Cara Menggunakan Facial Scrub

Cara menggunakan facial scrub
Cara menggunakan facial scrub
Sumber: https://cdn-2.tstatic.net/

Cara menggunakan facial scrubEksfoliasi wajah atau mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah yaitu salah satu langkah yang cukup penting agar kulit menjadi halus dan glowing. Salah satu metode eksfoliasi populer yaitu dengan mengaplikasikan scrub wajah. Tetapi sesungguhnya bagaimana cara menggunakan facial scrub yang benar dan juga tepat sasaran?

1. Urutan penggunaan scrub yang benar

Fungsi utama scrub yaitu membersihkan wajah dari sel kulit mati. Karenanya pastikan wajah Anda sudah bersih dari makeup dahulu ya. Ini dua urutan cara penggunaan facial scrub yang bisa Anda coba:

a. Bersihkan wajah dengan menggunakan facial wash kemudian bilas baru setelah itu gunakan facial scrub
b. Gunakan scrub terlebih dahulu kemudian bilas baru setelah itu gunakan facial wash

2. Seberapa sering boleh mengaplikasikan scrub?

Seperti semua eksfoliasi, Anda tidak disarankan mengaplikasikan scrub setiap hari karena butiran kecil scrub yang tajam bisa mengikis dan mnimbulkan luka. Cukup pakai scrub 1-2 kali setiap minggunya.

3. Cara menggunakan facial scrub dengan mengamati jenis kulit dahulu

Seluruh produk skincare itu sesuai-cocokkan, Anda malahan semestinya mencobanya sendiri untuk tahu apakah sesuai atau tidak. Tetapi ada sebagian variasi kulit yang mungkin semestinya berhati-hati mengaplikasikan scrub, yaitu kulit kering, kulit sensitif, dan kulit yang dipenuhi jerawat (meradang)

Cara menggunakan facial scrub
Sumber: https://asset-a.grid.id/

Baca juga: Cara Memakai Serum Bulu Mata

4. Bagaimana cara menggunakan facial scrub?

Cara menggunakan facial scrub yang benar pertama- tama adalah pastikan kulit wajah dan tangan Anda sudah berair. Tuangkan sedikit saja scrub pada ujung jari atau dikira- kira sebesar kacang mete kemudian gosokkan hingga merata pada ujung jemari kedua tangan gunakan jari telunjuk jari tengah dan juga jari manis baru kemudian gosokkan lembut dan pelan pada semua wajah dan leher.

Hindari menggosok terlalu cepat dan terlalu lama (10-20 detik saja cukup). Kemudian bilas bersih dengan usapan lembut pada semua wajah

5. Kapan sebaiknya tidak menggunakan facial scrub?

  • Setelah berjemur/kulit terbakar terbakar
  • Dikala kulit sedang mempunyai banyak jerawat meradang
  • Setelah menjalankan facial/laser/waxing di wajah
  • Dikala kulit sedang mengelupas/ketika sedang mengaplikasikan banyak produk eksfoliasi lainnya (pakai produk eksfoliasi bergantian ya, jangan diterapkan semua bersamaan)

6. Perawatan sesudah menggunakan facial scrub

  1. Gunakan pelembap yang melembapkan sekalian menghidrasi
  2. Gunakan sunscreen
  3. Hindari mengaplikasikan toner, serum, dan krim eksfoliasi setelahnya

7. Petunjuk-petunjuk scrub tidak sesuai

  • Kulit menjadi kering
  • Kulit memerah, mengelupas, perih, terasa ditarik

Tips Aman Menggunakan Scrub Wajah

Cara menggunakan facial scrub
Sumber: https://ds393qgzrxwzn.cloudfront.net/

Baca juga: Manfaat Habbatussauda untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu!

1. Hindari pemakaian yang berlebihan

Penerapan eksfoliator yang berlebihan akan memicu terjadinya kerusakan kulit. Pengelupasan yang terjadi sanggup merusak lapisan kulit sehingga rentan terjadi iritasi. Mengutip Self, Evan Rieder, MD, dermatolog sekaligus pembantu profesor di NYU Langone Health, New York, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa iritasi juga bisa disebabkan oleh tungau kecil dan kuman yang berhasil melalui batas pelindung kulit pengaruh menggosok scrub terlalu lama.

Perlu diingat bahwa pemakaian scrub bukanlah elemen utama kulit menjadi lebih bersih. Susan Obagi, MD, dermatolog sekaligus direktur Pusat Bedah Kosmetik dan Kesehatan Kulit University of Pittsburgh Medical Center, Pittsburgh, Amerika Serikat, menambahkan bahwa kulit kita bahkan sanggup menyembuhkan secara natural tanpa bantuan scrub asal kita mengamati elemen penyebab lainnya, seperti lingkungan dan makanan. Apabila kulit terlanjur luka pengaruh scrub yang berlebihan, susah untuk mengembalikannya seperti semula.

2. Pilih face scrub layak tipe kulit

Tidak semua tipe dan bahan yang ada dalam face scrub layak untuk kulit kamu. Butiran scrub yang lebih besar ditujukan bagi pemilik kulit berminyak walaupun pemilik kulit normal dan kering lebih layak menggunakan scrub dengan butiran yang lebih kecil. Hal hal yang demikian dikarenakan kulit kering mempunyai sensitivitas yang lebih tinggi dibanding tipe kulit lainnya.

Diinfokan dari Vogue, sistem aman mencoba face scrub yaitu dengan mencobanya lebih dahulu di bagian punggung tangan. Apabila terjadi iritasi atau gatal, jangan coba-coba memakainya pada bagian wajah. Dibanding menggunakan scrub kimiawi, Abhijit Desai, MD, seorang dermatolog yang berbasis di Mumbai, India memberi saran untuk menggunakan scrub mekanis dan tetap dalam batas yang wajar.

Sumber: https://image-cdn.medkomtek.com/

Baca juga: Manfaat safi white expert

3. Bersihkan wajah sebelum menggunakan face scrub

Dengan kamu membersihkan wajahmu terlebih dahulu berarti kamu dapat mengurangi kotoran, sel kulit mati, bahkan riasan yang bisa saja menyumbat pori-pori. Memakai air hangat juga bisa membantu kulit lebih bersih dan membuka pori-pori agar scrub bisa teraplikasikan dengan total. Tetapi, pakai face scrub dalam batas wajar dan tak terlalu lama. Mengabarkannya Self, disebutkan bahwa waktu menggunakan scrub yang pas yaitu 20 hingga 30 detik.

jika sudah selesai menggunakan scrub, keringkan wajahmu dengan handuk yang bersih sebelum menggunakan produk pelembab. Setelah mengoleskan pelembab, pijatlah kulit secara pelan agar vitamin bisa diserap dengan bagus.

4. Pastikan tak ada jerawat dan luka di bagian wajah

Saat wajah mempunyai jerawat atau luka, sebaiknya tunda dahulu rencanamu menggunakan face scrub. Apabila luka disebabkan oleh sinar matahari, sebaiknya kamu utamakan pemakaian pelembab agar kulit terlindungi dan tak kering.

Kondisi wajah dengan jerawat kronis juga betul-betul tak disarankan menggunakan produk scrub. Saat melakukan eksfoliasi, kulit akan kian meradang dan bisa meninggalkan bekas hitam yang dikenal dengan sebutan hiperpigmentasi pasca inflamasi. Bekas yang ditimbulkan bahkan bisa bertahan cukup lama pada kulit.

5. Cari tahu bahan yang digunakan dalam face scrub

Carilah produk dengan bahan yang berfungsi sebagai lulur dan mempunyai bahan aktif yang memberi manfaat bagi kulit. Diinfokan dari Plum Goodness, jus lidah buaya sanggup menenangkan kulit. Kecuali itu, bahan yang kaya antioksidan seperti ekstrak teh hijau bisa membetuli kerusakan kulit pengaruh sinar sang surya.

Dua bahan lainnya yaitu lulur kenari dan aprikot. Keduanya disebut sanggup membantu pengelupasan kulit secara menyeluruh. Tetapi, bahan hal yang demikian bisa menyebabkan iritasi pada kulit sekiranya kerap kali digunakan sehingga disarankan pengaplikasiannya cukup 3-4 kali dalam seminggu atau mengikuti pedoman yang tertera pada produk.