Cara Menggunakan Aplikasi Canva Terlengkap!

Cara Menggunakan Aplikasi Canva-Saat ini keperluan desain semakin tidak terbendung lagi. Sebagian besar tentu sudah mengetahui salah satu aplikasi desain grafis yang bernama canva. Akan tetapi, masih ada juga sebagian orang yang belum mengetahui cara menggunkan canva.

Canva yakni aplikasi desain grafis online yang memudahkan penggunanya untuk membuat berbagai jenis desain, seperti desain CV, poster, logo, dan lain-lain.

Aplikasi desain grafis ini bahkan sangat sesuai dan direkomendasikan untuk digunakan oleh pemula. Sebab, tampilan aplikasinya sangat ramah dan mudah digunakan.

Dengan demikian, tidak jarang masih ada yang belum bisa menggunakan canva dengan bagus. Umumnya, fitur ini digunakan oleh canva sangat banyak sehingga kamu wajib memahaminya dengan bagus.

Kemudian bagaimana sih cara menggunakan canva untuk keperluan desain dan sebagainya? Berikut  penjelasanya.

Berikut Ini  Cara Menggunakan Aplikasi Canva Terlengkap…

Cara Membuat Akun Canva

Menggunakan Canva untuk membuat desain sebetulnya tidak terlalu susah. Hal ini dapat kamu pelajari secara bertahap sampai pada alhasil kamu akan mengerti secara keseluruhan.

Hal pertama yang wajib kamu lakukan yakni membuat akun Canva terlebih dahulu. Membuat akun di Canva tidak jauh berbeda saat kamu membuat akun-akun lainnya.

Dikabarkan dari Canva, berikut cara membuat akun di layanan hal yang demikian:

  • Masukkan nama komplit, email, dan kata kunci seandainya kamu sign up dengan email.
  • Seandainya sign up dengan Facebook atau Google maka lakukan authorize access.
  • Setelah data terisi, klik sign up dan kamu sudah mempunyai akun canva.

Cara Memilih Desain di Canva

Sesudah kamu mempunyai akun Canva, kini saatnya bagi kamu untuk membuat desain dengan menggunakan aplikasi Canva.

Melewati aplikasi Canva, kamu dapat memilih apa yang mau kamu desain. Kamu dapat mendesain logo, poster, CV, dan lain-lain dengan aplikasi tersebut.

Nah, dalam tulisan kali ini, kita akan membahas mengenai cara memilih desain dengan menerapkan Canva. Untuk memilih desain di Canva, sebetulnya tidak terlalu susah.

Sesudah log in, kamu akan dihadapkan dengan tampilan seperti ini, lalu klik tombol ‘buat desain’.

Sesudah itu, pilih salah satu. Dalam panduan ini Glints mengklik logo. Lalu akan ada tampilan dengan beraneka jenis template logo yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensimu dalam membuat logo.

  1. Klik templete yang kamu suka, lalu buatlah logo sesuai dengan kreasimu sendiri.
  2. Di samping kiri, ada berbagai jenis fitur yang dapat kamu pakai untuk menambah logomu semakin menarik.
  3. Jika semuanya sudah selesai, kamu bisa men-download hasil kerja kamu dan membagikannya ke orang lain.
  4. Selain membuat logo, kamu juga bisa menggunakan canva sebagai salah satu cara membuat poster, undangan, CV, banner blog, bahkan membuat konten untuk taktik marketing.

Caranya hampir sama, klik tombol ‘buat desain’ lalu pilih salah satu apa yang mau kamu buat. Sesudah itu, akan ada banyak sekali fitur yang dapat kamu coba seperti halnya tampilan saat kamu membuat logo.

BACA JUGA : Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri di Android, Hati-Hati Jangan Dibiarkan!

Cara Membuat Desain Pertama di Aplikasi Canva

Nah, sesudah mengetahui bahwa canva ternyata dapat membuat berbagai jenis desain, seperti desain logo, poster, CV, dan lain-lain, kini kita akan membahas bagaimana membuat desain pertama di canva.

Seandainya kamu seorang desainer, kamu mungkin tidak akan kesulitan mencari cara menggunakan canva karena memang cukup mudah untuk digunakan.

Bagi kamu yang masih pemula dalam hal desain grafis, berikut Glints akan memberikan tata cara bagaimana membuat desain di canva.

1. Log in terlebih dahulu


Seperti umum, kamu wajib log in lebih-lebih dahulu untuk dapat membuat desain pertamamu di Canva.

2. Klik ‘buat desain’
Sesudah itu, klik buat desain dan pilih salah satu desain yang akan kamu buat.

3. Pilih template sesuai keinginanmu


Dikabarkan dari Hubspot, Canva mempunyai koleksi template khusus dan profesional untuk beraneka konten yang diperlukan oleh pengguna.

Sebagai model, dalam tampilan di bawah ini yakni template–template yang disediakan oleh Canva untuk kamu yang mau membuat desain banner blog.

BACA JUGA : Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

4. Tambahkan foto


Supaya desain lebih unik dalam cara kerja kreatifmu, kamu bisa menambahkan foto di dalamnya.

Di pojok kiri tampilan saat kamu mulai mendesain, ada alternatif fitur foto. Di situ terdapat banyak sekali foto yang sudah diperkenalkan oleh Canva dan free diaplikasikan olehmu.

Kamu bahkan dapat mencari jutaan foto dengan mengetikkan keyword tertentu. Akan tetapi, ada foto yang memang khusus digunakan untuk akun premium sehingga kamu wajib menerapkan Canva premium.

5. Tambahkan tulisan


Selain dapat menambahkan foto ke dalam desainmu, kamu juga dapat menambahkan teks tulisan untuk kian memperindah desainmu.

Caranya cukup klik ‘teks’ yang berada di kiri, lalu kamu bebas memilih font sesuka hatimu.

6. Masukkan saringan dan sesuaikan gambar

Sekiranya kamu kurang sesuai dengan warna gambar yang ada, kamu dapat menyesuaikannya dengan cara mencoba menggunakan saringan yang disediakan oleh canva.

Selain itu, kamu juga dapat mengendalikan kecerahan gambar, kontras, saturasi, rona, dan lain-lain. Menu saringan dan sesuaikan gambar ada pas di atas gambar kamu. Atur sesuai dengan gayamu sehingga gambar dapat kelihatan cantik.

7. Unduh gambar dan bagikan ke orang lain

Sesudah mengotak-atik desain yang sudah kamu buat, maka saatnya untuk membagikan ke orang ataupun men-download-nya seketika.

Untuk melakukan keduanya, kamu tinggal klik ‘bagikan’ seandainya mau membagikan ke orang. Sesudah itu, masukkan email yang dituju.

Seandainya mau men-download, kamu tinggal klik tombol download di sampingnya dan nanti otomatis gambar hasil desain kamu akan di-download.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Melewati Handphone

Canva juga tersedia di handphone. Bagi kamu yang mau mendesain di mana bahkan dan kapan bahkan, kamu bisa menggunakan Canva melalui handphone.

1. Pilih apa yang mau didesain


Sesudah log in, kamu akan dihadapkan dengan tampilan seperti ini. Klik ‘+’ untuk mulai mendesain.

Kamu dapat mendesain beraneka jenis hal, seperti poster, akta, undangan, bahkan sampai Instagram story dan WhatsApp story

2. Masukkan gambar, video, dan teks
Setelah memilih salah satu, kamu tinggal mendesain sesuai dengan cara kerja kreatifmu sendiri.

Sama seperti halnya melalui desktop, di handphone kamu juga dapat memasukkan gambar, video, teks serta memilih warna gambar.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk anda semua!

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga akhir semoga anda suka!