Cara Mengetahui Ukuran Ayam Bangkok

Posted on

Apakah Anda seorang penggemar ayam aduan? Jika ya, pasti Anda ingin mengetahui cara mengetahui ukuran ayam Bangkok yang tepat, bukan? Ukuran ayam aduan memang penting untuk memenangkan pertarungan di arena sabung ayam. Jadi, simaklah ulasan lengkap di bawah ini!

Apa Saja Ukuran Ayam Bangkok?

Sebelum masuk ke cara mengetahui ukuran ayam Bangkok, kita harus mengetahui dulu apa saja ukuran ayam Bangkok yang ada. Berikut adalah penjelasannya:

  • Baby: Umur kurang dari 1 tahun dan berat kurang dari 1 kg.
  • Petarung kelas 1: Umur 1-1,5 tahun dan berat 1-1,5 kg.
  • Petarung kelas 2: Umur 1,5-2 tahun dan berat 1,5-2 kg.
  • Petarung kelas 3: Umur 2-2,5 tahun dan berat 2-2,5 kg.
  • Petarung kelas 4: Umur 2,5-3 tahun dan berat 2,5-3 kg.
  • Petarung kelas 5: Umur lebih dari 3 tahun dan berat lebih dari 3 kg.

Cara Mengetahui Ukuran Ayam Bangkok dari Usia dan Beratnya

Cara pertama untuk mengetahui ukuran ayam Bangkok adalah dengan melihat usia dan beratnya. Jika Anda ingin membeli ayam aduan, tanyakan usia dan berat ayam tersebut kepada penjualnya. Kemudian, cocokkan dengan ukuran ayam aduan yang telah dijelaskan di atas.

Baca juga  Cara Memandikan Ayam Agar Tahan Pukul

Contohnya, jika ayam yang akan Anda beli berusia 1,5 tahun dan beratnya sekitar 1,3 kg, maka ayam tersebut termasuk ke dalam petarung kelas 2.

Cara Mengetahui Ukuran Ayam Bangkok dari Bentuk Tulang Dada dan Sayapnya

Cara kedua untuk mengetahui ukuran ayam Bangkok adalah dengan memperhatikan bentuk tulang dada dan sayapnya. Ayam petarung kelas 1 memiliki tulang dada yang tipis dan sayap yang kecil. Sedangkan ayam petarung kelas 5 memiliki tulang dada yang besar dan tebal serta sayap yang panjang.

Cara Mengetahui Ukuran Ayam Bangkok dari Bentuk Kepala dan Leher

Cara ketiga untuk mengetahui ukuran ayam Bangkok adalah dengan memperhatikan bentuk kepala dan lehernya. Ayam petarung kelas 1 dan 2 memiliki kepala yang kecil dan leher yang pendek. Sedangkan ayam petarung kelas 3, 4, dan 5 memiliki kepala yang besar dan leher yang panjang.

Cara Mengetahui Ukuran Ayam Bangkok dari Bentuk Tubuhnya

Cara keempat untuk mengetahui ukuran ayam Bangkok adalah dengan memperhatikan bentuk tubuhnya. Ayam petarung kelas 1 dan 2 memiliki tubuh yang kecil dan ramping. Sedangkan ayam petarung kelas 3, 4, dan 5 memiliki tubuh yang besar dan berisi.

Cara Mengetahui Ukuran Ayam Bangkok dari Kondisi Fisik Keseluruhannya

Cara kelima untuk mengetahui ukuran ayam Bangkok adalah dengan melihat kondisi fisik ayam keseluruhannya. Ayam petarung dengan ukuran yang besar akan terlihat lebih kuat dan berisi dibandingkan dengan ayam petarung ukuran yang lebih kecil. Selain itu, ayam petarung yang berukuran besar juga memiliki kekuatan serangan yang lebih besar.

Cara Mengetahui Ukuran Ayam Bangkok dengan Menggunakan Jangkauan Sayapnya

Cara keenam untuk mengetahui ukuran ayam Bangkok adalah dengan menggunakan jangkauan sayapnya. Ayam petarung kelas 1 memiliki jangkauan sayap yang pendek, sedangkan ayam petarung kelas 5 memiliki jangkauan sayap yang panjang.

Baca juga  Ayam Gepuk Pak Gembus Malang

Cara Merawat Ayam Bangkok Agar Bertambah Besar

Selain mengetahui cara mengetahui ukuran ayam Bangkok yang tepat, Anda juga perlu merawat ayam aduan Anda dengan baik agar ukurannya bertambah besar. Berikut beberapa tips untuk merawat ayam Bangkok agar bertambah besar:

  • Memberikan pakan yang seimbang, terutama pakan yang mengandung protein tinggi, seperti kacang kedelai, jagung, dan dedak.
  • Memberikan suplemen vitamin dan mineral yang tepat dan diimbangi dengan olahraga yang teratur, seperti jalan-jalan di pagi hari dan terbang-terbangan di sore atau sore hari.
  • Terus memberikan air yang cukup dan bersih setiap hari, serta menjaga kandang tetap bersih dan terawat.
  • Melakukan tahapan menghapus gigi ayam pada saat yang tepat sesuai umur ayam.
  • Memberikan suplemen vitamin dan mineral yang tepat dan diimbangi dengan olahraga yang teratur, seperti jalan-jalan di pagi hari dan terbang-terbangan di sore atau sore hari.
  • Memberikan waktu istirahat yang cukup dan memfasilitasi kebutuhan reproduksi ayam secara baik dan benar.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mengetahui ukuran ayam Bangkok yang tepat. Selain mengetahui ukuran, Anda juga perlu merawat ayam aduan Anda dengan baik agar ukurannya bertambah besar dan kuat ketika bertarung di arena sabung ayam. Semoga bermanfaat!

Baca postingan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *