Cara Menggoreng Jagung Popcorn

Posted on

Siapa yang tidak suka makanan gorengan? Tapi, terkadang kita takut mengonsumsi terlalu banyak gorengan karena khawatir akan berdampak buruk bagi kesehatan. Ada cara menggoreng yang lebih sehat untuk kita yang suka makan gorengan!

Gorengan yang Enak dan Sehat? Bisa!

Cara Menggoreng yang Lebih Sehat

Sebenarnya, gorengan bukanlah makanan yang harus kita hindari sama sekali. Asal tidak dikonsumsi berlebihan, gorengan masih bisa menjadi bagian dari menu makanan kita. Bahkan, dengan cara menggoreng yang tepat, gorengan bisa menjadi makanan yang enak dan sehat bagi tubuh kita.

Pilih Minyak Goreng yang Tepat

Minyak goreng yang tepat adalah minyak yang kaya akan asam tak jenuh, seperti minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak jagung. Hindari menggunakan minyak kelapa atau minyak sawit yang mengandung banyak lemak jenuh.

Gunakan Wajan Anti Lengket

Jangan hanya memperhatikan minyak yang digunakan, tapi juga perhatikan wajan yang digunakan. Gunakan wajan anti lengket, karena wajan ini memungkinkan kita menggoreng dengan menggunakan sedikit minyak saja. Gorengan yang dihasilkan juga tidak menempel pada wajan, sehingga gorengan tersebut tidak terlalu banyak menyerap minyak.

Cukup Panaskan Minyak

Panaskan minyak di dalam wajan terlebih dahulu sebelum menggoreng. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum menambahkan bahan makanan ke dalamnya. Jika minyak tidak cukup panas, bahan makanan akan menyerap terlalu banyak minyak dan tekstur gorengan tidak akan renyah.

Atur Suhu dan Waktu Menggoreng

Menggoreng dengan suhu yang tepat juga bisa membuat gorengan menjadi lebih sehat. Pastikan suhu minyak yang digunakan adalah antara 170-190 derajat Celsius. Jangan terlalu sering mengaduk gorengan saat menggoreng, cukup sesekali saja untuk memastikan bahan makanan matang secara merata. Jangan menggoreng terlalu lama, karena waktu yang terlalu lama akan membuat gorengan menyerap terlalu banyak minyak.

Baca juga  Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Nasi Jagung

Tiriskan Gorengan dengan Benar

Setelah menggoreng, tiriskan gorengan di atas kertas minyak atau loyang dengan posisi menurun ke bawah. Hal ini bertujuan agar minyak yang menempel pada gorengan bisa tersedot keluar. Hindari meniriskan gorengan di atas kertas yang menyerap minyak, karena hal ini hanya akan membuat gorengan menyerap kembali minyak yang seharusnya sudah terbuang.

Dengan memperhatikan cara menggoreng yang lebih sehat, kini kita bisa menikmati gorengan tanpa perlu khawatir akan berdampak buruk bagi kesehatan kami. Yuk, coba praktikkan cara menggoreng yang lebih sehat ini di rumah dan nikmati gorengan favoritmu tanpa perlu khawatir kesehatan!

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *