Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan Berjamur

Posted on

Waduh, tembok rumahku lembab dan berjamur nih. Padahal udah sering di sapu dan di bersihin, tapi tetep aja enggak ilang. Kalo terus-terusan begini, bisa nih sampe rusak dan bikin rumah jadi kurang nyaman buat di tempatin. Tapi tenang aja, aku udah cari-cari cara dan nemu nih beberapa tips yang bisa membantu mengatasi tembok lembab dan berjamur.

Bersihin Dulu

Tembok Lembab dan Berjamur

Langkah pertama pastinya harus membersihkan tembok yang lembab dan berjamur. Enggak cukup cuma dengan sapu, tapi harus pakai sabun pencuci dan air bersih. Sapukan dan gosok hingga bersih dan terlihat cerah.

Tersedia Sirkulasi Udara yang Cukup

Tembok Lembab dan Berjamur

Sebisa mungkin menjaga sirkulasi udara yang cukup. Buat jendela di ruangan yang lembab atau cukup buka pintu agar udara bisa masuk dan keluar dengan mudah. Enggak ada salahnya juga kalo dipasang kipas angin untuk membantu sirkulasi udara di ruangan.

Jangan Biarkan Kelembaban Tinggi

Tembok Lembab dan Berjamur

Kelembaban tinggi bisa menjadi penyebab timbulnya jamur di tembok. Usahakan untuk menjaga kelembaban ruangan di bawah 60 persen. Jika perlu, bisa menggunakan alat penyerap kelembaban udara di ruangan.

Pakai Bahan Anti Jamur

Tembok Lembab dan Berjamur

Agar tembok enggak lembab dan enggak mudah berjamur, kita bisa menggunakan bahan anti jamur pada tembok udara. Ada banyak produk bahan anti-jamur yang bisa dijadikan pilihan, seperti “Anti Jamur” dari Catylac atau “Fungicida” dari Jotun.

Gunakan Cat Anti-Jamur

Tembok Lembab dan Berjamur

Agar tembok lebih tahan lama dan enggak mudah rusak, kita bisa melapisi tembok dengan cat tahan air dan anti-jamur. Ada banyak produk cat dengan kualitas terbaik yang bisa dijadikan pilihan, seperti cat tahan air dan anti-jamur dari Dulux Weathershield.

Baca juga  Nama Ilmiah Jamur Enoki

Jadi, itulah beberapa tips yang bisa aku bagikan untuk mengatasi tembok lembab dan berjamur. Ingat, jangan sampai lengah dalam membersihkan dan menjaga kelembaban ruangan agar tembok enggak menjadi lembab dan mudah berjamur kembali. Semoga tips ini bisa membantu kamu juga dalam mengatasi masalah yang sama, ya!

Baca artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *