cuci manual merupakan salah satu jenis mesin cuci yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Mesin cuci ini memiliki ciri ciri yaitu 2 tabung dengan fungsi berbeda. Tabung pertama biasanya digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian, sedangkan 1 tabung lainnya digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah usai dicuci.

BACA JUGA : Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Cek Apasaja Manfaatnya!

 

Berikut cara yang bisa kamu terapkan saat menggunakan mesin cuci manual :

1. Sebelum mengisi air, putar panel untuk menampung air. Isi air ke dalam tabung pencuci, volume airnya dapat kamu tentukan dari banyak sedikitnya pakaian yang dicuci.

2. Masukkan deterjen secukupnya atau sesuai takaran. Biarkan agar deterjen larut dengan air secara merata.

3. Kemudian, masukkan pakaian yang telah kamu pisahkan tadi.

4. Setelah itu, atur waktu (timer) pencucian dengan panel yang tersedia. Tentukan waktu mencuci dengan memutar panel tersebut. Sesuaikan juga antara waktu mencuci dengan jumlah cucian serta jenis kain yang sedang dicuci.

5. Setelah mencuci selesai, buang air kotor sisa cucian dengan memutar panel penampungan tadi agar air surut.

6. Masukkan air kembali sesuai cara di atas dan ulangi langkah langkah tersebut sebanyak 2 kali agar residu serta kotoran dari pakaian dan dari deterjen hilang dan bersih.

7. Setelah pakaian benar benar bersih dari sisa sabun dan kotoran, buang airnya dan pindahkan cucian ke tabung pengering.
Pindahkan pakaian secara manual dan padatkan hingga tidak berongga. Tutup tabung kemudian putar panel pengering sesuai bahan dan jenisnya.

8. Setelah selesai mengeringkannya, buka tabung pengering dan ambil cucian. Jemur cucianmu, dibawah terik matahari untuk baju cerah, untuk baju gelap cukup diangin-anginkan saja.

BACA JUGA : Cara Pake Masker Spirulina

 

Cara menggunakan mesin cuci satu tabung

cara menggunakan mesin cuci
Sumber : https://s3.bukalapak.com/

Jenis mesin cuci selanjutnya ialah mesin cuci otomatis dengan satu tabung. Mesi cuci otomatis ini memiliki dua tipe, yaitu tipe mesin cuci dengan pintu di bagian atas (top loading) dan mesin cuci dengan pintu di depannya (front loading).

Mesin cuci top loading dan front loading ini hanya memiliki satu tabung dimana proses mencucian, membilas, dan mengeringkannya berlangsung pada tabung yang sama.

Banyak juga masyarakat yang menggunakan mesin cuci dengan jenis ini, karena dianggap lebih praktis dengan daya listrik yang lebih rendah.

Baik tipe top loading atau front loading, keduanya memiliki langkah dan cara penggunaan yang sama. Berikut cara menggunakan mesin cuci satu tabung yang bisa kamu coba :

1. Hubungkan selang mesin cuci pada kran saluran air yang ada di rumahmu. Mesin cuci dengan jenis ini akan secara otomatis mengisi tabung dengan air, volume airnya juga akan disesuaikan secara otomatis.

2. Nyalakan mesin cuci, kemudian masukkan cucian kotor kedalam tabung.

3. Pilih opsi pencucian. Biasanya pada mesin cuci ini, ada beberapa opsi rangkaian seperti mencuci, membilas, dan mengeringkan. Setelah mengaturnya, pencet tombol start.

4. Mesin akan secara otomatis mengisi air sesuai jumlah pakaian yang hendak dicuci. Masukkan juga sabun deterjen pada saat proses ini.

5. Tutup pintu mesin cuci. Mesin akan secara otomatis melakukan kerjanya berdasarkan siklus yang telah kamu pilih. Mesin akan mencuci, membilas, dan mengeringkan dengan sendirinya.

6. Setelah mencuci selesai, keluarkan pakaian dari cucian dan jemur pada tempat yang kering dibawah sinar matahari.

Nah itu tadi beberapa cara yang dapat kamu terapkan saat mencuci. Jangan lupa, sesuaikan dengan mesinnya ya Guys..