Cara Mengeringkan Jagung

Posted on

Tahukah kamu bahwa jagung merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan seringkali dijadikan bahan dasar dalam berbagai jenis masakan seperti bakwan, sup, dan tumis? Namun, terkadang kita membeli jagung dalam jumlah yang banyak sehingga perlu mengeringkan jagung terlebih dahulu agar lebih awet dalam penyimpanan.

Cara mengeringkan jagung

Berikut adalah 7 cara mengeringkan jagung yang dapat kamu praktekkan di rumah:

1. Mengeringkan jagung dengan sinar matahari

Mengeringkan jagung dengan sinar matahari

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengeringkan jagung dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Caranya sangat mudah, cukup tempatkan jagung yang telah dicuci dan dipotong kecil-kecil di tempat yang terkena sinar matahari langsung, biarkan selama beberapa hari dan jangan lupa bolak-balikkan agar mengering merata.

2. Mengeringkan jagung dengan oven

Mengeringkan jagung dengan oven

Cara kedua adalah dengan menggunakan oven. Pertama-tama, panaskan oven hingga suhu 100 derajat Celsius. Kemudian, atur jagung yang telah dicuci dan dipotong kecil-kecil pada loyang yang telah diolesi dengan minyak zaitun. Panggang jagung selama 2-3 jam hingga benar-benar kering. Pastikan untuk membalikkan jagung agar mengering merata.

3. Mengeringkan jagung dengan pengering makanan

Mengeringkan jagung dengan pengering makanan

Jika kamu sering memasak dan membutuhkan jagung kering dalam jumlah yang banyak, penggunaan pengering makanan atau dehydrator bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempatkan jagung yang telah dicuci dan dipotong kecil-kecil di dalam pengering makanan dan atur suhu pada 60 derajat Celsius. Biarkan jagung mengering selama 6-8 jam atau hingga benar-benar kering.

Baca juga  Katul Jagung

4. Mengeringkan jagung dengan kulkas

Mengeringkan jagung dengan kulkas

Cara keempat adalah dengan menggunakan kulkas. Pertama-tama, rebus jagung selama beberapa menit hingga matang. Kemudian, tiriskan jagung dan biarkan dingin. Setelah itu, letakkan jagung dalam wadah atau kantong plastik yang rapat dan letakkan di dalam kulkas. Biarkan selama beberapa hari hingga jagung benar-benar kering.

5. Mengeringkan jagung dengan microwave

Mengeringkan jagung dengan microwave

Cara kelima adalah dengan menggunakan microwave. Pertama-tama, letakkan jagung yang telah dicuci dan dipotong kecil-kecil di dalam wadah tahan panas yang telah diolesi dengan minyak zaitun. Atur microwave pada suhu rendah dan panggang jagung selama 2-3 menit hingga kering.

6. Mengeringkan jagung dengan fryer

Mengeringkan jagung dengan fryer

Cara keenam adalah dengan menggunakan fryer. Letakkan jagung yang telah dicuci dan dipotong kecil-kecil ke dalam wadah fryer dan panaskan fryer. Setelah itu, goreng jagung selama beberapa menit hingga kering.

7. Mengeringkan jagung dengan panci

Mengeringkan jagung dengan panci

Cara terakhir adalah dengan menggunakan panci. Pertama-tama rebus jagung selama beberapa menit hingga matang. Setelah itu, tiriskan jagung dan biarkan dingin. Kemudian, panaskan panci dan masukkan jagung ke dalam panci hingga benar-benar kering.

Demikianlah 7 cara mengeringkan jagung yang dapat kamu praktekkan di rumah. Selamat mencoba!

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *